iklan bagian Header

25 Manfaat Anggur Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Plus Efek Samping

Anggur Hijau adalah salah satu jenis anggur yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas dibandingkan dengan anggur merah dan anggur hitam. Hal ini karena anggur Hijau membutuhkan tanah khusus untuk dapat tumbuh, jadi tanaman ini tidak bisa hidup di sembarangan tanah. Anggur Hijau memang tak semanis anggur merah dan anggur hitam. Rasa manis terkuat dipegang oleh anggur merah kemudian anggur Hitam sedangkan Anggur Hijau memiliki rasa manis dan sedikit asam. Beda warna dan Jenis ternyata beda pula khasiatnya.

Anggur Hijau

Walaupun memiliki sedikit rasa asam, buah anggur hijau memiliki berbagai macam manfaat, hal ini diperkuat degan studi yang dilakukan di laboratorium oleh ilmuwan Amerika Serikat dan juga Italia yang mengemukakan bahwa mengkonsumsi anggur beserta kulitnya secara bersamaan bisa bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan Nutrisi dan Gizi yang tinggi dalam Anggur Hijau membuat banyak orang mulai melirik buah ini untuk kesehatan. Baca Juga : Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Buah Anggur Hijau


Tak lain halnya dengan jenis anggur lainnya, Anggur hijau juga kaya akan nutrisi dan gizi. Dalam Anggur hijau terdapat nutrisi seperti  vitamin A, B6, C dan vitamin K, karbohidrat, rendah kalori, lemak jenuh serta aman dari kolesterol. Buah anggur hijau juga merupakan sumber mineral yang sangat baik karena mengandung kalsium, potassium, zat besi, magnesium, fosfor dan selenium. Spesies anggur hijau juga memiliki Catechins yang merupakan Flavonoid antioksidan.

Berdasarkan data dari USDA, Secara umum dalam 100 g Buah Anggur memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

Nilai nutrisi Anggur Hijau per 100 g (3,5 oz)
Kandungan Nilai Gizi
Energi 288 kJ (69 kcal)
Karbohidrat 18.1 g
Gula 15.48 g
Serat Pangan 0.9 g
Lemak 0.16 g
Protein 0.72 g
Tiamina (Vit. B1) 0.069 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.07 mg (5%)
Niasin (Vit. B3) 0.188 mg (1%)
Asam Pantotenat (B5) 0.05 mg (1%)
Vitamin B6 0.086 mg (7%)
Folat (Vit. B9) 2 g (1%)
Vitamin B12 0 g (0%)
Vitamin C 10.8 mg (18%)
Vitamin K 22 g (21%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0.36 mg (3%)
Magnesium 7 mg (2%)
Mangan 0.071 mg (4%)
Fosfor 20 mg (3%)
Kalium 191 mg (4%)
Natrium 3.02 mg (0%)
Zink 0.07 mg (1%)
*Sumber Data : USDA Food Composition Databases

Manfaat Buah Anggur Hijau Untuk Kesehatan

Nutrisi yang banyak tentu memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Lalu apa saja khasiat dan manfaat dari Buah Anggur Hijau ini, berikut manfaat Buah Anggur Hijau bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat anggur Hijau untuk kesehatan menurut beberapa ahli kesehatan dunia.

1. Mengurangi Asma
Untuk meningkatkan jumlah air yang ada di dalam paru-paru manusia bisa menggunakan Anggur Hijau, hal ini dikarenakan anggur hijau memiliki kemampuan sebagai assimilatory. Dengan adanya kemampuan ini kadar air dalam paru-paru bisa meningkat dan meredakan gangguan pernafasan pada penderita asma. Jadi tidak ada salahnya kamu mencoba khasiat anggur hijau untuk mengatasi Asma.

2. Pembunuh Bakteri
Antivirus bukan hanya ada pada komputer, tetapi  anggur hijau juga punya antivirus dan antibakteri. Antivirus dan antibakteri dalam anggur bisa digunakan sebagai pembunuh bakteri . Mengkonsumsi buah anggur hijau akan terlindungi dari infeksi sebab infeksi banyak disebabkan oleh bakteri dan kuman.

3. Pencegah Alzheimer
Mungkin anda kurang kenal dengan istilah penyakit Alzheimer ini. Alzheimer adalah penyakit pikun akut atau pikun yang sudah parah. Penyakit ini bersifat jangka panjang dan bisa menyebabkan kematian. Tapi anda tidak usah khawatir, dengan mengkonsumsi anggur hijau dapat mencegah penyakit Alzheimer di dukung  fakta bahwa buah anggur hijau bisa digunakan untuk mencegah penyakit Alzheimer ini ditegaskan berdasarkan penelitian, tidak hanya itu saja anggur hijau dipercaya bisa untuk menjaga kesehatan otak disebabkan oleh kandungan resveratol yang ada pada buah anggur hijau.

4. Pencegah Kanker Payudara
Buat para wanita bisa mencegah kanker payudara dengan mengkonsumsi buah anggur hijau atau meminum segelas jus anggur hijau. Anggur hijau dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang banyak . Seperti yang kita tahu bahwa antioksidan bisa menangkal radikal bebas pemicu kanker.Manfaat antioksidan yang ada pada anggur tersebut juga berguna untuk mengurangi tumor yang ada di tubuh seseorang. Rajinlah mengkonsumi anggur hijau setiap hari maka tumor anda akan semakin mengecil dan kemudian menghilang.

5. Mengatasi Sembelit
Buat anda yang susah buang air besar atau sembelit, cobalah untuk mengkonsumsi Anggur hijau alasannya adalah di dalam anggur hijau terdapat kandungan serat yang tinggi.

6. Mengatasi Gangguan Ginjal
Anggur hijau memiliki sifat alkaline forming yang bisa meningkatkan fungsi ginjal atau kinerja ginjal. Para penderita gangguan ginjal masih bisa mengkosnumsi anggur hijau.

7. Menyehatkan Mulut Dan Gusi
manfaat vitamin A, manfaat vitamin B, vitamin C dan juga vitamin K dalam anggur hijau berfungsi untuk menyehatkan mulut dan gusi. Untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada pada mulut dibutuhkan antibakteri yang ada pada anggur hijau bisa digunakan pembunuh kuman dan bakteri yang ada di mulut sehingga bau mulut dan penyakit gusi tidak akan pernah muncul. Mulut dan gusi sehat bisa di dapatkan dengan cara ini.

Baca JugaManfaat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan serta dampak Jika terlalu banyak mengkonsumsinya

8. Mencegah Anemia
Anemia menyebabkan kamu akan sulit untuk tidur di malam hari, kurang tidur membuat aktivitas kamu dipagi hari jadi terganggu. Supaya kamu tidak terkena anemia, cobalah mengkonsumsi anggur hijau secara rutin setiap hari bisa digunakan sebagai pencegah anemia dikarenakan di dalam anggur hijau terdapat manfaat zat besi yang bisa digunakan sebagai pencegah anemia. Minum dua gelas jus anggur setiap hari bisa digunakan sebagai penghilang anemia sehingga berbagai macam keluhan anemia seperti pusing bisa dihilangkan.

9. Menangkal Radikal Bebas
Antioksidan adalah lawan untuk menangkal radikal bebas.Radikal bebas ada dimana saja jadi kita perlu membentengi diri dengan antioksidan. Antioksidan bisa didapat dari buah yang kaya akan antioksidan seperti apel hijau dan juga anggur hijau.

10. Terhindar Dari Kanker Usus Besar
Bagi anda yang sudah terkena penyakit saluran pencernaan. Mulailah untuk menjaga kesehatan anda. Buat anda penderita maag seharusnya anda mulai mewaspadai hal yang dapat memicu terjadinya penyakit berbahaya seperti usus buntu dan kanker usus besar.

11. Mengatasi Kelelahan
Dalam 100 gram anggur hijau terdapat kandungan glukosa yang dapat di ubah menjadi energi. Energi inilah yang menjadi asupan kita untuk ber-aktivitas sehari-hari. Untuk anda yang sering merasa lemas, lesu dan letih bisa jadi anda kekurangan energi di dalam tubuh anda, tidak hanya itu saja tubuh yang kekurangan glukosa bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan juga lesu. Meminum jus anggur hijau bisa mengembalikan energi dalam tubuh anda.

12. Mencegah Penyakit Jantung
Antioksidan dalam Anggur Hijau juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Anti oksidan dipercaya mampu meningkatkan oksida nitrat di dalam darah manusia sehingga  aliran menuju jantung menjadi lancar dan normal. Oksida nitrat yang meningkat juga dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Darah yang membeku dapat menyebabkan resiko anda mengalami penyakit jantung. Untuk terhindar dari masalah ini, anda bisa mengkonsumsi 100 gram anggur hijau setiap harinya.

13. Mengatasi Kolesterol
Antioksidan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kali ini antioksidan dalam Anggur Hijau dapat mengatasi kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Antioksidan ini mampu menahan laju peningkatan kolesterol jahat penyebab berbagai jenis gangguan di tubuh manusia.

14. Melancarkan Pencernaan
Tinggi nya kandungan serat dalam anggur hijau dapat melancarkan pencernaan. Bagi kalian yang mengalami gangguan pencernaan tidak ada salahnya anda mulai untuk rutin mengkonsumsi anggur yang tinggi serat. Masalah pencernaan pada perut anda akan hilang hanya dengan rajin mengkosnumsi anggur hijau.

15. Mengatasi Migrain
Aliran oksigen dan darah yang tidak lancar ke kepala merupakan penyebab Migrain.  Anggur hijau dapat melancarkan aliran darah sehingga darah bisa lancar mengalir ke kepala dan mengatasi masalah migrain anda.Jika anda mengalami sakit kepala cobalah untuk memakan anggur hijau ini.

16. Meningkatkan Sistem Imun
Rasa asam pada buah anggur hijau di dapat dari Vitamin C. Vitamin C dalam buah anggur hijau tergolong cukup tinggi. Tingginya vitamin c pada anggur hijau sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun anda. Meningkatnya sistem Imun dalam tubuh akan membuat anda susah untuk terserang penyakit.

17. Melembabkan Kulit
Kandungan Air dan Vitamin dalam anggur hijau sangat bermanfaat bagi kelembaban kulit. Cukup nya kandungan dalam anggur hijau membuat kulit lebih ternutrisi dan terhindar dari kulit kering, keriput dan lainnya.

18. Membuat Awet Muda
Awet muda adalah idaman bagi setiap orang. Tetap cantik dan ganteng meski usia sudah tidak muda lagi dambaan semua orang. Kamu bisa memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi buah anggur hijau.  Anggur hijau mampu menangkal radikal bebas dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Radikal bebas sangat tidak bagus untuk kesehatan kulit.

19. Mengatasi Dehidrasi
Seperti yang kita utarakan diatas bahwa anggur hijau memiliki kandungan air yang melimpah. Banyaknya kandungan air ini tentu bisa mengobati rasa haus atau dehidrasi anda. Orang yang terkena dehidrasi bisa merasakan gejala pusing, mata berkunang-kunang, perut mual dan bahkan kesehatan kulit anda akan terganggu.

20. Pembersih Lemak Jahat
Sadarkah anda bahwa di dalam tubuh kita terdapat banyak sekali lemak jahat? Mungkin sebagian dari kita tidak menyadarinya. Lemak jahat bisa saja berasal dari makanan yang sering kita makan. Saat ini zaman dimana makanan cepat saji merajalela dan goreng-gorengan berserakan diluar sana. Makanan berminyak itulah yang menjadi sumber dari lemak jahat. Memakan 100 gram buah anggur hijau setiap harinya dapat digunakan untuk mengatasi  atau mengangkat lemak jahat yang menempel pada pembuluh darah manusia. Hal ini bisa terjadi karena sifat zat alkaline forming pada anggur hijau tersebut.

21. Membersihkan Racun Tubuh
Proses Buang Air Besar merupakan suatu proses pembuangan racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh kita. Lancarnya Buang Air Besar akan membuat racun dalam tubuh ikut keluar bersama dengan kotoran. Untuk memperlancar BAB anda bisa mengkonsumsi buah anggur hijau yang kaya akan serat. Serat dapat membantu proses pencernaan di dalam usus dan membuat buang air menjadi lebih lancar.

22. Mengatasi Batuk
Orang yang menderita batuk dapat menularkan virus, virus ini bisa menjangkit orang lain jika imun dalam tubuh turun. Supaya terhindar dari penyakit anda bisa konsumsi anggur hijau karena dalam anggur hijau terdapat antibakteri dan vitamin c untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita sehingga kita terhindar dari penyakit. Anti bakteri dalam anggur juga bisa membunuh bakteri penyebab batuk. Serta rasa asam dipercaya dapat mengurangi batuk.

23. Penurun Demam
Demam merupakan suatu tanda bahwa kita akan terkena penyakit. Demam data menjadi penanda bahwa tubuh kita sedang terinfeksi kuman, bakteri atau pun virus dan sistem kekebalan tubuh atau imun kita sedang berperang melawannya. Konsumsi anggur hijau yang kaya akan vitamin C dan Antioksidan akan membuat sistem kekebalan tubuh atau imun meningkat sehingga kuman atau pun virus penyebab demam akan berkurang, dengan begitu demam pun bisa turun.

24. Menghindarkan dari Penyakit Osteoporosis
Osteoporosis adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang tulang. Tulang sangat membutuhkan zat besi untuk tetap kuat dan sehat. zat besi ternyata juga ada pada buah anggur hijau. Jumlah zat besi dalam anggur hijau juga tidak sedikit melainkan cukup banyak. Banyaknya kandungan zat besi ini dapat memperkuat tulang dan mampu mencegah anda terkena penyakit Osteoporosis. Zat besi ini juga bermanfaat menguatkan pada bagian tulang belakang. Masa tua yang sehat akan anda rasakan bila sejak dini sudah mempersiapkannya.

25. Diet
Rendahnya kalori dalam anggur hijau sangat baik untuk anda yang sedang dalam masa program diet. Anggur hijau bisa dijadikan pengganti cemilan anda ketika dalam masa diet.

Baca Juga Khasiat Buah Apel Hijau Untuk Kesehatan dan Program Diet

Efek Samping Bila Terlalu Banyak Mengkonsumsi Anggur Hijau

Sesuatu yang berlebihan memanglah tidak baik. Begitupun dengan mengkonsumsi buah anggur hijau jika terlalu banyak memakannya akan berdampak buruk pada kesehatan anda.berikut beberapa dampak atau efek samping yang ditimbulkan jika terlalu banyak memakan buah anggur.

Baca Juga : Efek Samping Memakan Buah Apel Merah 

1.   Menyebabkan Alergi
Adapun ciri-ciri anda terkena alergi  yang di alami termasuk gatal-gatal, bintik merah, mengi (kesulitan bernapas), dan bersin. Dalam kasus parah, tak lama setelah makan anggur, orang yang mengalami alergi akan masuk ke anafilaksis shock.

Anggur belum tentu menjadi penyebab utama anda menjadi alergi, hal ini bisa saja dari reaksi pestisida yang di semprotkan ke anggur atau cetakan yang tumbuh pada anggur. Untuk memastikan anda alergi anggur atau tidak dibutuhkan tes alergi.

2. Meningkatkan Berat Badan
Kalori pada anggur tergolong rendah, sebab dalam secangkir anggur memiliki sekitar 100 kalori. Tapi kita sering tidak sadar bahwa ukuran anggur yang kecil ini membuat kita lupa kalau kita sudah memakan banyak sekali buah anggur.

3. Karbohidrat Yang Berlebihan
Karbohidrat pada anggur dapat berubah menjadi energi dalam tubuh.  Rata-rata asupan harian karbohidrat harus berkontribusi 45 hingga 60% dari semua kalori yang Anda konsumsi. Terlalu banyak memakan anggur dapat menyebabkan anda kelebihan unsur karbohidrat dan hal ini tidak baik untuk anda yang sedang dalam masa diet.

4.Menyebabkan gangguan Pencernaan
Jumlah anggur yang baik untuk dikonsumsi hanya sekitar 1,5 gram atau 1 cangkir, dengan jumlah segitu dapat membantu organ pencernaan kita. Namun, mengkonsumsi lebih dari itu malah menimbulkan hal sebaliknya, malah dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Karena organ pencernaan tidak dapat mengolah terlalu banyak serat dengan baik.

5. Menyebabkan kembung
Masih dalam hal pencernaan, mengkonsumsi anggur secara berlebihan akan menyebabkan kembung. Hal ini dikarenakan kandungan fruktosa yang dapat merusak saluran pencernaan. Organ pencernaan tidak selamanya dapat mencerna serat dengan baik karena bagian dari anggur tersebut tidak tercerna dan lolos ke usus. kandungan gula yang lolos ke usus tersebut akan di makan oleh bakteri dalam usus besar dan bakteri itu mengeluarkan gas, hal inilah yang menyebabkan gembung.

6. Menyebabkan Muntah
Makan buah anggur secara berlebihan bisa buat kamu muntah, karena anda tidak makan banyak serat secara teratur, Anda dapat merasa mual ketika makan terlalu banyak anggur. Hal ini karena sistem pencernaan sulit untuk mencerna semua serat yang terkandung dari buah anggur. Dan berakhir menciptakan ketidak nyamanan di perut. Hal ini dapat menyebabkan mual dan muntah. Beberapa pengawet anggur juga dapat memicu reaksi seperti itu.

Efek samping lain juga kemungkinan bisa terjadi yang bisa di akibatkan dari biji buah anggur itu sendiri, dan dari efek ekstrak biji anggur ini biasanya seperti :

  • sakit kepala
  • gatal dan kulit kepala kering
  • pusing
  • mual
  • sakit perut
  • sakit tenggorokan
  • batuk

Itulah 25 manfaat dan khasiat yang bisa anda dapatkan dari anggur hijau kandungan nutrisi di dalam anggur hijau serta efek samping yang ditimbulkan jika terlalu berlebihan mengkonusmsi anggur hijau. Cukup Konsumsi anggur hijau sesuai batas konsumsi per hari supaya anda dapat manfaat dan kesehatannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan kita bersama.

0 Response to "25 Manfaat Anggur Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Plus Efek Samping"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel