iklan bagian Header

Jenis dan Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali jenis pisang di dunia ini, salah satu nya adalah pisang ambon dan pisang ini tentu memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Dari namanya saja kita sudah tahu kalau pisang ini berasal dari kota Ambon yang berada di Indonesia, pisang lokal yang termasuk kedalam kelompok Cavendish.


Pisang ambon sendiri memiliki 3 jenis dalam satu spesies. Jenis pisang tersebut adalah pisang ambon lumut, pisang ambon putih dan pisang ambon kuning. Sebelum kita membahas manfaat pisang ambon kita bahas terlebih dahulu ketiga jenis pisang ini.

Jenis-Jenis Pisang Ambon

Pisang ambon merupakan tanaman lokal indonesia yang memiliki tiga jenis spesies pisang ambon. jenis pisang tersebut adalah pisang ambon lumut, pisang ambon putih dan pisang ambon kuning. berikut adalah penjelasan dari ketiga jenis pisang diatas. Baca Juga : 32 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Seluruh Tubuh

1. Pisang Ambon Lumut
Bentuk fisik dari pisang ambon lumut bentuknya lurus dengan panjang 15-17 cm dan berdiameter 42 mm. kulit buah pisang ambon lumut tebal. Jenis pisang yang satu ini memiliki keunikan yaitu walaupun sudah masak warnanya tetap hijau dan sedikit kekuningan.hijau dari buah ini seperti lumut makanya di sebut pisang ambon lumut. Keunggulan jenis pisang ambon ini adalah memiliki aroma yang harum dan tanpa biji.
Pisang Ambon Lumut
Pisang Ambon Lumut - Pic source : adjapisang.com
2. Pisang Ambon Putih
Disebut pisang ambon putih karena pisang ini memiliki warna kuning sedikit keputihan dengan tekstur buah yang lebih besar. Rasa dari pisang ini sedikit agak asam dan memiliki aroma yang harum.
Pisang Ambon Putih
Pisang Ambon Putih - Pic source : viva-media.co.id
3. Pisang Ambon Kuning
Bentuk Fisik dari jenis pisang ambon kuning memiliki ukuran yang lebih besar dari kedua jenis pisang diatas. Bentuknya yang sedikit melengkung dengan kulit yang tipis dan daging buah yang berwarna kuning. Satu tandan pisang ambon kuning bisa menghasilkan 129 buah.
Pisang Ambon Kuning
Pisang Ambon Kuning - Pic source : ardiwahyu144


Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan

Dari ketiga jenis pisang ambon diatas tentu memiliki kelebihan dan manfaat masing-masing, jenis pisang ambon yang banyak dijual dipasaran adalah buah pisang ambon kuning karena warna, rasa dan kualitasnya lebih unggul. Banyak dikenal dan dikonsumsi masyarakat, berikut adalah beberpa manfaat pisang ambon bagi kesehatan yang sudah teruji secara klinis.

1. Sebagai Sumber Energi
Pisang ambon memiliki kandungan kalori sebesar 99 kkal / 100 gram. Dengan jumlah segitu bisa membantu menyuplai tambahan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan proses metabolisme. Walaupun tidak terbilang besar, jumlah kalori dalam pisang ambon dapat dijadikan makanan alternatif untuk membuat perut terasa lebih kenyang atau penunda lapar.

2. Kandungan Asam Folat
Kandungan asam folat pada buah pisang ambon sangat baik bagi wanita hamil karena nutrisi pada buah pisang dapat dicerna dan diserap dengan baik oleh janin malalui rahim yang berguna untuk membantu perkembangan otak dan sum-sum tulang belakang janin. Hal ini sering di anjurkan dan disarankan oleh para ahli gizi bagi wanita hamil.

Bila anda kekurangan asam folat ketika hamil akan mengakibatkan terganggunya perkembangan otak dan sum-sum tulang belakang serta dapat menyebabkan kelumpuhan, kerusakan otak ataupun memperbesar resiko keguguran. Sebaiknya bagi wanita hamil memeperhatikan asupan asam folat dalam tubuhnya ketika hamil salah satunya dengan makan pisang ambon.

3. Mengobati Anemia
Kekurangan darah merah atau bahasa medisnya disebut dengan anemia. Anemia membuat para penderitanya merasa lemas, letih, lelah, lesu, dan lunglai atau disebut 5L. Hal ini bisa terjadi akibat jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang. Untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh, anda bisa mengkonsumsi buah pisang ambon. Karena dalam pisang ambon terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi untuk mengatasi gangguan anemia dan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

4. Mengurangi Gangguan Usus
Sifat dan tekstur buah pisang yang lembut sangat baik bagi kesehatan usus. Selain itu kandungan pisang ambon dipercaya memiliki efek penyembuhan yang baik serta dapat menetralkan asam lambung sehingga baik untuk menenangkan perut. Anda bisa konsumsi segelas jus pisang dicampur susu setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mengobati Gangguan Liver
Rutin mengkonsumsi 2 buah pisang ambon di tambah dengan 1 sendok madu bermanfaat untuk mengatasi dan mengobati gangguan liver. Nafsu makan anda akan meningkat dan stamina akan bertambah pada penderita liver.

6. Menurunkan Resiko Diabetes
Rasa manis pisang ambon aman bagi penderita diabetes dan dapat mengobati penyakit diabetes. Kandungan gula pisang ambon sangat mudah diserap oleh tubuh, dengan begitu bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

7. Menurunkan Berat Badan
Kandungan karbohidrat yang kompleks pada buah pisang ambon tidaklah berpengaruh pada peningkatan kadar glukosa dalam darah secara drastis. Pisang ambon juga memiliki kadar lemak yang rendah sehingga baik untuk orang yang lagi diet. Serat pisang ambon juga bermanfaat untuk memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga berpengaruh pada penurunan berat badan.

8. Membantu Pengobatan Hipertensi
Senyawa kalium yang terdapat pada pisang ambon bermanfaat untuk mengatur detak dan fungsi jantung, tekanan darah, syaraf dan aktifitas otot. Senyawa kalium juga bermanfaat untuk mengatur keseimbangan cairan elektrolit sehingga tekanan darah menjadi normal. Serat pada pisang ambon juga baik untuk mengikat lemak pada pembuluh darah. Bagi para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi ada baiknya anda mengkonsumsi pisang ambon untuk mengembalikan tekanan darah menjadi normal.

Baca Juga : Manfaat Makan Pisang Raja Secara Rutin Bagi Kesehatan

9. Melancarkan Sistem Pencernaan
Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa pisang ambon memiliki kandungan serat yang dapat memperlancar proses metabolisme dan pencernaan. Bukan hanya serat, kandungan vitamin B6 nya juga dapat menangkal diare. Struktur dan tekstur nya yang lembut atau memiliki sifat antacid membuat pisang mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh orang yang mengalami gangguan asam lambung.

Berdasarkan beberapa penelitian seputar pisang menjelaskan bahwa orang yang mengkonsumsi buah pisang secara teratur akan memiliki dinding lambung yang lebih kuat di banding dengan orang yang tidak mengkonsumsi pisang.

10. Mencegah Serangan Jantung
Ada beberapa faktor orang terkena serangan jantung diantaranya adalah karena berkurangnya aliran oksigen ke jantung akibat penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah. Untuk mengatasi hal ini bisa mengkonsumsi buah pisang ambon, sebab dalam pisang ambon terdapat kandungan kalium yang berperan sebagai tonik yang baik untuk jantung. Serat pada pisang ambon juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem imun atau kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda karena zat antibodi dalam tubuh yang berbeda pula. Kandungan nutrisi pisang ambon seperti vitamin A, B6 dan vitamin C dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai infeksi maupun virus atau radikal bebas.
Terdapat senyawa lectin yang ditemukan oleh peneliti amerika serikat di dalam pisang ambon dapat menghambat dan menghalangi perkembangan infeksi HIV dalam tubuh.

12. Meredakan Rasa Nyeri
Pisang ambon juga sering dimanfaat kan sebagai obat pereda nyeri alami. Pisang ambon dapat meredakan nyeri ringan seperti rasa nyeri sendi atau gejala pusing ringan.

13. Menjaga Kesehatan Mata
Bukan hanya wortel yang dapat menyehatkan mata, Kandungan Vitamin A pada pisang ambon juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Cara kerjanya dengan meningkatkan kinerja pada bagian retina sebagai penerima cahaya ataupun bayangan dari objek yang sedang dilihat.

14. Menjaga Daya Ingat
Buah pisang sangat dianjurkan di konsumsi bagi anak-anak yang akan melaksanakan ujian karena dapat meningkatkan data ingat. Berkat kandungan Vitamin B nya yang cukup tinggi ini bisa membantu meningkatkan kinerja saraf sehingga orang dapat berkonsentrasi lebih lama.

15. Menambah Mood Dan Menghindari Stress
Mood dan stress bisa terganggu akibat beberapa hal diantaranya pekerjaan dalam lainnya. Dengan adanya kandungan sorotonin dan kalim pada pisang ambon dapat membantu perasaan dan tubuh menjadi rileks dan tenang. Dengan begitu dapat menambah mood atau suasana hati jadi lebih bahagia dan menghindari diri dari stress ataupun kelelahan.

16. Masker Wajah
Tak hanya untuk kesehatan, pisang ambon juga bermanfaat untuk mendapatkan kulit indah berseri. Caranya cukup mudah, anda bisa menghaluskan pisang dengan blender kemudian di campur dengan madu atau bisa juga dengan minyak zaitun, pastikan adonan tidak terlalu encer atau cair. Jika sudah menjadi adonan menyerupai pasta, oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan beberapa menit dan bilang dengan air bersih.

Cara Konsumsi Pisang Ambon yang Sehat

Bagaimana sih cara mengkonsumsi pisang ambon yang sehat dan memberikan manfaat bagi tubuh? Caranya cukup mudah. Anda bisa mengkonsumsinya 1 sampai 2 buah per hari. Anda bisa mengkonsumsi nya sebelum atau sesudah makan. Anda juga bisa mengolahnya menjadi minuman dengan campuran susu atau madu.  Untuk penyimpanan pisang sendiri lebih baik diletakkan di lemari es aga terjaga kesegarannya.

Jangan konsumsi pisang ambon secara berlebihan, karena akan berdampak pada kesehatan anda. Sebab dalam pisang ambon terdapat 85 sampai 100 kalori. Jumlah kalori terlalu berlebihan bisa menyebabkan resiko diabetes.

Demikianlah pembahasan kita seputar Jenis dan Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh. Konsumsilah pisang ambon cukup 1 atau 2 buah perhari dan jangan berlebihan. Belilah pisang yang benar-benar masih segar agar nutrisi dan vitamin masih terjaga. Jangan lupa konsultasikan kepada dokter jika anda sedang mengkonsumsi obat tertentu supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita dan menambah wawasan kita.

0 Response to "Jenis dan Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel