iklan bagian Header

33 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Dan Efek Samping Buah Nanas Madu Untuk Diet Agar Tetap Cantik Dan Sehat. Siapa yang tak kenal  dengan salah satu buah tropis yang kaya akan kandungan air, bersisik dan memiliki mahkota ini.


Sebagian besar orang di Indonesia menyebutnya nanas atau nenas, namun perlu anda ketahui bahwa penulisan yang benar sesuai KKBI adalah Nanas.  Menurut KBBI nanas merupkan buah yang dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis dengan kulit buah seperti bersisik dan bermata banyak pada daging buahnya.

Nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) merupakan  sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam Famili Bromeliaceae. tumbuhannya rendah  mencapai 5-8 kaki dan menyebar sekitar radius 3-4 kaki herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.

penamaan nanas di dapat dari sebutan orang Tupi, mereka menyebutnya  “anana”  yang bermakna "buah yang sangat baik". Buah ini pada awalnya berasal dari penduduk pribumi Paraguay lokal di Amerika Selatan, kemudian dibawa ke Spanyol saat Columbus menemukan benua Amerika pada tahun 1493. Sekitar abad ke-15 dan ke-16, buah ini mulai tersebar ke seluruh dunia oleh pelaut Eropa yang membawanya bersama mereka untuk melindungi diri dari penyakit scurvy, penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

Baca JugaManfaat Buah Apel Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Buah Nanas

Nanas segar adalah sumber vitamin dan antioksidan yang sangat baik. Dalam 100g buah mengandung 47,8 atau 80% vitamin C. Perlu anda ketahui  Vitamin C sangat diperlukan untuk sintesis kolagen didalam tubuh. Kolagen merupakan protein struktural utama dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang.  Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit scurvy (gagalnya sintesis kolagen dan pembentukan osteoid di dalam tubuh).  Mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi (meningkatkan kekebalan tubuh) dan mencegah radikal bebas pro-inflamasi berbahaya dari tubuh.

Pada 100g buah nanas mengandung sekitar 50 kalori, setara dengan apel. Dagingnya tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Buah nanas juga merupakan sumber serat larut dan tidak larut seperti pektin. Pada 100g buah nanas, terkandung  zat-zat gizi sebagai berikut.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas
Kandungan Nilai Gizi Persentase RDA
Energi 50 Kkal 2,5%
Karbohidrat 13,52 g 10%
Protein 0,54 g 1%
Lemak total 0,12 g '<'1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat Makan 1,40 g 4%
Float 18 mcg 4,5%
Niasin 0,500 mg 4%
Piridoksin 0,112 mg 9%
Riboflavin 0,018 mg 1,5%
Thiamin 0, 079 mg 6,5%
Vitamin A 58 IU 2%
Vitamin C 47,8 mg 80%
Vitamin E 0,02 mg '<'1%
Sodium 1 mg 0%
Kalium 109 mg 2,5%
Kalsium 13 mg 1,3%
Tembaga 0,110 mg 12%
Besi 0,29 mg 3,5%
Magnesium 12 mg 3%
Mangan 0,927 mg 40%
Fosfor 8 mg 1%
Selenium 0,1 mcg '<'1%
Seng 0,12 mg 1%
Carotine 35 mcg -
Crypto-xanthin 0 mcg -
*Sumber: USDA National Nutrient data base

Inilah 33 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Membantu Mengobati Radang Sendi
Bagi anda yang punya penyakit radang sendi. Buah ini bias jadi alternative herbal alami buat anda. Karena salah satu manfaat buah nanas yang paling terkenal dalam dunia kesehatan adalah kemampuannya dalam mengurangi peradangan sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan arthritis.

Perlu anda ketahui, menurut medis Arthritis adalah penyakit bersifat kronis dan terjadi seumur hidup dan biasanya menyerang pria dan wanita yang berusia di atas 55 tahun.  Penderita arthritis akan mengalami pembengkakan dan kekakuan pada sendi sehingga menyebabkan gerakan tubuh menjadi sulit dan menyakitkan. Jika dibiarkan tanpa dirawat atau ditangani, penyakit ini biasanya akan menyebabkan kerusakan jaringan.Nanas mengandung enzim proteolitik yang disebut bromelain, yang berperan dalam reaksi pemecahan protein kompleks, selain itu juga memiliki efek antiinflamasi. Jadi mulailah mengonsumsi nanas untuk kesehatan sendi Anda.

2. Meningkatkan Imunitas
Satu buah nanas dapat memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari bagi manusia, hal ini menjadikannya salah satu sumber asam askorbat terkaya dan paling lezat.  Dapat merangsang aktivitas sel darah putih sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek berbahaya dari radikal bebas.

3. Memproduksi Kolagen
Buah nanas berperan pentingnya dalam menciptakan kolagen. Basis protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang merupakan manfaat dari kolagen. Manfaat lain dari kolagen yang bias anda rasakan adalah dapat membantu Anda menyembuhkan luka pada tubuh dengan cepat, sekaligus membantu mempertahankan diri terhadap infeksi dan penyakit.

4. Mencegah Kanker
Mencegah kanker dengan Kandungan vitamin C dalam buah nanas, nanas juga kaya akan berbagai antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, berbagai senyawa flavonoid, dan mangan yang tinggi. Penelitian yang pernah dilakukan, nanas memiliki kemampuan yang secara langsung berhubungan dengan pencegahan kanker pada mulut, tenggorokan, dan payudara.

5. Membantu Kesehatan Pencernaan
Nanas adalah sumber serat yang kaya, tapi ada hal yang membuat nanas istimewa karena buah ini mengandung serat larut dan tidak larut. Hal ini menjadi pertanda baik, karena dengan rutin mengonsumsi nanas dapat melindungi Anda dari berbagai gangguan pencernaan, termasuk konstipasi, diare, sindrom iritasi usus besar, serta penyakit aterosklerosis dan pembekuan darah.

6. Membantu Mengobati Batuk dan Pilek
Nanas dapat membantu mengobati batuk dan pilek dengan bantuan enzim bromelain yang terkandung pada buah nanas, enzim ini diketahui dapat mengurangi dahak dan lendir yang terbentuk di saluran pernafasan dan rongga sinus. Konsumsilah buah nanas ketika anda sedang batuk atau pilek dan rasakan reaksi yang ditimbulkannya.

7. Memperkuat  Kesehatan Tulang
Walaupun nanas tidak mengandung begitu banyak kalsium, namun nanas memiliki jumlah mangan yang mengesankan, yang merupakan mineral lain yang memiliki peran penting dalam memperkuat tulang, sekaligus membantu pertumbuhan dan perbaikan pada tulang.

8. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gusi
Senyawa antioksidan yang terdapat di buah nanas dapat melindungi dari kanker mulut, nanas juga memiliki kandungan astringent yang dapat memperkuat gigi dan gusi. Diketahui astringent pada nanas juga dapat mencegah terjadinya rambut rontok, kelemahan otot, dan kulit kendur.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Mata
Menjaga kesehatan mata dan membantu mencegah terjadinya kerabunan. Kandungan beta karoten dapat membantu Anda mengurangi masalah ini. Mengontrol jumlah beta karoten didalam makanan Anda merupakan hal yang sangat penting, oleh sebab itu perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran jika Anda benar-benar masih ingin memiliki penglihatan yang baik di usia senja.

10. Mengatur Tekanan Darah
Sumber mineral yang sangat berharga terdapat di dalam buah ini, salah satunya adalah potassium (kalium). Potassium merupkan mineral terpenting di dalam tubuh kita, dan kekurangan kalium dapat menyebabkan berbagai bahaya kesehatan. Fungsi potassium yang paling penting adalah sebagai vasodilator, yang dapat meminimalisir terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah dan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh. Pembuluh darah yang rileks dapat mengurangi tekanan darah dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar, hal itu dapat membantu Anda mencegah terjadinya aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

11. Memperlancar Sirkulasi Darah
Nanas juga mengandung mineral tembaga. Mineral ini berfungsi dalam sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh. Hal yang juga harus di ketahui adalah, bahwa tembaga merupakan unsur penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Banyaknya Jumlah sel darah merah dalam tubuh dapat meningkatkan oksigenasi ke berbagai sistem organ sehingga berfungsi optimal.

Manfaat Nanas Untuk Kecantikan

12. Solusi Efektif untuk Jerawat
Nanas dapat menyingkirkan jerawat yang membandel, karena kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya. Enzim Bromelain, enzim anti inflamasi pada buah ini, dapat meningkatkan daya penyembuhan pada kulit berjerawat.

13. Membantu Kulit Tampak Lebih Muda
Kabar gembira untuk Anda semua wanita-wanita cantik yang menginginkan kulit kenyal dan halus. Mulai sekarang sertakan buah eksotis ini dalam daftar belanjaan Anda. Nah, buah ini memberi sintesis kolagen di tubuh, semakin tinggi sintesis kolagen, semakin kencang dan lebih fleksibel kulit Anda nantinya. Konsumsi juga makanan tambahan yang banyak mengandung asam amino dan vitamin C untuk memastikan sel dan jaringan yang rusak dapat diperbaiki dengan cepat. Blenderlah nanas secukupnya lalu oleskan nanas yang sudah di blender tersebut di wajah Anda dan basuh dengan menggunakan air keran setelah 10 menit. Anda bisa melihat efek instan dari manfaat nanas ini untuk wajah Anda ladies.

14. Dapat Mencerahkan Wajah
Wajah cerah merupakan idaman bagi setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Jika anda ingin wajah yang cerah. Iris-irislah buah nanas menjadi beberapa irisan, dan letakkan di wajah Anda sebagai masker. Tunggu beberapa menit dan basuh wajah anda dengan air bersih. Cara ini bias mengangkat sel kulit mati dan melancarkan aliran darah, yang tentunya akan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.

15. Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah
Masalah lain yang paling umum yang sering kita temui adalah telapak kaki dan tumit yang pecah-pecah. Sangat tidak indah dipandang mata bukan? Apalagi bagi kaum hawa. Solusinya mudah saja, gunakan kulit nanas dan gosokkan ke telapak kaki Anda. Cara ini efektif karena kulit kaki yang serampangan dan kapalan dapat mengelupas. Dengan begitu membantu Anda memiliki telapak kaki dan tumit yang lebih halus, lembut, dan terlihat lebih cantik.

16. Mempercantik dan Memperkuat Kuku
Kurangnya vitamin A dan B dalam tubuh adalah penyebab utama kuku rapuh dan kering. Tapi Anda tidak perlu merasa khawatir, cukup gunakan nanas, dan Anda tidak memerlukan lagi pil multivitamin untuk meredakan kondisi ini. Cukup dengan membuat jus nanas dan jadikan lotion pada kuku anda maka masalah ini akan teratasi.

17. Membantu Merawat Kecantikan Kulit
Kulit kering terlihat kusam pastinya tidak menarik, bukan? Cuaca yang panas dan polusi yang terus menerus terjadi membuat kulit kusam. Tenang saja, Anda hanya perlu menggunakan nanas untuk membantu mengurangi efek hidrasi pada kulit. Ambillah tiga sendok makan nanas yang sudah diblender, lalu campurkan dengan kuning telur dan sedikit susu. Oleskan di bagian kulit yang anda inginkan dan tunggu selama beberapa menit, lalu cuci bersih dengan air hangat.


Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Efek Samping Yang Ditimbulkan
source : caradesain

18. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah
Anda memiliki bibir yang pecah-pecah? Tumbuklah sedikit daging nanas, campurkan dengan minyak kelapa, lalu lihatlah hasilnya. Seperti yang kita ketahui  nanas memiliki sifat seperti minyak kelapa, yang dapat menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit.

19. Mencegah Rambut Rontok
Sangat memilukan ketika harus melihat ratusan helai rambut Anda mengalir ke saluran pembuangan saat Anda mandi. Rutin mengonsumsi nanas pada saat makan siang dapat menjadi solusi mengatasinya. elemen penting yang membantu mencegah kerontokan rambut adalah Vitamin C pada nanas. Nanas adalah sumber yang kaya akan vitamin. Tidak ada salahnya anda menjadikan nanas sebagai menu pencuci mulut saat setelah makan secara rutin untuk menuai manfaat vitamin C dan mencegah rambut rontok.

20. Mengatasi Gatal pada Kulit Kepala
Konsumsi nanas setiap hari dapat mencegah dan meredakan kondisi peradangan yang mempengaruhi kulit kepala. Selain itu juga, dapat membantu mengatasi infeksi pada kulit kepala, dan rambut rontok.

21. Membantu Pertumbuhan Rambut yang Tebal
Ekstrak nanas diketahui memiliki sifat mampu menebalkan rambut. Ekstrak nanas tersebut dipercaya dapat memperkaya folikel rambut dengan memberikan nutrisi penting, yang pada akhirnya dapat meningkatkan elastisitas dan ketebalan rambut.

22. Mencegah Kerusakan Akibat Radikal Bebas
Nanas adalah sumber antioksidan yang kaya sehingga dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh.seperti yang kita ketahui  Antioksidan ini juga mampu melindungi tubuh kita dari penyakit seperti aterosklerosis, penyakit jantung, arthritis, berbagai jenis kanker, dan lainnya.

23. Menjaga Gusi Sehat
Khasiat nanas lainnya adalah dapat memperkuat gusi Anda, dan menjaga agar gigi Anda tetap sehat dan kuat. Dengan demikian, Anda akan lebih percaya diri saat tersenyum ataupun tertawa.

24. Sebagai Anti-Inflamasi
Adanya kandungan anti-inflamasi dalam buah nana dapat menguatkan tulang dan mencegah peradangan pada pasien arthritis.

25. Membantu Menyembuhkan Sinusitis, Sakit Tenggorokan, Asam urat, Pembengkakan
Anda terkena sinusitis? Sakit tenggorokan? Asam urat atau pembengkakan? Nanas bias jadi solusinya. Kandungan dalam buah ini efektif dalam menyembuhkan sakit tenggorokan, asam urat, dan pembengkakan.

26. Membantu Mencegah Atherosclerosis
Mungkin anda baru mendengar istilah aterosklerosis, aterosklerosis adalahpenyakit pengerasan pembuluh darah,penyakit ini dapat dengan mudah di cegah oleh antioksidan yang terkandung pada buah nanas.

27. Membantu Meredakan Mual Pada Wanita Hamil
Pada awal bulan kehamilan banyakan wanita atau calon ibu mengalami mual atau di kenal juga dengan morning sickness. Mengonsumsi jus nanas diketahui dapat mencegah mual atau morning sickness. Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan, karena banyak yang menganggap buah ini memiliki efek buruk terhadap kehamilan. Konsultasikan dengan dokter Anda!

28. Membantu Membersihkan Parasit di Usus
Mengkonsumsi buah nanas dapat membantu membersihkan parasit usus tertentu seperti cacing pita. Setelah mengkonsumsi ini anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada cacing-cacing jahat itu.

29. Membantu Mengatasi Catarrh
Pernahkah anda mendengar penyakit diatas? Terdengar asing bukan? Penyakit ini terjadi pada saat ada penimbunan lendir di dalam hidung atau tenggorokan, yang disebabkan oleh inflamasi/peradangan selaput lendir. Catarrh biasanya terjadi bersamaan dengan masuk angin atau batuk berdahak. Kabar baiknya, kelainan ini bisa dicegah dengan mengonsumsi nanas secara teratur.

30. Membantu Mengobati Bronkitis
 Anda pasti pernah memperhatikan bahwa sifat anti-inflamasi nanas sangat berguna dalam mengobati banyak penyakit. nanas juga ternyata dapat membantu mengurangi peradangan pada tabung bronkial, yang umumnya timbul karena bronkitis.

31. Mengobati Luka bakar, bisul dan gatal pada kulit
Anda mengalami luka bakar, atau ada bisul dan gatal? Siapa sangka kalau daun buah nanas ini bisa mengatasinya. Ambillah daun nanas dan giling sampai halus, kemudian balurkan atau oleskan pada luka atau bisul.

32. Mengobati Beri-Beri
Penyakit beri-beri merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin B, sehingga terjadi pembengkakan pada tubuh. Anda tidak perlu khawatir ntuk mengatasi penyakit ini, anda bisa mengobati dengan buah nanas. Kupas 2 buah nanas,kemudian blenderlah dan ambil airnya, minum sekaligus. Sebaiknya ini diminum ketika pagi atau ketika sore.

33. Dapat Menghilangkan Kutil
Ternyata buah nanas dapat digunakan untuk menghilangkan kutil, cara penggunaanya pun sangat sederhana, dengan hanya memotong nanas kecil-kecil kemudian tempelkan diatas kutil. Diamkan Selama 25 menit lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin agar kutil Anda benar-benar hilang.

Efek Samping Buah Nanas

Dari sekian banyak manfaat buah nanas yang telah kita bahas di atas ternyata buah nanas juga memiliki pengaruh dan efek samping buah nanas yang ditimbulkan. Berikut adalah beberapa efek samping yang timbul dari mengkonsumsi buah nanas berlebihan:

1. Nanas Bisa Memicu Rematik
Dampak pertama yang ditimbulkan adalah rematik, hal ini didasarkan pada hasil penelitian.  berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa buah nanas terfermentasi menjadi alkohol di dalam saluran pencernaan kita. Hal ini lah yang menyebabkan anda rematik dan encok.

2. Nanas Dapat Menggugurkan Kandungan
Nanas yang sudah matang memang memiliki banyak khasiat, namun nanas muda dapat berdampak buruk bagi wanita hamil. Nanas muda mengandung suatu zat obat disebut (abortivum ) yang bisa berakibat buruk  menggugurkan janin calon bayi. Apalagi buah Nanas muda dengan Sprite . Sehingga bagi wanita yang sedang hamil tidak disarankan makan Nanas muda selama kehamilan .

Untuk anda yang mengalami masalah dengan Haid, buah nanas malah bermanfaat bagi wanita yang ingin melancarkan haid ( dating bulan ) sehingga dianjurkan dikonsumsi Karena memiliki penagaruh efek samping yang berguna melancarkan haid.

3. Buah Nanas Meningkatkan Sel Gula Darah
Buah Nanas jika di makan berlebihan dapat berakibat meningkatnya sel gula darah dalam darah secara drastis. Jumlah darah gula yang tinggi tentu tidaklah baik untuk kesehatan tubuh . Sehingga tidak disarankan mengonsumsi buah Nanas bagi penderita diabetes

4. Buah Nanas Menimbulkan Gatal-Gatal .
Bukan rahasia lagi jika buah nanas dapat menimbulkan gatal-gatal pada lidah. Buah Nanas jika dimakan terlalu banyak dapat mengakibatkan gatal-gatal . Lalu apa apa bisa menghilangkan gatal-gatal mulut setelah mengonsumsi buah Nanas . Ada cara nya anda bisa mencoba dengan berkumur-kumur dengan air campuran garam saat kondisi hangat. Atau anda dapat menaburi garam pada irisan nanas tersebut untuk mengurangi gatal.

5. Nanas Mengakibatkan Sakit Kepala
Buah Nanas jika terlalu banyak di makan dapat berefek samping membuat kepala Anda pusing . Ini seperti ketika Anda makan buah durian secara berlebihan . Tentu dapat mengakibatkan pengaruh yang buruk.

6. Buah Nanas Dapat Berpengaruh Membuat Alergi
Buah Nanas dapat menyebabkan alergi . Efek samping buah Nanas membuat alergi di bibir-bibir dan mulut Anda . Lidah anda akan terasa mati rasa atau kebas jika makan buah Nanas terlalu banyak . Selain itu pengaruh fatal buah Nanas dapat membuat wajah kemerah-merah tanda alergi parah.

7. Nanas Bisa Membuat Overdosis Vitamin C
Buah Nanas membuat overdosis vitamin C jika berlebihan .Seperti dijelaskan sebelumnya di Manfaat Nanas bagi kesehatan lengkap bahwa buah Nanas mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C memang baik untuk tubuh kita. Namun jika terlalu tinggi kadar vitamin C dalam tubuh tentu tidaklah baik . Terlalu tinggi vitamin C dapat membuat Anda sakit perut, mual, diare, pusing dll.

8. Nanas Berefek Buruk Dengan Obat Lain
Ternyata nanas memiliki efek samping yang membuatnya bias menjadikan pantangan saat mengkonsumsi obta  tertentu seperti obat antibotik,obat pengencer darah,obat penenang, anti depresi dan obat kimia lainnya .

9. Buah Nanas Meningkatkan Asam Lambung
Asam lambung anda bias naik jika terlalu banyak memakan buah ini . Hal ini terjadi karena memakan buah Nanas saat perut dalam kondisi kosong . Jika anda ingin memakan nanas dengan sambal (rujak) diharuskan sebelumnya beberapa jam untuk makan terlebih dahulu agar tak membuat perut sakit.

Berdasarkan pemaparan diatas seputar nanas dapat kita simpulkan bahwa nanas memiliki segudang manfaat dan khasiat. Namun manfaat dan khasiat tersebut bisa anda dapatkan jika mengkonsumsinya tidak secara berlebihan dan sesuai takaran atau kebutuhan tubuh saja. Bukannya sehat malah sakit yang di derita. Jadi konsumsilah sesuai kebutuhan anda saja jangan sampai berlebihan.

0 Response to "33 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel