iklan bagian Header

32 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Seluruh Tubuh

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang dicintai para minion di film animasi despicable me dan buah yang gemari masyarakat karena kemudahan dan kenikmatannya yakni ‘banana’ atau buah pisang. 

Buah pisang yang sering dikonsumsi masyarakat sebagai makanan pencuci mulut atau sarapan di pagi hari. Buah pisang sering kita temukan pada acara nikahan, pesta  ataupun syukuran atau anda sering melihatnya pada parsel buah. Orang tidak ragu untuk membeli pisang untuk dikonsumsi besar-besaran ataupun untuk sekedar makan dirumah.
32 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Seluruh Tubuh

Alasan masyarakat memilih buah pisang bisa dikarenakan kemudahan untuk mendapatkan dan menyantap-nya serta harganya yang lebih murah dibanding buah lainnya.  Kemudahan mendapatkan bisa anda temukan hampir diseluruh pasar atau swalayan, kemudahan menyantap-nya karena anda tinggal kupas kulitnya tanpa repot pakai pisau tinggal santap dan harga yang murah karena ada banyak jenis pisang dengan beragam harga. Baca Juga : Manfaat Pisang Raja Bagi Kesehatan Seluruh Tubuh

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Bukan hanya karena hal itu, masyarakat juga suka makan pisang karena ada banyak sekali manfaat di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam pisang dapat memberikan manfaat  bagi kesehatan tubuh. Karena manfaat dan kandungan nutrisi nya buah pisang sering dijadikan salah satu buah yang masuk kedalam parsel saat berkunjung kerumah sakit. Lantas, apa saja kandungan nutrisi dalam buah ini sehingga bisa menjadi salah satu buah yang masuk kedalam kemasan parsel untuk pasien rumah sakit? Berikut adalah kandungan nutrisi buah pisang dalam 100g menurut Fatsecret.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang
Nutrisi Jumlah
Kilojoule 372 kj
Kalori 89 kkal
Lemak 0,33 g
Lemak Jenuh 0,112 g
Lemak tak Jenuh Ganda 0,073 g
Lemak tak Jenuh Tunggal 0,032 g
Kolesterol 0 mg
Protein 1,09 g
Karbohidrat 22,84 g
Serat 2,6 g
Gula 12,23 g
Sodium 1 mg
Kalium 358 mg
*Sumber Data : Fatsecret Indonesia

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Buah pisang memiliki manfaat jika anda konsumsi setiap hari. Berdasarkan kandungan nutrisi yang sudah kita tampilkan diatas tentu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun karena masih sedikitnya masyarakat yang tahu akan manfaat ini, maka akan kita bahas secara publik supaya anda lebih tahu manfaat mengkonsumsi pisang setiap hari bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat makan buah pisang setiap hari bagi kesehatan tubuh.

1. Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak
Kandungan potassium pada buah pisang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah melancarkan aliran oksigen ke otak. Ada banyak sekali manfaat jika aliran oksigen ke otak menjadi lancar salah satunya membuat anda semakin mudah dalam berkonsentrasi dan mencegah terjadinya penyakit stroke (resiko stroke).

2. Melancarkan Proses Metabolisme Tubuh Manusia
Manfaat pisang yang satu ini mungkin anda semua sudah tahu karena pisang dipercaya bisa melancarkan proses metabolisme tubuh manusia. Metabolisme tubuh yang baik bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi pisang. Pisang dapat membantu proses penyerapan nutrisi makanan sehingga dapat berjalan dengan baik dan sisa makanan dapat di keluarkan dengan baik.

3. Memberikan Asupan Antioksidan yang Tinggi
Bukan hanya jeruk yang memiliki antioksidan yang tinggi, tapi buah pisang juga punya kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menangkal radikal bebas. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas merupakan sumber dari segala macam penyakit. Terhindar dari radikal bebas terhindar dari berbagai penyakit juga.

4. Memberikan Asupan Energi untuk Tubuh Beraktivitas
Kandungan Karbohidrat pada buah pisang yang tinggi bisa menjadi pengganti  sarapan  pagi anda untuk memberikan asupan energi sebelum ber aktivitas seharian penuh. Anda bisa makan 2 buah pisang perhari untuk memberikan cadangan energi untuk memulai aktivitas anda yang padat.

5. Memperbaiki Kondisi Mood Seseorang (Mood Booster)
Biasanya orang memakan coklat untuk menaikkan mood mereka. Tapi kamu bisa mencoba menjadikan buah pisang sebagai mood booster anda. Pisang dapat mengendalikan suasana hati atau mood seseorang. Suasana hati atau mood dapat disebabkan berbagai macam, untuk mengembalikannya cukup dengan makan buah pisang setiap hari supaya mood anda tetap terjaga.

6. Memulihkan Fungsi Saraf
Buah pisang memiliki manfaat dapat menjaga kesehatan dan mengembalikan keefektifan fungsi saraf. Kandungan vitamin B pada buah pisang dipercaya dapat memperbaiki saraf-saraf yang rusak.  Supaya fungsi saraf kamu kembali normal cukup konsumsi buah pisang secara rutin.

7. Mencegah Cacat Bawaan pada Janin
Bagi ibu hamil mengkonsumsi buah pisang sangatlah dianjurkan. Karena pada buah pisang terdapat khasiat dapat mencegah cacat bawaan pada janin. Kandungan pisang sangat baik untuk membentuk pertumbuhan sel-sel janin di dalam kandungan. Hal ini bisa membuat bayi terlahir tanpa ada cacat bawaan.

8. Mencegah Disfungsi Ereksi pada Pria
Manfaat pisang yang satu ini bagus bagi para pria. Karena buah pisang bisa mencegah disfungsi ereksi pada pria. Penyakit ini bisa menyebabkan hubungan seksual tidak berjalan harmonis. Kalau ingin hubungan suami-istri tetap harmonis bisa rutin konsumsi buah pisang.

9. Mencegah Penyakit Diabetes Tipe II
Dengan adanya kandungan Vitamin B-6 pada buah pisang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes Tipe II. Rasa manis pada buah pisang aman untuk anda yang terkena diabetes.

Baca Juga: Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh

10. Mencegah Tekanan darah Tinggi
Tidak normalnya aliran dalam darah bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, ada banyak penyebab tekanan darah menjadi tinggi. Untuk mengobati penyakit ini anda bisa mengkonsumsi  buah pisang. Sebab dalam buah pisang terdapat kandungan kalium yang mampu mengatur tekanan darah menjadi lebih stabil.

11. Menghaluskan Kulit Wajah
Memiliki kulit wajah yang halus  adalah idaman semua orang karena membantu kita makin percaya diri dengan penampilan. Untuk memperoleh kulit wajah yang halus kamu bisa mengkonsumsi buah pisang secara rutin. Karena vitamin dalam buah pisang sangat baik untuk kesehatan kulit.

12. Menghilangkan Jerawat di Wajah
Ada banyak sekali penyebab jerawat mulai dari makanan atau pola hidup yang tidak teratur. Anda bisa menghilangkan jerawat dengan mudah dan sehat serta enak yakni dengan mengkonsumsi buah pisang. Mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menghilangkan jerawat pada wajah anda.

13. Mengobati Gatal Gatal Gigitan Nyamuk
Jika anda mengonsumsi buah pisang jangan dibuang kulitnya. Ternyata kulit pisang dapat mengobati gatal-gatal akibat gigitan nyamuk. Caranya dengan menggosokkan kulit pisang pada bagian kulit yang digigit nyamuk. Dengan cara ini gatal yang disebabkan oleh nyamuk pun akan hilang.

14. Mengobati Kutil dan Penyakit Kulit Lain
Kutil merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit. Kutil dan penyakit lainnya dapat di atasi dengan menggunakan buah pisang. Rajin mengkonsumsi buah pisang dapat mengatasi masalah pada kulit.

15. Mengobati Penyakit Maag
Meningkatnya zat asam pada lambung merupakan penyebab terjadinya penyakit maag. Buah pisang bermanfaat untuk menurunkan zat asam pada lambung sehingga mencegah anda terkena penyakit maag. Konsumsi buah pisang secara rutin bisa mengontrol dan menurunkan zat asam pada lambung.

16. Mengobati Rasa Nyeri saat Haid
Rasa nyeri saat datang bulan sangatlah menyakitkan bagi para wanita yang sedang datang bulan ( haid). Untuk meredakan rasa nyeri saat datang bulan ini anda bisa mengkonsumsi buah pisang. Selama datang bulan anda bisa mengkonsumsi buah pisang agar rasa nyeri tidak terlalu sakit.

17. Mengurangi Mual dan Muntah pada Ibu Hamil
Pada masa awal kehamilan sering kali terjadi mual dan muntah ( morning sickness ). Untuk mengurangi intensitas terjadinya muntah dan mual anda bisa mengkonsumsi buah pisang. Buah pisang baik bagi ibu hamil dan janin yang dikandung.

18. Mengurangi Resiko Serangan Jantung
Vitamin C dan flavonoid yang terdapat dalam buah pisang sangatlah tinggi. Kedua kandungan nutrisi ini sangat baik bagi kesehatan jantung. Mengkonsumsi buah pisang setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Buah ini sangat cocok bagi anda penderita penyakit jantung.

19. Meningkatkan Jumlah Hormon Testosteron
Buah pisang sangat baik untuk mendukung kualitas seksual seseorang. Salah satunya adalah buah pisang dapat meningkatkan jumlah hormone testosterone  pada pria. Bagi anda para pria yang ingin meningkatkan jumlah hormone testosterone di anjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang secara rutin untuk meningkatkan vitalitas anda.

20. Meningkatkan Kadar Glukosa saat Program Diet
Diet adalah aktivitas atau upaya yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan dan mengurangi jumlah asupan makanan. Saat anda mengurangi jumlah makanan, kadar glukosa tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk asupan energi selama ber aktivitas. Anda bisa tetap meningkatkan kadar glukosa tanpa takut gemuk dengan mengkonsumsi buah pisang.

21. Meningkatkan Kecerdasan Otak
Buah pisang merupakan buah yang memiliki kandungan kalium yang sangat baik untuk kecerdasan otak. Buah ini baik buat anak-anak yang akan melaksanakan ujian karena dapat mempermudah anak dalam mempelajari materi .

22. Meningkatkan Kualitas dari Sperma
Semakin kental sperma makan kualitasnya semakin bagus. Sperma yang cair bisanya dapat menyebabkan sulit terjadinya pembuahan. Anda bisa meningkatkan kualitas sperma dengan rutin mengkonsumsi buah pisang. Makin rutin anda mengkonsumsi-nya maka kualitas sperma anda semakin meningkat.

23. Meningkatkan Libido Pria menjadi Tahan Lama
Bukan hanya bermanfaat bagi kualitas sperma, buah pisang juga bermanfaat meningkatkan libido pria menjadi lebih tahan lama. Rutin mengkonsumsi buah pisang anda akan memiliki gairah seksual yang lebih tinggi dan kualitas hubungan seksual dengan pasangan pun dapat terjaga dengan baik.

24. Meningkatkan Pertumbuhan dan Perkembangan Janin
Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya bahwa buah pisang dapat mencegah janin dari cacat bawaan. Selain itu buah pisang juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel sel tubuh bayi, sehingga bayi pun dapat terlahir lengkap dengan seluruh organ nya.

25. Menjadi Obat Anemia
Kekurangan darah bisa menimbulkan 5L. untuk meningkatkan jumlah darah dalam tubuh anda bisa mengkonsumsi buah pisang secara rutin. Buah pisang dipercaya dapat membantu pembentukan sel darah merah. Meningkatnya jumlah sel darah merah membuat anda kembali sehat dan terhindar dari 5L.

Adapun Manfaat Buah Pisang Lainnya adalah:

26. Menjaga Kesehatan Tulang.
27. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh.
28. Menurunkan Berat Badan.
29. Menurunkan Demam.
30. Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh.
31. Menyeimbangkan Cairan dalam Tubuh Anda.
32. Menyembuhkan Luka Bakar.

Baca Juga : Manfaat Lemon Water Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ternyata mengkonsumsi buah pisang secara rutin memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Selalu sediakan pisang dirumah dan konsumsi pisang di pagi hari sebagai pengganti karbohidrat serta bisa meningkatkan kecerdasan otak. Semoga artikel mengenai manfaat buah pisang ini bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita semua dan menambah wawasan mengenai manfaat  buah-buahan.

0 Response to "32 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Seluruh Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel