iklan bagian Header

20 Manfaat Rutin Konsumsi Pisang Raja Bagi Kesehatan

Pisang Raja merupakan salah satu jenis pisang dari berbagai jenis pisang yang ada. Pisang raja mempunyai bentuk dan ukuran yang tidak terlalu besar dan agak melengkung dengan pangkal buah sedikit membulat dan berisi. Satu pohon pisang raja bisa menghasilkan hingga 90 buah pisang. Pisang raja biasa diolah menjadi keripik pisang, tepung, cuka dan juga bir. Daun pisang bisa dimanfaatkan untuk pembungkus makanan dan menggosok lantai.


Seperti jenis pisang lainnya, pisang raja juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan baik bagi kesehatan tubuh. Adapun nutrisi di dalam pisang raja seperti serat, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, niacin, mangan, magnesium, riboflavin, filat serta besi. Dengan kandungan nutrisi dan mineral yang banyak ini tentu memiliki manfaat dan khasiat untuk melawan dan menangkal berbagai macam penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat pisang raja bagi kesehatan tubuh: Baca Juga : Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Seluruh Tubuh

20 Manfaat Rutin Konsumsi Pisang Raja Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Imun Tubuh
Kandungan vitamin C, Vitamin A dan Vitamin B6 yang ada pada pisang raja sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat melindungi tubuh dari virus dan bakteri  yang merupakan sumber serangan berbagai macam penyakit. Cukup dengan mengkonsumsi 1 buah pisang raja setiap harinya.

2. Meningkatkan energi Tubuh
Satu buah pisang raja mengandung sekitar 32 gram karbohidrat yang bermanfaat sebagai asupan sumber energi dalam tubuh untuk memulai aktivitas sehari-hari. Mengkonsumsi satu buah pisang raja setiap hari dapat menggantikan minuman manis lainnya untuk mencukupi kebutuhan energi setiap harinya.

3. Menguatkan Tulang
Buah pisang raja memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menguatkan tulang. Nama dari zat tersebut adalah zat prebiotic atau bisa disebut dengan fructooligosaccharide. Zat ini sangat baik dalam proses penyerapan nutrisi. Rutin mengkonsumsi 1 buah pisang raja setiap hari dapat membantu proses penyerapan kalsium sehingga tulang menjadi lebih kuat. Kandungan potassium pada pisang raja juga dapat mencegah kalsium yang sudah terserap oleh tubuh hilang kembali.

4. Mengurangi Gangguan Penglihatan
Manfaat vitamin A sudah diketahui oleh semua orang baik untuk kesehatan mata. Pisang raja memiliki kandungan vitamin A yang dapat mengurangi gangguan penglihatan. Cukup dengan 1 buah pisang raja per hari dapat menjaga kesehatan mata. Untuk orang yang sudah lanjut usia bisa mengkonsumsi 3 buah pisang per-harinya.

5. Menurunkan Hipertensi
Penyakit Hipertensi atau yang dikenal dengan tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kadar garam yang cukup tinggi, kegemukan atau obesitas, makanan atau hal lainnya. Kandungan kalium dan sodium pada buah pisang raja baik untuk menurunkan berat badan serta mencegah penyakit darah tinggi ataupun stroke. Dengan mengkonsumsi 1 buah pisang per hari sebelum makan dan lakukan secara teratur.

6. Mengurangi Resiko Batu Ginjal
Buah pisang raja memiliki senyawa fenolik antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi fungsi ginjal. Kadar potassium yang ter-cukupi akan membuang kalsium yang tertinggal di dalam urine bisa lebih dikontrol. Kalsium yang tertinggal dan mengendap di urine bisa berubah menjadi batu ginjal. Dengan buah pisang raja ini bisa mengurangi resiko terkena batu ginjal.

7. Menyembuhkan Maag
Pergerakan usus bisa lebih teratur dan terkontrol jika rutin mengkonsumsi buah pisang raja. Hal ini dapat melindungi dari sembelit atau susah buang air besar ataupun maag. Karena pada buah pisang raja terdapat zat anti asid. Anda juga bisa terhindar dari resiko terkena kanker lambung.

8. Makanan Bayi
Mungkin anda pernah merasakan ketika masih kecil di kasih asupan buah pisang yang diserut dengan sendok. Ternyata kebiasaan ini dianjurkan dan disarankan oleh para dokter sebagai asupan gizi untuk bayi. Karena buah pisang memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh anak bayi serta pisang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Nutrisi pada buah pisang akan terserap oleh tubuh si bayi secara optimal. Caranya bisa dengan di serut pakai sendok dan dikasih air putih atau di haluskan terlebih dahulu.

Baca Juga : Jenis dan Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh

9. Masker Kesehatan Kulit
Bukan hanya untuk dikonsumsi, buah pisang raja juga bisa dijadikan masker yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit dan mengencangkan kulit. Caranya cukup mudah dengan menghaluskan buah pisang lalu di gosokkan secara merata pisang raja pada seluruh permukaan kulit termasuk wajah dan leher, Dengan begini kandungan kalium yang ada didalamnya bisa terserap kulit dengan sempurna.

10. Menyembuhkan Kutil
Bukan hanya buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata kulit pisang raja bermanfaat untuk mengobati kutil. Caranya dengan menggosok kan bagian kulit pisang pada kulit yang terkena kutil dengan begitu kulit menjadi lembab dan tekstur kulit terlihat lebih baik.

11. Memperbaiki Mood
Buah pisang raja dapat membuat anda semakin rileks, tenang dan suasana hati menjadi stabil. Hal ini karena adanya kandungan asam amino yang sangat baik untuk memproduksi zat serotin yang berperan sebagai neurotransmitter yang membuat kamu makin rileks sehingga mood kembali membaik.

12. Mengatasi Anemia
Kekurangan sel darah merah atau anemia membuat seseorang terkena 5L. untuk meningkatkan jumlah sel darah merah kamu bisa memakan buah pisang, karena ada zat besi yang dapat meningkatkan jumlah produksi sel darah merah lebih banyak lagi.

13. Menyembuhkan Asma
Ketika asma anda kambuh, cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang. Karena buah pisang diyakini dapat menyembuhkan penyakit asma.

14. Menyembuhkan Jerawat
Jerawat memang sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Tapi kamu tak usah khawatir lagi dengan jerawat ini. Anda bisa mengatasinya dengan menggosok kan daging pisang raja pada bagian kulit yang berjerawat secara rutin sampai jerawat mengempis dan hilang. Sekarang jerawat anda bisa sembuh tanpa produk mahal.

15. Mengatasi Disfungsi Ereksi
Kandungan antioksidan dalam pisang raja bermanfaat untuk mengatasi disfungsi ereksi pada pria dengan memperlancar aliran darah menuju alat kelamin pria. Dengan begitu masalah disfungsi ereksi pada pria bisa ter atasi.

16. Menyuburkan Rambut
Pridoxine atau yang lebih dikenal dengan nama vitamin B6 dalam pisang raja sangat baik bagi kesehatan rambut anda. Rutin mengkonsumsi buah pisang raja dapat membuat rambut tumbuh lebih subur tidak bercabang dan juga mengurangi kerontokan rambut berlebihan.

Untuk mendapatkan manfaat diatas anda bisa mengkonsumsi buah pisang secara rutin dengan 1 buah perhari dan jangan berlebihan. Anda bisa langsung makan atau diolah terlebih dahulu tergantung selera anda.

Manfaat Buah Pisang Raja Bagi Hewan

Selain bermanfaat untuk kesehatan manusia, ternyata buah pisang juga bermanfaat untuk hewan-hewan dibawah ini.

17. Membuat Denyut Jantung Pleci Menjadi Stabil
Pisang raja juga bermanfaat untuk menstabilkan denyut jantung burung pleci disaat lomba dan stress. Hal ini karena kandungan kalium yang terdapat pada pisang raja dapat membuat detak jantung burung pleci menjadi lebih teratur.

18. Meningkatkan Konsentrasi Burung
Untuk aktivitas ajang lomba burung mesti memerlukan energi yang banyak agar bisa menang lomba. Pisang raja memiliki kandungan energi yang besar untuk menyuplai energi. Jadi pisang raja sangat baik bagi burung yang akan ikut bertanding.

19. Sumber Kalori Ayam Aduan
Seperti sebelumnya bahwa buah pisang kaya akan karbohidrat sebagai sumber energi. Memberi makan ayam buah pisang bisa memberikan tenaga pada ayam aduan sehingga tenaga bisa pulih dengan lebih cepat.

20. Mengatur Tekanan Darah Ayam Aduan
Kandungan potassium pada buah pisang raja juga bermanfaat bagi ayam aduan untuk mengatur tekanan darah ayam aduan. Selain itu buah pisang raja juga dapat membuat mata lebih fokus serta memperlancar aliran oksigen ke otak ayam.

Itu dia beberapa manfaat dari buah pisang raja bagi kesehatan tubuh bukan hanya manusia tapi hewan. Konsumsi pisang raja secara rutin tanpa berlebihan akan memberikan energi pada tubuh untuk beraktivitas seharian penuh. Jangan juga mengkonsumsi buah pisang secara berlebihan karena akan berdampak juga ada tubuh anda. Secukupnya lebih baik.

Jangan lupa juga konsultasi dan bertanya kepada ahli atau dokter jika anda mempunyai masalah dengan kesehatan atau alergi dengan pisang atau sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kesehatan kita semua. Keep healthy!

0 Response to "20 Manfaat Rutin Konsumsi Pisang Raja Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel