iklan bagian Header

7 Efek Samping Memakan Buah Pisang Bagi Kesehatan

Siapa sih yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Hampir seluruh dunia sudah tau buah yang berbentuk panjang lengkung, umunya berwarna kuning dan buahnya bertandan yakni buah pisang. Buah Pisang sangat digamarioleh masyarakat karena rasa dan harganya yang murah serta kepraktisan nya. Saking terkenal nya buah ini sering kita temukan di acara pesta, hajatan, syukuran bahkan dalam bingkisan parsel.
7 Efek Samping Memakan Buah Pisang Bagi Kesehatan

Alasan lainnya buah ini banyak digemari adalah karena manfaat dan khasiatnya bagi tubuh. Jika anda mengkonsumsi 1 atau 2 buah perhari pasti akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Yang menjadi berbahaya dan efek samping bagi kesehatan tubuh adalah terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi buah pisang. Baca Juga : 32 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

7 Efek Samping Buah Pisang Bagi Kesehatan


Secara umum mengkonsumsi buah pisang 1 sampai 2 buah perhari tidak akan memberikan efek samping dan menjadi toxic di dalam tubuh. Malah rutin mengkonsumsi 2 buah pisang per hari akan memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalori tubuh. Segala sesuatu yang berlebihan lah yang akan menyebabkan dampak bagi kesehatan tubuh bahkan bisa memicu kematian. Lantas, apa saja efek yang ditimbulkan jika mengkonsumsi buah pisang terlalu berlebihan sampai menyebabkan kematian? Berikut  7 resiko yang terjadi jika mengkonsumsi buah pisang secara berlebihan.

1. Efek Ketidak Seimbangan Hormon Estrogen dan Androgen
Beberapa kandungan pisang memiliki manfaat untuk perkembangan hormon. Salah satunya adalah xenobiotic yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh. Pada pria, hormon ini akan mempengaruhi produksi hormon androgen sedangkan pada wanita akan mempengaruhi produksi hormon esterogen. Pada jumlah yang normal hal ini akan memberi manfaat positif seperti perbaikan sistem saraf, susah tidur, dan membuat mood lebih baik lagi. Jika jumlah nya berlebihan makan yang timbul malah ketidak seimbangan hormon dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan datang bulan ( haid ) pada wanita menjadi tidak teratur.

Baca Juga : Manfaat Pisang Merah Bagi Kesehatan

2. Penyakit Kardiovaskular
Mungkin istilah kardiovaskular bagi sebagian orang agak terdengar asing. Kardiovaskular merupakan gangguan pada saluran peredara darah yang bisa mengakibatkan penyakit yang lebih berbahaya lainnya. Salah satu yang paling sering terjadi adalah serangan jantung koroner. Dalam bauh pisang terdapat kandungan magnesium, jika magnesium terlalu banyak akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Hal ini akan bertambah parah jika perut anda dalam keadaan kosong. Walaupun sebenarnya magnesium bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung koroner jika dalam batas normal dan perut tidak dalam keadaan kosong.

3. Sembelit
Sebenarnya buah pisang bermanfaat dalam mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Tapi ini akan membalikkan keadaan jika mengkonsumsi nya terlalu berlebihan bisa menyebabkan anda terkena sembelit. Hal ini makin dipengaruhi oleh tingkat kematangan dari buah pisang, jika pisang belum terlalu matang akan membuat resiko terkena sembelit semakin besar. Kandungan pati pada pisang yang belum matang ini akan mempengaruhi proses pencernaan.

Baca Juga : Manfaat Pisang Rebus Bagi Kesehatan

4. Penyempitan Pembuluh Darah
zat tiramin yang ada pada buah pisang bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Terjadinya penyempitan pembuluh darah dapat mengakibatkan terganggunya peredaran darah yang bisa memicu gejala migrain, stroke, dan sakit jantung. Bagi anda yang punya penyakit tersebut disarankan agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi pisang.

5. Kelebihan Kalium
Tubuh tetap membutuhkan asupan kalium untuk menjaga kesehatan. Namun, terlalu banyak jumlah kalium dalam tubuh bisa mengakibatkan pelemahan otot, kelumpuhan sementara dan detak jantung menjadi tidak teratur. Jadi cukup mengkonsumsi buah pisang dalam batas wajar agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Baca Juga : Jenis dan Manfaat Pisang Ambon 

6. Kandungan Gula
Lagi-lagi akibat efek yang berlebihan bisa menaikkan kadar gula dan ini akan berbahaya bagi para penderita diabetes. Kandungan gula pisang yakni glukosa akan menimbulkan efek lain yakni kerusakan pada gigi. Sebenarnya buah pisang sangat aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes jika masih dalam batas normal atau wajar bahkan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

7. Mengantuk
Ada salah satu kandungan dalam pisang yang membuat anda merasa mengantuk. Nama kandungan tersebut adalah tryptophan. Selain itu karbohidrat pada buah pisang dapat menghalangi kandungan asam amino masuk kedalam otak. Dengan begitu akan memicu peningkatan produksi hormon serotin yang dapat membuat anda mengantuk. Di tambah lagi dengan kandungan magnesium yang banyak bisa membuat otot-otot tubuh semakin rileks dan membuat anda makin ngantuk berat deh.

Baca Juga : Manfaat Rutin Mengkonsumsi Pisang Raja Bagi Kesehatan

Meskipun memberikan dampak bagi kesehatan, buah pisang lebih banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Yang perlu anda ingat adalah jangan berlebihan dalam mengkonsumsi pisang karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Karena faktor utama timbulnya efek samping ini adalah berlebihan dalam makan pisang. Cukup  satu atau dua buah pisang perhari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi per harinya.

Dan jangan lupa, konsultasikan kembali kepada para ahli atau dokter jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.  Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kesehatan kita semua dan menambah wawasan kita. So, Keep Healthy!

0 Response to "7 Efek Samping Memakan Buah Pisang Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel