iklan bagian Header

Manfaat Apel Hijau Untuk Diet dan Ibu Hamil

Apel Hijau Malang Bermanfaat Untuk Diet dan Ibu Hamil Siapa yang tidak kenal dengan buah yang mudah ditemukan dan digemari oleh banyak orang ini, bahkan salah satu perusahaan teknologi terbesar pun menjadikannya sebagai nama brand perusahaan mereka. Yak buah itu adalah  ‘apel’.

Manfaat dan Khasiat Buah Apel Hijau Untuk Kesehatan

Asal Buah Apel Hijau 

Buah apel pertama kali di tanam di daerah Asia Tenggara dan kini sudah tersebar ke beberapa daerah yang memiliki suhu rendah atau dingin. Buah ini bukanlah buah musiman yang hanya tumbuh di beberapa waktu saja. Untuk buah apel sendiri memiliki banyak jenis salah satunya adalah apel hijau atau yang bisanya orang mengenal dengan nama ‘apel malang’. Alasan disebut apel malang adalah karena buah apel hijau ini banyak tumbuh dan hidup di Kota Malang.

Perbedaan Apel Hijau dan Apel Merah

Ngomongin soal perbedaan antara buah apel merah dan apel hijau, adalah terletak pada rasa nya  yang lebih kecut atau masam, warna nya yang hijau dan bentuk nya yang lebih bulat di banding apel lainnya. Sebenarnya  tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara apel hijau ataupun apel merah maupun dengan jenis apel lainnya. Seluruh buah apel mempunyai kandungan nutrisi yang melimpah dan menguntungkan bagi  tubuh. Dalam satu buah apel sendiri kaya akan antioksidan, flavonoid, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam oksalat, dan nutrisi bermanfaat lainnya. Baca Juga : Khasiat Buah Apel Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Apel Hijau

Seperti buah-buahan lainnya, buah apel tentu memiliki sejumlah kandungan mineral dan nutrisi di apel hijau. Berikut adalah nutrisi yang terdapat didalam apel hijau, : Kalium, Kalsium, Fosfor, Natrium, Magnesium, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B9, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin K. Buah apel ini juga dapat dikreasikan menjadi keripik apel yang apabila dimasak mengandung pantotnic acid dan folat.

Nutrisi Buah Apel Hijau
Nutrient Unit 1Value per 100 g
Proximates
Water g 85.56
Energy kcal 52
Protein g 0.26
Total lipid (fat) g 0.17
Carbohydrate, by difference g 13.81
Fiber, total dietary g 2.4
Sugars, total g 10.39
Minerals
Calcium, Ca mg 6
Iron, Fe mg 0.12
Magnesium, Mg mg 5
Phosphorus, P mg 11
Potassium, K mg 107
Sodium, Na mg 1
Zinc, Zn mg 0.04
Vitamins
Vitamin C, total ascorbic acid mg 4.6
Thiamin mg 0.017
Riboflavin mg 0.026
Niacin mg 0.091
Vitamin B-6 mg 0.041
Folate, DFE ľg 3
Vitamin B-12 ľg 0.00
Vitamin A, RAE ľg 3
Vitamin A, IU IU 54
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg 0.18
Vitamin D (D2 + D3) ľg 0.0
Vitamin D IU 0
Vitamin K (phylloquinone) ľg 2.2
Lipids
Fatty acids, total saturated g 0.028
Fatty acids, total monounsaturated g 0.007
Fatty acids, total polyunsaturated g 0.051
Fatty acids, total trans g 0.000
Cholesterol mg 0
*Sumber Data: USDA Food Composition Databases

Manfaat dan Khasiat Apel Hijau Bagi Kesehatan

Dengan segudang nutrisi dan mineral yang terdapat dalam buah apel hijau, tentu memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mencegah penyakit tertentu hinggap pada tubuh oleh karena pengkonsumsian apel, yaitu : mencegah kanker, baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan saraf, mengurangi risiko stroke, menurunkan risiko diabetes, mencegah susah buang air besar, mengatasi rambut rontok, menurunkan berat badan, mengatasi bau mulut.

1. Apel Hijau Dapat Menyehatkan Mata
Siapa yang tidak ingin punya mata sehat, semua orang tentu menginginkan hal tersebut. Dengan vitamin A yang terdapat dalam Apel Hijau memiliki jumlah yang cukup,  tidak kurang dan juga tidak lebih. Kandungan Vitamin A ini bisa membuat mata menjadi lebih sehat. Tetapi  mengkonsumsi  Vitamin A yang terlalu berlebihanpun tidak boleh karena dapat membuat sel – sel pada tulang kita terpecah. Hal ini akan menganggung kerja Vitamin D yang kita konsumsi. Oleh karena itu, buah apel  hijau cocok buat melengkapi kebutuhan vitamin A tubuh anda.

2. Apel Hijau Memberi Energi Yang Cukup
Memiliki segudang aktivitas setiap hari tentu membuat kita harus menyuplai energy setiap hariinya. Apel Hijau juga dapat memberikan energi yang cukup untuk kita beraktivitas setiap hari. Proses perubahan asupan karbon menjadi energy ini di bantu dengan adanya Vitamin B1 dalam Apel Hijau.

3. Apel Hijau Sebagai Antioksidan Dan Menangkal Radikal Bebas
Antioksidan dapat menangkal radikal bebas, buah ini juga memberi antioksidan dan menangkal tumbuhnya radikal bebas terhadap tubuh kita. Hal ini karena adanya Folate dan Vitamin B2. Sehingga penyakit – penyakit berbahaya juga ikut menjauh. Penyakit – penyakit berbahaya tersebut adalah kanker, serangan jantung, dan tumor.

4. Apel Hijau Kaya Akan Asupan Air
Seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa Apel Hijau memiliki asupan air yang banyak ditambah lagi dengan Vitamin B6 yang mengalir pada mineral dalam apel ini. Mineral dalam tubuh mampu menyaring kolesterol . dengan tersaringnya kolesterol jahat dalam tubuh dapat mengurangi resiko terkena stroke.

 5. Apel Hijau Dapat Memperbaiki Jaringan Tubuh
Vitamin C di dalam Apel Hijau berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Terutama pada bagian sel – sel kulit yang mudah sekali rusak karena pola hidup juga keadaan lingkungan. Vitamin E dalam apel menjadi nilai tambah bagi para wanita karena dapat mempercantik kulit.

6. Apel Hijau Untuk Mencegah Pendarahan
Manfaat lain dari Aple Hijau adalah menghindari pendarahan dalam tubuh. Pendarahan didalam tubuh lebih berbahaya disbanding pendarahan diuar tubuh dan hal ini menjadi masalah yang serius bila terjadi di dalam tubuh kita. Mengkkonsumsi buah Apel hijau dapat membantu anda mencegah terjadinya pendarahan dalam dengan bantuan Vitamin K yang terdapat dalam Apel Hijau. Dalam beberapa kasus tidak sedikit pendarahan dalam tubuh yang menyebabkan penyakit serius dan menyebabkan kematian.

7. Apel Hijau Melancarkan Pencernaan
Serat adalah salah satu kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Apel Hijau menjadi salah satu buah yang mengandung serat yang tinggi. Dengan banyaknya kandungan serat ini berdampak pada proses pencernaan dalam tubuh yang baik dan lancar. Atau bisa dikatakan dapat menjadi obat bagi yang mengalami sembelit.jadi tidak ada salahnya anda mengkonsumsinya secara rutin.

8. Apel Hijau Membuat Rambut Sehat
Rambut sehat dan terhindar dari ketombe menjadi idaman bagi setiap orang, karena rambuat adalah ibarat sebuah mahkota.  Dengan mengkonsumsi apel hijau anda bias mendapat asupan mineral yang cukup dan juga kandungan Vitamin C dan E, maka mengkonsumsi buah Apel Hijau juga dapat memberi manfaat pada kesehatan rambut di mana rambut akan lembut dan terhindar dari ketombe.

9. Apel Hijau Efektif Menyehatkan Gigi
Mengkonsumsi apel hijau dapat membuat gigi menjadi kuat dan sehat. hal ini karena dalam buah apel mengandung vitamin K yang dapat memperkuat gigi.

10. Apel Hijau Menghindari penyakit Alzhaimer
Mungkin anda belum familiar dengan istilah penyakit yang satu ini, penyakit ini bisa dibilang penyakit pikun.  Untuk mengurangi resiko tersebut ada baiknya anda mengkonsumsi buah apel hijau karena Buah Apel Hijau dapat menghindari penyakit ini dan nutrisinya yang banyak.

11. Apel Hijau Mencegah Parkinson
Penyakit ini dapat mengganggu sel saraf pada otak yang berfungsi mengatur pergerakan. Tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi pada diri anda. Karena kaya akan antioksidan, mengkonsumsi Apel Hijau juga memberi manfaat agar kita terhindari dari penyakit yang bernama Parkinson.

12. Apel Hijau Ampuh Mencegah Diabetes
Diabetes atau penyakit gula menjadi masalah yang sering mendatangi sebagian orang apa lagi penyakit ini dapat  wariskan atau turun temurun. Apel Hijau juga memberi dampak positif terhadap penyakit ini karena Vitamin B1 di dalamnya akan membantu kita. Tetapi tentu didukung dengan pola hidup juga.

13. Apel Hijau Untuk Diet dan Makanan Alternatif
Buah Apel memang dapat menjadi makanan pengganti seperti penggaanti menu makan sore ataupun malam. Hal ini cocok sekali bagi anda yang ingin menurutkan berat badan. Manfaat apel salah satunya adalah untuk memberikan efek kenyang yang dapat memberikan anda tubuh ideal.

Selain manfaat di atas, ada berbagai khasiat apel hijau yang waijb kita cermati, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan diantaranya dapat diperoleh dari kandungan gizi yang tinggi seperti vitamin C dan potasiumnya.

14. Menjadi Obat Pencegah Penyakit Dan Melawan Sel Kanker.
Kanker merupakan penyakit yang sangat menakutkan bagi kita dan biaya pengobatan yang sangat mahal.senyawa antioksidan yang ada dalam buah apel hijau dapat menangkal  dan melawan sel kanker. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa apel mampu mengobati berbagai jenis kanker.
Baca Juga : Manfaat Buah Nanas Untuk Mencegah Penyakit Kanker

15. Memperbaiki Jaringan Sel Kulit.
Memiliki kulit sehat dan regenerasi sel kulit untuk kulit yang lebih sehat dan cerah adalah dambaan bagi para wanita. Dengan adanya vitamin E yang terdapat dalam buah apel hijau anda bisa mendapatkan hal tersebut.

16. Meningkatkan Mood.
Tahukah anda bahwa memakan buah apel ditambah selai kacang bisa memberi  anda banyak energy untuk waktu yang cukup lama. Dengan bertambahnya energy dalam tubuh anda hal ini bisa menaikkan mood anda dan kembali semangat dalam beraktivitas.

17. Mencegah Naiknya Tekanan Darah.
Buat anda yang punya tekanan darah diatas normal, tidak ada salahnya anda mencoba mengkonsumsi apel hijau untuk mengurangi naiknya tekanan darah. Dengan bantuan mineral yang terdapat dalam buah apel dapat memeprlancar aliran darah.

Adapun Manfaat lain dari buah apel hijau:

18. Menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.
19. Mengurangi komplikasi pilek.
20.Mencegah stroke.
21. Mencegah degenerasi macula
22. mengurangi risiko penyakit kardio lainnya.
23. Dapat meningkatkan metabolisme karbohidrat di dalam tubuh
24. Meningkatkan massa otot
25. Menyehatkan otot jantung

Efek Dari Mengkonsumsi Apel Hijau

Sampai saat artikel ini diterbitkan belum ada penelitian medis yang menyebutkan bahwa mengonsumsi apel lebih dari satu dapat menyebabkan kelebihan vitamin dan akhirnya dapat menjadi toksik di dalam tubuh. Oleh karena itu kami menyarankan kepada anda untuk mengonsumsi apel secukupnya minimal satu apel sehari.

Efek dari memakan buah ini selama ini tidak ada. Hanya saja tergantung pada kondisi kesehatan seseorang. Karena mengandung Vitamin C yang berlimpah, mengkonsumsi Apel Hijau dalam jumlah banyak bisa saja dapat membuat Diare karena perut tidak kuat menerimanya, overall manfaat apel hijau sangat baik untuk kesehatan.

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari penjabaran yang sudah panjang lebar diatas bahwa Apel Hijau memiliki segudang manfaat bagi kesehatan selagi masih dalam porsi yang semestinya dan tidak berlebihan. Dan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apakah anda memiliki pantangan atau tidak terhadap Apel Hijau. Hidup sehat dengan mengkonsumsi buah alami lebih asik dan terjamin.
Mungki itu saja informasi kesehatan tentang Manfaat Apel Hijau untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

0 Response to "Manfaat Apel Hijau Untuk Diet dan Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel