iklan bagian Header

23 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan

23 manfaat buah belimbing bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita serta isi kandungan nutrisi dalam sebuah belimbing. Batas konsumsi belimbing agar tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh silahkan di simak pembahasannya dibawah ini.

23 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Belimbing atau yang dikenal dengan belimbing manis merupakan tumbuhan berbentuk bintang dengan rasa manis dan juga asam yang berasal dari Indonesia, India dan Srilangka. Buah belimbing hanya dapat tumbuh di daerah dengan iklim tropis saja, makanya banyak berkembang di daerah Asia Tenggara dan beberapa Negara beriklim tropis lainnya. Belimbing yang sudah matang biasanya berwarna kuning atau orange sedangkan yang belum matang berwana hijau.

Rasa manis dan banyak kandungan air membuat buah ini digemari masyarakat. Karena sangat segar ketika di nikmati. Buah belimbing biasanya diolah menjadi jus dan hiasan kue. Buah belimbing memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun kandungan dalam buah belimbing seperti kalori, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Adapun informasi lebih lengkap seputar kandungan nutrisi dalam 100g belimbing dapat anda lihat dalam tabel berikut. Baca Juga : Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing
Proximates Unit 1Value per 100 g
Energy
Protein g 5.00
Total lipid (fat) g 0.00
Carbohydrate, by difference g 72.50
Fiber, total dietary g 2.5
Sugars, total g 65.00
Minerals g 2.8
Calcium, Ca mg 50
Iron, Fe
Sodium, Na mg 12
Vitamins mg 0.60
Vitamin C, total ascorbic acid mg 0.0
Vitamin A, IU IU 2500
Lipids mg 138
Fatty acids, total saturated g 0.000
Fatty acids, total trans g 0.000
Cholesterol
Vitamin C, total ascorbic acid mg 53.0
Thiamin mg 0.040
Riboflavin mg 0.020
Niacin mg 0.100
Vitamin B-6 mg 0.080
Folate, DFE ľg 11
Vitamin B-12 ľg 0.00
Vitamin A, RAE ľg 1
Vitamin A, IU IU 22
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg 0.15
Vitamin D (D2 + D3) ľg 0.0
Vitamin D IU 0
Vitamin K (phylloquinone) ľg 0.0
Lipids
Fatty acids, total saturated g 0.039
Fatty acids, total monounsaturated g 0.011
Fatty acids, total polyunsaturated g 0.089
Fatty acids, total trans g 0.000
Cholesterol mg 0
*Source: USDA National Nutrient Database

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Buah kaya kandungan air ini tentu memiliki manfaat dalam buahnya.  Berikut adalah beberpa manfaat dan khasiat buah belimbing bagi kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan Pencernaan
Buah dan kulit belimbing memiliki asupan serat yang bermanfaat bagi pencernaan, karena serat dapat membantu mencegah penyerapan kolesterol jahat pada makanan di dalam usus. Selaput lendir usus juga dapat terlindungi dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker pada usus besar dengan bantuan serat. Serat juga dapat membantu memperlancar Buang air besar dan membuat pencernaan lebih sehat dan terhindar dari resiko kanker usus besar.

2. Pencegahan Kanker
Vitamin C dalam buah belimbing bermanfaat untuk melindungi dan mencegah dari serangan sel kanker. Vitamin C pada buah belimbing sangat besar, dalam 100g belimbing memberikan 34,7mg atau sekitar 57% asupan vitamin C yang dibutuhkan perhari. Perlu diketahui bahwa vitamin C merupakan antioksidan alami bagi tubuh. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Secara keseluruhan bahwa buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan perlindungan terhadap infeksi, radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.

Baca Juga : Manfaat Anggur Hitam Untuk Mencegah Kanker

3. Kaya Antioksidan
Antioksidan dalam belimbing adalah flavonoid polifenol.  Polifenol dalam buah belimbing bisa mencapai 43 mg/100 g. senyawa ini berguna untuk melindungi tubuh dari efek kerusakan akibat radikal bebas. Secara umum antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab segala penyakit.

4. Meningkatkan Kerja Enzim
Sumber Vitamin B Kompleks juga terdapat dalam buah Belimbing seperti float, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6). Vitamin B Kompleks dapat membantu metabolisme dan mendukung fungsi sintetis enzim dalam tubuh.

5. Mengatasi  Tekanan Darah Tinggi
Kandungan air yang melimpah dalam belimbing merupakan sejumlah mineral dan elektrolit. Adapun Mineral dan elektrolit dalam belimbing seperti kalium, fosfor, seng dan besi. Kalium berfungsi untuk membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Denyut jantung yang normal dan tekanan darah yang teratur dapat membuat tubuh kembali sehat dan tekanan darah menjadi normal kembali. Para penderita hipertensi bisa mencoba cara ini untuk mengembalikan tekanan darah menjadi normal.

6. Mengatasi Gangguan Ginjal
Asam oksalat pada buah belimbing sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada ginjal. Menurut para ilmuan dan para ahli bahwa asam oksalat dianggap sebagai senyawa anti nutrisi yang menggangu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium, magnesium dan lainnya. Jika anda merasa memiliki gangguan pada ginjal, cobalah untuk mengkonsumsi buah belimbing.

7. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat
Zat Pektin pada buah belimbing dapat mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat akan di ikat oleh Zat pektin ini kemudian mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Dan ini sangat baik bagi penderita penyakit diabetes.

8. Obat Peradangan
Buah belimbing memiliki manfaat sebagai anti inflamasi atau yang dikenal dengan obat peradangan. Buah ini bisa dijadikan penyembuh alami dan sehat untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh peradangan seperti asam urat maupun rematik.

9. Menyehatkan Mata
Vitamin A terkenal akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata. Dengan kandungan vitamin A dalam buah ini dapat menjaga kesehatan mata anda dan membuat penglihatan menjadi tajam serta mencegah dari gangguan penyakit mata lainnya.

10. Meningkatkan Vitalitas
Buah belimbing dapat meningkatkan vitalitas bagi anda suami istri. Sebab dalam buah ini terdapat nutrisi yang sangat baik meingkatkan vitalitas. Vitalitas terjaga dapat membuat harmonis dalam rumah tangga.

Manfaat Belimbing Bagi Kecantikan

Selain untuk kesedahatan tubuh, buah belimbing juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Adapun manfaat buah belimbing untuk kecantikan adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Rambut Rontok
Nutrisi alami untuk rambut terdapat pada buah belimbing. Belimbing sangat baik untuk mengatasi rambut rontok karena sumber antioksidan dan vitamin C yang dapat menjaga dan menunda proses penuaan.

Baca Juga : Rahasia Awet Muda Dengan Buah Anggur Hijau

2. Membantu Pertumbuhan Rambut
Buah belimbing memiliki kandunganVitamin B Kompleks yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membantu dalam menjaga rambut kuat dan sehat.

3. Menghilangkan Jerawat
Mengkonsumsi buah belimbing atau menjadikannya sebagai bahan masker pada kulit berjerawat  ataupun kulit berminyak dapat menghilangkan jerawat dan membuat muka kembali bersih. Kandungan seng dalam buah belimbing bisa mengurangi jerawat karena memiliki efek antimikroba.

Selain itu manfaat yang sudag dipaparkan diatas, berikut 10 lagi manfaat dari buah belimbing :

4. Mengobati Rambut Rontok
5. Menumbuhkan Rambut
6. Menguatkan Rambut
7. Mengatasi Jerawat
8. Anti Mikroba
9. Obat Sariawan
10. Mengatasi Demam
11. Menjaga Berat Badan
12. Menambah Nafsu Makan
13. Meremajakan Kulit

Efek Samping atau Bahaya Belimbing Bagi Kesehatan

Secara umum, buah-buahan tidak memiliki efek samping selama mengkonsumsinya tidak secara berlebihan. Yang dapat menimbulkan efek samping itu adalah memakan nya terlalu berlebihan. Terkadang kita tidak sadar kalau sudah mengkonsumsinya secara berlebihan karena enaknya buah tersebut dan membuat kita ingin nambah lagi. Tapi anda harus mengurangi hal ini karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan anda. Berikut adalah dampak akibat memakan buah belimbing secara berlebihan:

1. Berbahaya Bagi Penderita Diabetes Dan Gangguan Ginjal
Kandungan gula yang tinggi dalam belimbing membuat buah ini berbahaya bagi penderita diabetes. Walaupun ada yang menyebutkan bahwa belimbing aman karena kalori yang rendah. Ada baiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsinya.

Baca Juga : Efek Samping Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi anda yang memiliki gangguan pada ginjal sangat dianjurkan untuk menghindari atau tidak mengkonsumsi buah belimbing, karena buah ini mengandung asam oksalat yang dapat memicu terjadinya penyumbatan batu ginjal. Makan buah belimbing berlebihan pada penderita gangguan ginjal bisa menyebabkan gagal ginjal.

2. Berbahaya Bagi Obat Tertentu
Bagi anda yang sedang mengkonsumsi obat tertentu ada baiknya tidak mengkonsumsi buah belimbing. Karena terdapat senyawa yang bereaksi negative terhadap kandungan pada obat tertentu yang bisa mengakibatkan efek samping atau bisa keracunan. Ada baiknya anda konsultasikan juga kepada dokter sebelum mengkonsumsi buah ini.

Dari sekian banyak manfaat buah belimbing bagi kesehatan dan kecantikan ternyata ada efek samping yang harus diperhatikan. Boleh mengkosnusmi buah belimbing asala sesuai kebutuhan tubuh dan jangan berlebihan. Karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Demikian lah artikel tentang manfaat dan khasiat buah belimbing. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "23 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel