iklan bagian Header

26 Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan

Anggur merupakan buah perdu merambat yang sudah terkenal sejak zaman prasejarah dulu.Buah ini sudah di budidayakan sejak tahun 4000SM (Sebelum Masehi) di daerah Timur Tengah dan Pengolahan Anggur menjadi minuman baru ditemukan pada tahun 2500SM. Buah Anggur sudah banyak dibuat berbagai macam olahan seperti jus anggur, jelly, minuman anggur, kismis dan wine.

26 Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan Plus Efek Samping

Anggur biasanya tumbuh di daerah  dataran rendah dan membutuhkan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi dan tanaman ini tidak membutuhkan asupan air yang terlalu berlebihan.Kamu pasti sudah tau kalau Buah Anggur memiliki banyak jenis dan variant, ada anggur merah, anggur hijau, anggur hitam. Tapi kamu sudah tahukah kalau beda jenis dan variant beda pula manfaat dan khasiat buah anggur tersebut.

Salah satu jenis yang kita bahas kali ini adalah buah anggur merah. Buah Anggur Merah adalah salah satu jenis buah Anggur yang paling banyak digemari dan dijual dipasaran. Sebenarnya Buah Anggur Merah tidak jauh berbeda dengan Anggur Hijau, hanya saja anggur merah memiliki warna yang lebih cantik dan biasa dijadikan makanan penutup.

Kandungan Nutrisi Buah Anggur Merah

Seperti buah-buahan lain, Buah Anggur juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang sangta tinggi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Nutrisi yang terdapat dalam Buah Anggur Merah seperti vitamin A, C, B, B6, magnesium, kalsium, zat besi, kalium, natrium, karbohidrat, serat, gula dan nutrisi lainnya. Untuk Informasi Lebih lengkap nutrisi yang terdapat dalam 100g Anggur Merah dapat dilihat dalam tabel berikut.

Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
Kandungan Nilai Gizi
Energi 288 kJ (69 kcal)
Karbohidrat 18.1 g
Gula 15.48 g
Serat Pangan 0.9 g
Lemak 0.16 g
Protein 0.72 g
Tiamina (Vit. B1) 0.069 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.07 mg (5%)
Niasin (Vit. B3) 0.188 mg (1%)
Asam Pantotenat (B5) 0.05 mg (1%)
Vitamin B6 0.086 mg (7%)
Folat (Vit. B9) 2 ?g (1%)
Vitamin B12 0 ?g (0%)
Vitamin C 10.8 mg (18%)
Vitamin K 22 ?g (21%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0.36 mg (3%)
Magnesium 7 mg (2%)
Mangan 0.071 mg (4%)
Fosfor 20 mg (3%)
Kalium 191 mg (4%)
Natrium 3.02 mg (0%)
Zink 0.07 mg (1%)
Carotine
Crypto-xanthin
*Sumber Data : Data Nutrisi USDA

Manfaat dan Khasiat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan

Dengan Nutrisi sebanyak itu tentu memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Lalu apa saja khasiat dan manfaat dari Buah Anggur Merah ini, berikut manfaat Buah Anggur Merah bagi kesehatan.

1. Mengatasi insomnia
Insomnia bisa menggangu waktu tidur kita dan waktu beraktivitas karena kurangnya istirahat dimalam hari. Buah Anggur di percaya dapat mengatasi insomnia. Karena dalam anggur merah terdapat kandungan melatonin yang dipercaya dapat mengatur sel saraf yang mengatur waktu tidur didalam otak kembali bekerja normal. Bila anda merasakan gejala insomnia atau susah tidur meski sudah melakukan berbagai cara, cobalah untuk mengkonsumsi buah anggur merah.

2. Mengatasi Anemia
Masih dalam organ otak, buah anggur bisa mengatasi Gangguan Anemia atau kurang darah. Untuk mengatasi Anemia secara sehat dan alami juga dapat diatasi dengan rajin mengonsumsi buah anggur merah. Hal ini karena kandungan zat besi dan flavonoid yang terdapat dalam buah ini. Dengan zat yang memberikan efek antihistamin tersebut, bahkan orang yang memiliki masalah alergi juga bisa mengambil manfaat dari buah ini.

3. Meningkatkan Kemampuan Otak
Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian tentang buah anggur merah. Ada sebuah zat resveratrol dalam anggur merah yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak hingga 200% jika rajin di konsumsi. Zat resveratrol ini juga berfungsi bagi metabolism dan organ serta dipercaya dapat mempercepat respon mental dan kemampuan berpikir.

4. Meningkatkan Kemampuan Indera Mata
Selama ini kita tahu kalau buah wortel yang berkhasiat untuk indra mata. Tapi tahukah kamu kalau buah anggur merah  juga bisa meningkatkan kemampuan mata. Dengan adanyan kandungan Betakaroten  dan Fitonutrien dalam buah anggur merah yang dapat meningkatkan kemampuan penglihatan. Jadi, kamu punya alternative lain selain wortel untuk menjaga kesehatan mata kamu.

Baca Juga : Manfaat Buah Apel Hijau Untuk Kesehatan Mata

5. Mencegah Penyakit Jantung
Dengan rasa anggur yang manis dipercaya memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung. Bukan hanya itu, kandungan fenol  pada buah ini juga memiliki sifat antioksidan yang kuat untuk melindungi jantung.Para peneliti dari Amerika Serikat dan Jepang sudah membuktikan bahwa kandungan dari buah ini bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah pada daerah jantung ataupun penyakit kardiovaskuler.

6. Mencegah Kanker
Ternyata Anggur Merah memiliki manfaat bisa mencegah kanker. Kandungan nutrisi yang ada pada buah ini seperti antioksidan, asam elagik, acutimissin, restavarol dan petrostilbene telah dipercaya bisa menghambat sel abnormal yang ada di dalam tubuh yang dipercaya bisa menyebabkan kanker. Seperti yang anda ketahui bahwa kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia ini. Oleh sebab itu mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi anggur merah agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

7. Mengatasi Darah Tinggi ( Hipertensi )
Kabar baik buat anda yang mengalami masalah dengan tekanan darah tinggi. Sekarang kamu bisa menjadikan buah anggur merah untuk menurunkan tekanan darah tinggi tersebut. Melatonin dan Kaliun yang terdapat dalam buah anggur merah dapat menekan dan mengendalikan tekanan darah. Selain itu, serat yang terdapat dalam anggur bisa membersihkan pembuluh darah dari lemak dan juga kolestrol dan menjadikan peredaran darah menjadi lancar.

8. Meningkatkan Energi Tubuh
Kandungan gula alami yang telah ada pada buahnya  ini nantinya akan menjadi cadangan energi untuk tubuh anda. Menjadikan anggur merah sebagai cemilan cocok buat anda yang sering merasa lelah dan juga penat serta bosan dengan pekerjaan anda, anda bisa mengkonsumsi buah anggur merah ini sebanyak 1 ons saja, untuk menambah gairah anda dalam melakukan aktivitas dan mengembalikan mood anda.

9. Mencegah Diabetes
Penyakit diabetes merupakan penyakit yang membuat penderitanya tidak bisa mengkonsumi  yang manis-manis. Namun, anda tetap bisa memakan-makanan manis dengan buah ini karena kadar gula dalam anggur sangatlah aman buat penderita diabetes.Rasa manis pada anggur dipastikan aman dan tidak berbahaya bagi tubuh karena gulanya yang alami serta kandungan mangan yang ada di buah ini bisa menjaga kestabilan gula darah.

10. Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis atau yang biasa dikenal  dengan pengeroposan tulang ternyata dapat dicegah dengan memakan buah anggur merah. Kandungan boron dalam anggur bermanfaat untuk menguatkan tulang.

11. Memutihkan Gigi
Memiliki Gigi yang putih adalah idaman setiap orang karena akan tampak lebih cantik dan lebih PERCAYA DIRI. Sekarang anda bisa mendapatkan gigi yang putih dengan cara yang alami dengan mengkonsumsi buah anggur merah. Asam folat yang ada pada buah ini sangatlah baik sekali untuk memutihkan gigi dan mengatasi perubahan warna yang telah terjadi di dalam gigi anda.

12. Mempercantik Kuku
Anda bisa menjadikan buah anggur sebagai scrub untuk membuat kuku menjadi lebih cantik, bersih dan juga bisa menghilangkan bintil di dalam kuku. Cara pembuatanyapun cukup terbilang mudah. Silahkan menyiapkan 10 buah lalu ditumbuk dengan 2 sendok gula, selanjutnya silahkan anda pijat pada tangan selama 10 menit selanjutnya silahkan anda lihat perbedaan dari kuku anda.

13.  Meningkatkan Gairah Seksual
Anda sering merasa lelah saat berhubungan intim dengan pasangan anda? Hal ini tentu merupakan hal yang paling utama yang bisa di alami. Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengonsumsi buah anggut merah. Sifat Afrodisiak pada buah anggur dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual anda.

14. Menguatkan Gigi
Selain dapat memutihkan gigi, ternyata anggur merah bermanfaat untuk menguatkan gigi. Kalsium dalam anggur membantu memperkuat sekaligus menyehatkan gigi.

15. Memperkuat Tulang
Seperti halnya gigi yang dapat diperkuat dengan adanya kalisum dalam anggur merah, hal ini juga bekerja pada tulang. Karena tulang yang kuat membutuhkan kalsium yang cukup. Untuk emncukupinya anda bisa mengkonsumsi buah anggur. Dengan tulang yang kuat anda bisa lebih leluasa beraktivitas.

16. Sebagai Obat Alami Untuk Asma
Anggur Merah bisa menjadi obat alami buat anda yang punya penyakit asma. Sifat terapis pada anggur dapat melembabkan organ paru-paru sehingga secara tidak langsung dapat menyembuhkan asma sedikit demi sedikit.

17.Membantu Menurunkan Berat Badan
Anda punya masalah denganberat badan? Buah anggur merah juga menjadi buah terbaik yang berguna untuk menurunkan berat badan atau masalah obesitas. Kandungan serat, kalori, vitamin, hingga fitonutrien seperti betakaroten berguna untuk memberi nutrisi tubuh tanpa berlebihan.


Berikut Manfaat Lainnya dari Buah Anggur Merah:

18. Menghilangkan kerutan di wajah
19. Mencerahkan wajah
20. Melembabkan wajah
21. Menghilangkan flek pada wajah
22. Menghilangkan noda hitam di wajah
23. Mencegah migraine
24. Membersihakan darah
25. Menguatkan tulang
26. Menjaga kesehatan jantung

Bahaya Buah Anggur Merah

Mengkonsumsi buah anggur dalam kadar normal mungkin tidak memiliki efek samping, kecuali anda mempunyai alergi terhadap buah ini. Efek samping akan timbul jika anda mengkonsumsi buah anggur terlalu berlebihan, hal ini akan menyebabkan efek samping tertentu. Berikut adalah beberapa efek samping utama yang timbul jika anda memakan anggur secara berlebihan:

1.   Menyebabkan Alergi
Sangat jarang ditemui para penderita alergi anggur, namun jika ditemui hal ini menyebabkan efek samping yang paling serius dari mengkonsumsi anggur. Bahkan pada beberapa orang menyentuh anggur dapat memicu reaksi alergi.

Adapun ciri-ciri anda terkena alergi  yang di alami termasuk gatal-gatal, bintik merah, mengi (kesulitan bernapas), dan bersin. Dalam kasus parah, tak lama setelah makan anggur, orang yang mengalami alergi akan masuk ke anafilaksis shock.

Anggur belum tentu menjadi penyebab utama anda menjadi alergi, hal ini bisa saja dari reaksi pestisisda yang disemprotkan ke anggur atau cetakan yang tumbuh pada anggur. Untuk memastikan anda alergi anggur atau tidak dibutuhkan tes alergi.

2. Meningkatkan Berat Badan
Kalori pada anggur tergolong rendah, sebab dalam secangkir anggur memiliki sekitar 100 kalori. Tapi kita sering tidak sadar bahwa ukuran anggur yang kecil ini membuat kita lupa kalau kita sudah memakan banyak sekali buah anggur.

Otomatis akan ada penambahan kalori duah atau bahkan tiga kali lipat dari 100 kalori. Jika anda mengkonsumsi dengan cara diatas maka siap-siaplah berat badan anda akan naik.

3. Karbohidrat Yang Berlebihan
Karbohidrat pada anggur dapat berubah menjadi energy dalam tubuh.  Rata-rata asupan harian karbohidrat harus berkontribusi 45 hingga 60% dari semua kalori yang Anda konsumsi. Terlalu banyak memakan anggur dapat menyebabkan anda kelebihan unsur kabohidrat dan hal ini tidak baik untuk anda yang sedang dalam masa diet.

4.Menyebabkan gangguan Pencernaan
Jumlah anggur yang baik untuk dikonsumsi hanya sekita 1,5 gram atau 1 cangkir, dengan jumlah segitu dapat membantu organ pencernaan kita. Namun, mengkonsumsi lebih dari itu malah menimbulkan hal sebaliknya, malah dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Karena organ pencernaan tidak dapat mengolah telalu banyak serat dengan baik.

Baca Juga : Manfaat Buah Apel Merah Untuk Mengatasi Diare dan Sembelit

Pada penderita intoleransi Fruktosa dapat menyebabkan diare. Para penderita intoleransi fruktosa dianjurkan untuk menghindari makan buah anggur, sebab dalam beberapa kasus bisa membahayakan fungsi hati dan ginjal.

5. Menyebabkan kembung
Masih dalam hal pencernaan, mengkonsumsi anggur secara berlebihan akan menyebabkan kembung. Hal ini dikarenakan kandungan fruktosa yang dapat merusak saluran penceranaan. Organ pencernaan tidak selamanya dapat mencerna serat dengan baik karena bagian dari anggur tersebut tidak tercerna dan lolos ke usus. kandungan gula yang lolos ke usus tersebut akan di makan oleh bakteri dalam usus besar dan bakteri itu mengeluarkan gas, hal inilah yang menyebabkan gembung.

6. Menyebabkan Muntah
Makan buah anggur secara berlebihan bisa buat kamu muntah, karena anda tidak makan banyak serat secara teratur, Anda dapat merasa mual ketika makan terlalu banyak anggur. Hal ini karena sistem pencernaan sulit untuk mencerna semua serat yang terkandung dari buah anggur. Dan berakhir menciptakan ketidaknyamanan di perut. Hal ini dapat menyebabkan mual dan muntah. Beberapa pengawet anggur juga dapat memicu reaksi seperti itu.

Efek samping lain juga kemungkinan bisa terjadi yang bisa di akibatkan dari biji buah anggur itu sendiri, dan dari efek ekstrak biji anggur ini biasanya seperti :

  • sakit kepala
  • gatal dan kulit kepala kering
  • pusing
  • mual
  • sakit perut
  • sakit tenggorokan
  • batuk

Pada dasarnya anggur memiliki banyak manfaat dan khasiat jika anda mengkonsumsinya sesuai dengan batas normal konsumsi atau kebutuhan tubuh. Namun bila anda mengkonsumsi secara berlebihan justru akan menimbulkan efek samping yang berdampak pada kesehatan tubuh.

Pastikan juga anda membeli buah anggur yang masih segar dan alami bebas dari bahan kimia. Karena sesungguhnya hal yang berasal dari alam itu baik. Apalagi buah-buahan. Jadi, Konsumsi lah sesuai kebutuhan tubuh anda dan Selalu jaga kesehatan. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kita semua.

0 Response to "26 Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel