iklan bagian Header

32 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

32 manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh serta membahas kandungan nutrisi yang terdapat dalam 1 buah alpukat, bagaimana jika berlebihan? apa efek samping alpukat bagi kesehatan? simak pembahasannya dibawah ini.

Alpukat, Pokat, atau avokad? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang benar adalah Avokad. Avokad merupakan tumbuhan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini sudah banyak di budidaya kan di berbagai Negara tropis.

Avocado

Avokad merupakan buah yang popular dikalangan masyarakat Indonesia. Buah ini biasanya di bikin menjadi minuman dalam bentuk jus atau tambahan dalam berbagai minuman. Rasanya yang lezat dan kandungan nutrisi tinggi membuat buah ini makin disukai dan diminati masyarakat.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, avokad juga bermanfaat untuk kecantikan. Buah avokad saja mengandung setidaknya 14 mineral dan 11 vitamin yang membuat buah ini memiliki banyak manfaat.  Walaupun memiliki sekian banyak manfaat, masih saja ada orang yang menghindari buah ini dengan alasan takut dengan kandungan lemak dalam avokad. Tahukah anda? Bahwa lemak pada avokad adalah lemak tak jenuh yang justru bikin kamu makin sehat. Lantas apa saja kandungan nutrisi pada buah avokad? Yuk kita simak dibawah ini.Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Buah Apel Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Nutrisi Buah Avokad

Protein,Lemak Bermanfaat, Karotenoid, Lutein, 20 vitamin serta mineral yang berbeda terdapat dalam avokad, walaupun dalam jumlah kecil,  menyediakan sekitar 10 % kebutuhan vitamin dan mineral harian dalam setiap porsi-nya. Beberapa vitamin dan mineral yang paling banyak terkandung dalam buah alpukat adalah vitamin C, vitamin K, folat, kalium, zat besi, vitamin E, dan vitamin B6, Anti-inflamasi, Natrium (Sodium) dan Kolestrol.

Nutrient data for, Avocados, raw, all commercial varieties
Nutrient Unit 1Value per 100 g
Proximates
Water g 73.23
Energy kcal 160
Protein g 2.00
Total lipid (fat) g 14.66
Carbohydrate, by difference g 8.53
Fiber, total dietary g 6.7
Sugars, total g 0.66
Minerals
Calcium, Ca mg 12
Iron, Fe mg 0.55
Magnesium, Mg mg 29
Phosphorus, P mg 52
Potassium, K mg 485
Sodium, Na mg 7
Zinc, Zn mg 0.64
Vitamins
Vitamin C, total ascorbic acid mg 10.0
Thiamin mg 0.067
Riboflavin mg 0.130
Niacin mg 1.738
Vitamin B-6 mg 0.257
Folate, DFE ľg 81
Vitamin B-12 ľg 0.00
Vitamin A, RAE ľg 7
Vitamin A, IU IU 146
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg 2.07
Vitamin D (D2 + D3) ľg 0.0
Vitamin D IU 0
Vitamin K (phylloquinone) ľg 21.0
Lipids
Fatty acids, total saturated g 2.126
Fatty acids, total monounsaturated g 9.799
Fatty acids, total polyunsaturated g 1.816
Fatty acids, total trans g 0.000
Cholesterol mg 0
Sumber Data : USDA National Nutrient Database for Standard Reference

Manfaat Buah Avokad Bagi Kesehatan

Nutrisi dan vitamin diatas tentu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita, berikut adalah beberapa manfaat dari buah avokad bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah Kanker Prostat
Buah avokad dapat mencegah terjadinya kanker prostat dan menekan pertumbuhan sel kanker prostat.dalam buah avokad terdapat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

2. Mencegah Kanker Mulut
Avokad sangat baik untuk mencegah penyakit kanker, selain kanker prostat, kanker mulut juga dapat di atasi dan dicegah dengan buah avokad. Para peneliti telah membuktikan bahwa dalam avokad terdapat senyawa seperti beta carotene, neoxanthin yang dapat memecah protein jahat sehingga perkembangan sel kanker terhambat kemudian kondisi penderita semakin membaik.

3. Pencegahan Kanker Payudara
Berdasarkan hasil studi mengenai buah avokad menyatakan bahwa alpukat dapat mencegah terjadinya kanker payudara. Minyak olive pada avokad banyak mengandung Asam Float yang berguna untuk mencegah kanker payudara.

 4. Kesehatan Mata
Kandungan karotenoid pada avokad dipercaya lebih banyak dari pada buah-buahan lainnya. Karotenoid dapat melindungi dari penurunan penglihatan, katarak dan penyakit mata yang disebebkan oleh penua-an usia.

5. Menurunkan Kolesterol
Berdasarkan hasil studi yang melakukan percobaan pada 45 Orang sukarelawan, didapati hasil 17% mengalami penurunan kolesterol setelah mengkonsumsi buah avokad selama satu minggu. Hasil studi ini menemukan bahwa zat bata sitosterol dalam avokad dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

6. Kesehatan Jantung
Dalam secangkir avokad terdapat 23% nilai asupan asam floate yang dianjurkan. Dari hasil studi mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi asam floate memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Lemak tak jenuh, vitamin E dan glutathione dalam avokad sangat baik bagi kesehatan jantung anda.

7. Pencegahan Stroke
Asam floate pada buah avokad juga dapat mencegah tubuh anda dari serangan stroke. Mengkonsumsi floate dapat menurunkan resiko terkena stroke dari orang yang kekurangan floate.

8. Penyerapan Gizi yang Lebih Baik
Hasil studi mengungkapkan pada percobaan penelitian terhadap sampel salad yang dimasuki alpukat dengan tidak dimasukkan avokad menyatakan bahwa salad dengan avokad dapat menyerap gizi lebih baik dibanding dengan salad yang tidak memiliki avokad \. Penelitian ini menemukan alpukat dapat menyerap lima kali jumlah karoten (sekelompok gizi termasuk lycopene dan beta karoten) daripada mereka yang tidak mencampur-nya dengan avokad.

9. Sumber Glutathione
Avokad merupakan sumber terbaik dari glutathione, salah satu jenis antioksidan penting untuk mencegah penuaan, kanker dan serangan jantung.

10. Sumber Vitamin E
Vitamin E merupakan vitamin utama yang melindungi tubuh dari banyak jenis penyakit serta membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

11. Tekanan Darah
Potasium yang terdapat dalam buah avokad dapat membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Bagi anda yang punya tekanan darah tidak normal cobalah untuk mengkonsumsi buah avokad, agar tekanan darah kembali normal.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Buah Apel Hijau Untuk Kesehatan

12. Mengontrol Gula Darah
Banyak orang menghindari avokad karena takut lemak di dalam buah ini, tapi anda harus tahu bahwa lemak dalam alpukat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Resistensi  insulin juga dapat diatasi dengan Lemak jenuh tunggal ( mono-saturated fat). Yang sekaligus dapat membantu tubuh mengontrol tingkat gula dalam darah.

13. Melindungi Dari Kanker
Seperti yang diutarakan diatas bahwa avokad dapat mencegah kanker. Sebab dalam avokad terdapat nutrisi seperti antioksidan, vitamin A, B, C, E, dan K yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Peneliti juga mencoba pada hewan yang diberi ekstrak alpukat dan menemukan bahwa avokad dapat mencegah berbagai kanker seperti: kanker kulit, kanker prostat, dan kanker mulut. Penelitian ini masih dilakukan pada hewan dan belum ada penelitan lanjutan terhadap manusia.

14. Mencegah Peradangan
Selain nikmat, alpukat juga memiliki nutrisi yang bisa membantu mencegah peradangan pada tubuh.

15. Meningkatkan Berat Badan
Bagi anda yang ingin menambah berat badan, cobalah untuk rajin mengkonsumsi buah yang satu ini. Kandungan kalori dalam avokad dapat membantu meningkatkan berat badan secara sehat tentunya.

16. Menyehatkan Kulit Dan Rambut
Kandungan minyak avokad bisa digunakan sebagai bahan kosmetik untuk melembabkan kulit dan membuat kulit bercahaya. Bukan hanya kulit, minyak pada alpukat bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut dan membuat rambut sehat dan indah. Vitamin E juga terkenal dengan manfaatnya dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Antioksidan serta asam amino yang terdapat dalam avokad juga dapat membantu untuk membuang racun yang Mengakibatkan penuaan dini dan kerutan pada kulit.

17. Membersihkan Kulit
Buah avokad bisa mengangkat sel kulit mati dari tubuh anda dengan nutrisi vitamin A nya. Minyak buah avokad dapat diserap dengan mudah oleh kulit  dan sangat cocok untuk dijadikan lotion pijat. Bisa meresap jauh sampai kedalam lapisan kulit membuat kulit anda ter-nutrisi dan membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit Anda.

18. Pelembab Kulit
Anda punya masalah dengan kulit kering? Cobalah cara ini Campur 1 buah avokad, satu telur, 2 sendok teh oatmeal, dan satu Sendok teh lemon juice. Oleskan pada bagian wajah dan biarkan selama 15-20 menit, kemudian bershikan dengan air hangat. Coba lakukan hal Ini 2 kali seminggu dan Anda akan mendapatkan kulit yang indah.

19. Mengobati Sariawan
Sariawan atau panas dalam bisa disembuhkan dengan buah avokad. Caranya : ambil 1 buah avokad yang sudah matang, keruk daging buahnya kemudian diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan.

20. Mengatasi Kulit Wajah Kering
Buah avokad bisa dibuat masker untuk kalian yang punya kulit wajah kering. Caranya dengan memblender daging buah avokad menjadi halus, lalu oleskan ke bagian wajah untuk dijadikan masker. Tunggu sampai kurang lebih 2 jam, setelah itu bilas wajah dengan air dingin.

21. Sakit Gigi Berlubang
Tumbuk satu biji alpukat jadi halus. Kemudian taburkan sedikit serbuk biji avokad tadi ke bagian gigi yang berlubang atau bisa menggunakan bantuan kapas atau cotton bud.

22. Bengkak Karena Peradangan
Biji avokad juga bisa digunakan untuk mengatasi bengkak karena radang. Caranya: ambil Biji buah avokad yang dikeringkan, giling sampai hingga halus sampai menjadi bubuk. Ambil bubuk dari biji avokad secukupnya, kemudian ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan adonan tersebut ke bagian tubuh yang sakit.

23. Kencing Manis
Manfaat lain dari biji avokad adalah mengatasi kencing manis. Caranya dengan memanggang biji avokad lalu dipotong kecil-kecil. Setelah itu rebus dengan air bersih sampai air berubah kecoklatan. Kemudian saring ampas nya dan minum airnya setelah dingin.

24. Rambut Berkilau
Penduduk mesir kuno menggunakan avokad untuk creambath karena dipercaya membantu untuk menghitamkan rambut dan berkilau. Cara Penggunaannya: Sediakan 1 buah avokad matang, Haluskan / jus tanpa campuran apa pun, Bilas pada rambut langsung, Biarkan 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Rasakan efeknya dalam beberapa minggu setelah dilakukan.

25. Untuk Ibu Hamil
Perubahan Hormon terjadi pada wanita hamil membuat kulit menjadi lebih sensitif. Anti Aging dalam buah avokad dapat mencegah penuaan dini. kandungan berbagai zat dan vitamin yang dibutuhkan kulit dalam pembentukkan jaringan kolagen, selain itu Buah alpukat juga mengandung nutrisi zat besi, kalsium, phospor, zodium, potasium, vitamin A, dan C, dan juga vitamin B kompleks, dan E.

Spina Bifida merupakan keluarnya sumsum tulang belakang dari punggung pada janin yang dikandung,hal ini dapat di cegah dengan buah avokad . Resiko tersebut dapat dihambat dengan Asam Folat Yang terkandung dalam buah avokad. Asam float pada avokad dapat membuat calon buah hati terhindar dari cacat otak dan kerusakan sum-sum tulang belakang.

26. Menangkal radikal bebas
27. Penyembuh Sakit Maag
28. Kecantikan Kulit dan Wajah
29. Mencegah Penyakit Spina Bifida
30. Mencegah Penuanaan Dini
31. Mengurangi Keriput
32. Menambah Berat Badan

Efek Kebanyakan Makan Buah Avokad Untuk Kesehatan

Efek pada buah avokad pada dasarnya tidaklah ada selama masih dalam batas normal. Yang jadi masalah dan menimbulkan efek samping adalah ketika memakannya terlalu berlebihan. Berikut adalah Beberapa Efek Yang Ditimbulkan Jika Memakan Buah Avokad Berlebihan:

1. Meningkatkan Berat Badan
Ini bisa dibilang efek atau manfaat, karena bagi orang yang ingin gemuk bisa dibilang manfaat begitu pula sebaliknya. 30 gram avokad mengandung sekitar 322 kalori yang dapat membuat bera badan meningkat.

2. Alergi
Berdasarkan jurnal Alergy, Asthma and Clinical Immunology yang diterbitkan pada bulan juni 2011. Alergi avokad dapat menyebabkan bersin, batuk, pembengkakan, dan hidung tersumbat. Walaupun ini jarang ditemukan.

3. Menurunkan Produksi ASI
Sebenarnya avokad baik bagi ibu hamil,karena dapat mempersempit risiko cacat lahir pada bayi, buah avokad juga bermanfaat untuk meringankan kram kaki akibat kekurangan kalium.Namun yang menyebabkan masalah adalah berlebihan makan avokad, karena bisa merusak kelenjar susu sehingga menurunkan produksi susu. Bagi ibu menyusui terlalu banyak asupan avokad selama masa menyusui dapat menyebabkan sistem pencernaan anak jadi kurang baik.

Baca Juga : Manfaat Anggur Hitam Bagi Ibu Hamil dan Kesehatan

4. Merusak Hati
Terlalu banyak makan avokad dapat merusak organ hati. Hal ini terdapat dalam avokad meksiko yang mengandung estragole dan anethole yang dipercaya memiliki reaksi karsinogenik.

5. Menurunkan Kerja Obat
Jangan konsumsi avokad saat anda sedang mengkonsumsi obat peradangan. Karena kelebihan konsumsi avokad dapat menyebabkan pengenceran darah, darah yang encer dapat menyebabkan luka susah sembuh.

6. Iritasi Saluran Pencernaan
Kebanyakan makan avokad juga tidak baik bagi kesehatan karena dapat membuat iritasi saluran pencernaan sehingga rentan menyebabkan perut kembung, begah, kram, buang gas terus menerus, hingga diare.

Khasiat buah avokad sangatlah banyak bagi kesehatan jika anda pandai mengatur pola-nya dan tidak berlebihan. Selama avokad dikonsumsi tidak secara berlebihan akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Demikian pembahasan kita mengenai manfaat, kandungan nutrisi dan efek samping dari buah avokad, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "32 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel