iklan bagian Header

10 Efek Samping Buah Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

10 efek samping jeruk lemon bagi kesehatan tubuh terutama bagian lambung karena rasa asam nya yang kuat, apa saja efek samping jika terlalu banyak mengkonsumsi air lemon bagi lambung dan rahim ibu hamil? simak penjelsannya dibawah ini.

10 Efek Samping Buah Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

Buah lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki warna kuning cerah atau pun hijau cerah dan memiliki rasa asam serta bentuknya yang unik tidak terlalu bulat. Untuk masalah manfaat dan khasiat tidak perlu diragukan lagi. Buah ini sudah memiliki se gudang manfaat dan khasiat bagi tubuh.

Tapi tahukah anda bahwa buah lemon juga memiliki efek samping bagi kesehatan yang jarang di ketahui oleh orang. Efek samping bisa timbul akibat penggunaan buah atau sari lemon yang berlebihan atau tidak sesuai dengan batas normal pemakaian.

Pada dasarnya buah-buahan tidak memiliki efek samping, karena buah-buahan adalah nutrisi dan vitamin bagi tubuh serta sehat. Namun buah-buahan akan menjadi penyakit jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau diluar batas normal konsumsi perhari. Begitu pula dengan buah lemon ini karena bukanhanya daging dan airnya yang bermanfaat, kulit lemon pun mengandung manfaat bagi tubuh.
Kita coba telisik kembali manfaat buah ini.

Pada kulitnya mampu membantu ,mencegah munculnya keriput dan menambah kesegaran ketika digunakan untuk mencuci wajah atau menjadikannya bahan masker. Air perasan lemon dapat menjadi salah satu pengobat alami untuk mengatasi jerawat. Air perasan lemon juga bermanfaat untuk rambut karena dapat membuat rambut berkilau.

Baca Juga : 30 Manfaat Buah Lemon Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Namun seperti yang sudah kita singgung di awal bahwa penggunaan yang tidak normal dapat menimbulkan efek samping. Lantas apa saja efek yang ditimbulkan jika mengkonsumsi buah lemon atau ekstrak lemon secara berlebihan? Berikut kita bahas satu per satu efek samping buah lemon yang harus di waspadai.


10 efek samping buah lemon ketika digunakan berlebihan

1. Sakit Perut
Suka minum air lemon? Sebaiknya anda membatasi meminum air lemon untuk menghindari efek samping buah ini. Terlalu banyak minum air lemon bisa mengakibatkan perut menjadi mules dan membuat kondisi bisa menjadi semakin buruk jika terlalu sering mengalaminya. Mules nya perut bisa jadi gejala awal timbulnya penyakit GERD. Asam lambung yang meningkat adalah penyebab perut mules karena terjadi iritasi pada saluran pencernaan. Jadi batasi-lah mengkonsumsi air lemon. Cukup konsumsi 1 sampai 2 gelas infused water per hari supaya perut anda tidak mules. Minumlah secukupnya untuk mendapatkan manfaat dari air lemon.

2. Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD)
Acid reflux sebutan lain dari GERD, GERD terjadi saat sfingter esofagus, antara kerongkongan dan perut tidak berfungsi dengan baik, dan asam lambung dari perut bergerak naik kembali ke kerongkongan, sebuah proses yang dikenal sebagai refluks. GERD  ini dapat menyebabkan sakit maag, regurgitasi, mual, muntah, sakit tenggorokan, luka bakar dan nyeri dada yang parah. Berhentilah minum dan makan asam supaya kamu terhindar dari penyakit GERD. Seperti yang anda tahu bahwa lemon memiliki rasa asam. So berhentilah minum lemon terlalu banyak.

3. Tukak Lambung
Tukak lambung merupakan luka pada bagian lambung. Terlalu sering mengkonsumsi buah lemon bisa menyebabkan luka pada lambung. Sebab kadar asam lambung bisa meningkat sehingga terjadi penipisan selaput pelindung lambung yang berpotensi memicu munculnya tukak lambung. Hal ini bisa terjadi jika anda sering mengkonsumsi buah lemon secara berlebihan.

4. Batu Empedu / Batu Ginjal
Sering diolah menjadi es air lemon, kulit lemon juga sering diolah sebagai bahan pelengkap masakan.  Perlu anda ketahui bahwa kulit lemon mengandung sejumlah besar kalsium oksalat. Terlalu banyak mengkonsumsi  kalsium oksalat akan membuat zat ini berubah menjadi Kristal di dalam tubuh anda dan mengganggu penyerapan kalsium. Tidak terserap-nya kalsium dengan baik akan membuat kalisum menjadi membeku di dalam ginjal dan kantong empedu dalam bentuk batu. Hal ini akan berpotensi pada pembentukan batu empedu atau disebut dengan batu ginjal. Per-banyaklah minum air putih supaya anda terhindar dari batu ginjal.

5. Peningkatan Penyerapan Zat Besi
Sudah bukan rahasia lagi kalau jenis buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C berfungsi membantu menyerap zat besi dari makanan pada saluran pencernaan. Mengonsumsi lemon terlalu banyak dapat mendorong sistem pencernaan unuk menyerap zat besi secara berlebihan. Hal ini menimbulkan jumlah zat besi dalam tubuh meningkat dari pada jumlah normalnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Tingginya jumlah zat besi pada tubuh dapat menyebabkan gangguan seperti hemochromatosis atau kelebihan zat besi. Zat besi yang berlebih tersebut disimpan di dalam organ-organ tertentu terutama pada organ vital seperti jantung, pankreas dan hati.  Kelebihan zat besi bisa meracuni organ-organ vital dan dapat mengakibatkan penyakit mematikan seperti kanker, jantungan dan sirosis

Baca Juga : Manfaat Lemon Tea Bagi Kesehatan Tubuh
.
6. Sering Buang Air Kecil
Buah lemon memiliki sifat diuretic yang dapat meningkatkan produksi urine di ginjal sehingga membantu tubuh menghilangkan kelebihan cairan dan sodium lebih cepat. Hal ini bisa menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh. Jika anda mulai merasakan hal ini, kurangilah untuk mengkonsumsi minuman yang ditambahkan lemon. Jika setelah anda mengurangi konsumsi lemon dan masih sering buah air bukan berarti ada pengaruhnya terhadap lemon. Jika sering terjadi cobalah periksakan dan konsultasikan kepada dokter.

7. Migrain dan Sakit Kepala
Hasil studi telah membuktikan bahwa buah lemon bisa menjadi salah satu penyebab paling umum di balik serangan migraine atau sakit kepala. Lemon mengandung sejumlah besar asam amino yang disebut dengan tyramine. Efek dari zat ini adalah meningkatkan aliran darah ke otak secara tiba-tiba sehingga menyebabkan gejala seperti migrain akut atau sakit kepala tipe-tension kronis.

8. Kerusakan Enamel Gigi
Mengkonsumsi buah lemon mentah atau minum air perasan lemon secara langsung bisa berbahaya bagi kesehatan gigi dan rongga mulut anda. Dua buah senyawa asam nitat dan asam askorbat dalam buah lemon dapat menyebabkan kerusakan parah pada enamel gigi. Bila hal ini terjadi bisa mengakibatkan masalah seperti kerusakan gigi, perubahan warna gigi, rusaknya lapisan luar gigi dan gigi berlubang. Supaya gigi dan rongga mulut anda terlindungi cobalah minum minuman asam menggunakan sedotan sehingga air asam tidak mengenai gigi secara langsung. Jika sudah terlanjur mengalami erosi pada gigi segeralah konsultasikan dengan dokter gigi agar segera mendapatkan perawatan.

9. Kulit Tersengat Matahari
Ekstrak buah lemon banyak di jadikan bahan kosmetik untuk kecantikan. Tapi anda harus mengurangi penggunaan nya pada kulit, karena bisa mengakibatkan sengatan sinar matahari yang serius pada kulit. Kebanyakan hal ini terjadi pada mereka yang memiliki kulit lebih terang. Peristiwa ini disebut phytophotodermatitis (lime disease / margarita photodermatitis) yang membuat  sensitif terhadap cahaya dan sengatan matahari, efek ini bisa terjadi hanya dalam waktu 2-3 menit terpapar sinar matahari setelah mengoleskan ekstrak lemon pada kulit. Kondisi ini seringkali ditandai dengan Bintik-bintik gelap dan lecet. Senyawa kimia organik furocoumarin pada buah lemon mengalami reaksi kimia terhadap radiasi UVA. Jadi, hindarilah mengoleskan ekstrak lemon pada kulit anda jika anda memiliki kulit sensitif karena bisa membuat kulit menjadi lebih kering atau terkelupas.

10. Rambut Kasar dan Rapuh
Kita sering mencoba hal yang berbau herbal dengan buatan tangan sendiri, hal ini tidaklah salah dan bagus-bagus saja. Contohnya membuat ekstrak lemon untuk mencuci rambut. Hal ini sangat bagus sekali. Tapi jangan terlalu sering menggunakan ekstrak lemon untuk mencuci rambut karena akan berbahaya juga untuk kesehatan rambut. Keseringan menggunakan ekstrak lemon untuk mencuci rambut bisa mengakibatkan iritasi pada kulit kepala dan membuat helai-an rambut menjadi rapuh karena sifat asam yang kuat pada lemon. Jika anda tidak ingin rambut anda kasar dan rapuh maka kurangi-lah mencuci rambut dengan ekstrak lemon. Cucilah 2 atau 3 kali seminggu atau bila sudah merasa berminyak saja.

Baca Juga : Manfaat Lemon Water Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Efek samping diatas sebagian besar timbul akibat terlalu banyak memakan, meminum atau menggunakan buah lemon atau yang bisa disebut overdosis. Cukup konsumsi buah lemon sesuai dengan porsinya. Bila ana mengkonsumsi dengan dosis yang tepat dan teratur malah akan mendapatkan khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh.  Dengan hal itu anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari pada penyakit.

Pada dasarnya buah lemon memiliki manfaat bagi kesehatan jika anda konsumsi dengan benar dan dosis yang tepat.Dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan para ahli atau dokter sebelum mengkonsumsi buah lemon jika anda punya riwayat penyakit tertentu. Demikianlah artikel tentang efek samping dari buah lemon. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita bersama.

0 Response to "10 Efek Samping Buah Lemon Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel