iklan bagian Header

26 Manfaat Anggur Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

26 manfaat anggur hitam bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, mengulik informasi kandungan nutrisi buah anggur hitam serta efek samping dan bahaya terlalu banyak mengkonsumsi buah anggur hitam.

Banyak yang bilang bahwa buah anggur adalah buahnya orang kaya karena harganya yang cukup mahal dan sulit di jangkau masayarakat kecil. Kelas buah ini berbeda dengan buah lain karena buah ini sudah populer sejak zaman dahulu dan buah ini dianggap sebagai buahnya para bangsawan. Jadi tak heran lagi harganya mahal kan?

Anggur Hitam

Ngomongin soal harga, anggur hitam memiliki harga lebih mahal di banding anggur merah dan anggur hijau. Ada Harga tentu ada rupa, dengan harga yang mahal anggur Hitam memiliki rasa yang lebih manis dibanding dengan jenis anggur lainnya. Anda tidak usah kecewa dengan harga yang relative mahal ini karena anda akan puas dengan rasanya. Jika memiliki banyak manfaat tidak ada salahnya kita membeli buah yang satu ini.

Dengan harga yang relative mahal ini tentu memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibanding jenis anggur lainnya. Untuk informasi lebih lengkap soal kandungan nutrisi dalam buah anggur hitam bisa dilihat dibawah ini. Baca Juga : Manfaat Anggur Merah Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Anggur Hitam

Warna buah yang gelap kehitaman membuat anggur ini dijuluki anggur Hitam. Perbadingan antara jenis anggur lainnya, anggur Hitam memiliki rasa lebih manis dan segar. Di Indonesia, anggur hitam terbilang sulit untuk ditemukan dan banyak peminatnya. Karena dua factor tersebut membuat harga buah anggur hitam ini lebih mahal dibanding jenis anggur lainnya.

Walaupun harga nya mahal, nutrisi didalamnya juga tidak main-mainloh, sesuailah dengan harga yang ditawarkan. Berikut adalah nutrisi yang terkandung dalam buah anggur hitam secara umum diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, C, E dan K. bukan hanya vitamin yang kompleks, anggur hitam  juga mengandung antioksidan, kalori, mineral dan kalium yang tinggi.

Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
Kandungan Nilai Gizi
Energi 288 kJ (69 kcal)
Karbohidrat 18.1 g
Gula 15.48 g
Serat Pangan 0.9 g
Lemak 0.16 g
Protein 0.72 g
Tiamina (Vit. B1) 0.069 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.07 mg (5%)
Niasin (Vit. B3) 0.188 mg (1%)
Asam Pantotenat (B5) 0.05 mg (1%)
Vitamin B6 0.086 mg (7%)
Folat (Vit. B9) 2 ?g (1%)
Vitamin B12 0 ?g (0%)
Vitamin C 10.8 mg (18%)
Vitamin K 22 ?g (21%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0.36 mg (3%)
Magnesium 7 mg (2%)
Mangan 0.071 mg (4%)
Fosfor 20 mg (3%)
Kalium 191 mg (4%)
Natrium 3.02 mg (0%)
Zink 0.07 mg (1%)
Carotine
Crypto-xanthin
*Sumber Data Nutrisi : USDA Food Composition Databases 

Selain itu anggur hitam memiliki kandungan resveratrol. Resveratol merupakan jenis antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bersumber dari penelitian yang telah dilakukan para ahli mengungkapkan bahwa resveratrol tersebut berfungsi mencegah tubuh dari serangan jantung. Resveratrol ternyata dapat melindungi arteri dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Manfaat lebih lanjut dari Anggur Hitam akan kita bahas dibawah ini.

Manfaat Anggur Hitam Untuk Kesehatan

1.  Mencegah Dehidrasi
Manfaat pertama buah anggur hitam adalah dapat mencegah dehidrasi pada tubuh.  Kadar air dalam anggur hitam bisa dibilang tinggi dan mampu mencegah kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh bisa membuat badan menjadi lemas, konsentrasi dan daya ingat berkurang bahkan bisa membuat pingsan.

2.  Anti Bakteri
Manfaat kedua dari anggur Hitam adalah meminimalisir bakteri jahat berkembang dalam tubuh. Bakteri jahat dalam tubuh dpat dicegah dengan kandungan antibakteri dalam anggur hitam. Senyawa antibakteri ini juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh perkembangan bakteri pada kulit.

3.  Menjaga Kesehatan Ginjal
Buah Anggur Hitam dapat menjaga kesehatan ginjal anda. Hal ini diperkuat setelah dilakukan penelitian oleh para ahli yang menyatakan bahwa ada senyawa yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal. Jika anda konsumsi anggur hitam secara teratur sesuai batas normal konsumsi dapat membuat membuat ginjal lebih sehat dan berfungsi dengan optimal.

4.  Mencegah Kanker
Kanker merupakan penyakit paling berbahaya dan masih sulit untuk di obati. Untuk itu kita bisa mencegah sejak dini dengan mengkosnumsi Anggur Hitam ini salah satunya. Anggur hitam dapat memperlambat perkembangan sel kanker dalam tubuh. Salah satu sel kanker yang dapat di cegah oleh anggur hitam ini adalah sel kanker payudara.

5.  Meminimalisir Gejala Asma
Asma dapat di minimalisir menggunakan buah anggur hitam. Bgai kalian yang punya penyakit asma dapat mengkonsumsi anggur hitam untuk mengurangi asma. Asma merupakan salah satu penyakit saluran pernafasan yang mempunyai  gelaja sesak nafas. Penyebab penyakit ini dapat disebabkan oleh banyak kemungkinan, mulai dari infeksi , lingkungan yang kotor dan lain sebagainya.

6.  Meredakan Migrain
Migrain atau yang lebih dikenal dengan sakit kepala sebelah ternyata dapat di redakan dengan bantuan buah anggur hitam. Sakit kepala membuat aktivitas dan hari-hari kita menjadi  terganggu akibat sakit yang ditimbulkan. Untuk meredakannya tidak harus melulu meminum obat, kamu bisa cara herbal dengan mengkonsumsi buah anggur hitam. Secara bernagsur-angsur sakit kepala kamu akan hilang.

7.  Meredakan Gejala Asam Urat
Asam urat adalah penyakit yang sangat menyakitkan dan biasanya menyerang bagian kaki atau sendi. Para penderita asam urat kebanyakan adalah orang yang sudah lanjut usia. Penderita asam urat tidak bisa memakan kacang-kacangan dan sayuran hijau terlalu banyak. Untuk anda yang sudah terkena asam urat atau yang belum  terkena asam urat, dapat mengkonsumsi  anggur hitam untuk meredakan dan mencegah terjadinya asam urat.

 8.  Melancarkan Pencernaan
Rata-rata buah-buahan memiliki serat yang tinggi, begitu pula buah anggur hitam. Dengan serat yang tinggi ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan seperti sembelit dan diare. Selain itu, kandungan air dalam anggur Anggur juga terbilang banyak sehingga sistem pencernaan dapat berfungsi secara optimal.

9.  Mengobati Wasir
Serat dan kandungan air dalam anggur juga bisa mengatasi wasir. Bertambah lagi deh manfaat anggur hitam dalam mengatasi pencernaan.

10.  Sebagai Antioksidan
Seperti jenis anggur lainnya, Anggur hitam juga memiliki senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini sangat baik menjaga kesehatan tubuh. Karena senyawa ini mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker dan penuaan dini.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Anggur Hijau Untuk Kesehatan

11.  Menyembuhkan Sariawan
Kalau lagi sariawan itu tandanya tubuh sedang kekurangan Vitamin C. Vitamin C juga terdapat dalam anggur Hitam. Dengan tingginya kandungan Vitamin C dlam anggur bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh anda, dan berangsur-angsur sariwan pun sembuh.

12.  Menjaga Daya Tahan Tubuh
Kombinasi vitamin C dan Antioksidan dalam anggur dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Daya tahan tubuh yang kuat dapat menghambat radikal bebas dan virus berbagai penyakit masuk kedalam tubuh. Itu berarti tubuh tetap terjaga dalam kondisi yang sehat.

13.  Menyehatkan Mata
Memiliki mata tetap sehat adalah idaman semua orang. Apalagi dizaman penuh teknologi saat ini sangat rentan membuat mata rusak akibat radiasi gadget. Untuk menjaga mata tetap sehat kamu bisa memanfaatkan khasiat dari buah anggur ini. Dalam Buah anggur hitam mengandung zeaxanthin, lutein dan karotenoid yang berfungsi untuk melindungi sel-sel mata agar tidak mudah rusak menjaga mata dari radikal bebas. For your information, karotenoid berkhasiat menjaga mata dari penyakit mata yang disebebkan penuaan usia.

14.  Menyegarkan Tubuh
Makan Anggur Hitam dingin atau jus anggur hitam bisa menyegarkan tubuh, apaliagi dikasih susu hmm..makin segar deh. Tubuh yang segar membuat stamina maikn bertambah dan aktivtas pun berjalan dengan lancar. Tinggi nya kalori dalam anggur hitam tidak membuat badan menjadi gemuk. Jadi tunggu apalagi yuk buat jus anggur hitam biar tubuh kembali segar.

15.  Memperlancar Peredaran Darah
Manfaat selanjutnya dari buah para bangsawan ini adalah dapat memperlancar peredaran darah. Lancarnya perdearan dalam darah bisa mengatasi anemia dan seluruh fungsi organ berjalan dengan lanca karena asupan oksigen dalam darah mengalir keseluruh penjuru tubuh dengan baik dan optimal.

16.  Mencegah Serangan Jantung
Serangan jantung merupakan sakit yang sangat parah, jika terlambat di tangani bisa menyebabkan kematian. Oksida nitrat dalam anggur berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Seperti manfaat sebelumnya bahwa anggur hitam dapat memperlancara peredaran darah itu juga membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah ke jantung sehingga jantung dapat bekerja dengan optimal.

17.  Mengurangi Kadar Gula Di Dalam Darah
Bagi para penderita diabetes tidak bisa mengkonsumsi makanan atau minuman masnis secara berlebihan karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Tapi sekarang kamu tetap bisa makan kamana manis seperti anggur hitam ini contohnya. Karena kadar gula dalam anggur hitam baik untuk penderita diabetes dan dapat mengurangi gula darah.

18.  Menjaga Kesehatan Kulit
Anggur Hitam juga bisa memanjakan kesehatan kulit dan mempercantik kulit. Vitamin dan mineral dalam anggur hitam mampu merawat kesehatan kulit. Bukan hanya merawat, anggur hitam juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga sel tersebut tidak menumpuk dan membuat kulit tetap sehat.

19.  Mencegah Insomnia
Susah tidur dimalam hari? Sudah melakuakan berbagai cara supaya tidur? Eitss. Jangan langsung cepat meminum obat tidur. Cobalah untuk mengkosnusmi anggur hitam. Karena dalam anggur hitam terdapat senyawa yang bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

20.  Mempercepat Penyembuhan Cidera Otot
Buat para atletis resiko cidera otot sangat memungkinkan terjadi. Karen latihan fisik yang kuat. Anggur hitam bisa dijadikan salah satu asupan untuk mempercepat peneyembuahan cidera otot. Buat anda yang juga punya aktivitas berat tidak ada salahnya mengkonsumsi buah ini untuk memperbaiki ceidera otot saat bekerja.

21.  Mencegah Kanker Kulit
Pada manfaat diatas sudah kita bahas bahwa anggur hitam dapat mencegah kanker, salah satunya kanker payudara. Nah kali ini anggur hitam juga dapat mengatasi dan mencegah terjadinya kanker kulit. Dengan bantuan zat resveratrol. Zat resveratrol berguna untuk melawan sel-sel kanker. Zat ini juga mampu menjaga dan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UVB pada Matahari.

 22.  Melindungi Tubuh Dari Radiasi
Ada banyak sekali radiasi di dunia ini seperti radiasi sinar UV, terapi radiasi, radia ponsel dan sebagainya. Radiasi dapat merusak kesehatan tubuh. Untuk menangkal radiasi kamu bisa mengkosnumsi anggur hitam. Untuk kalian yang ingin mencegah penyakit yang disebabkan oleh radiasi bisa mengonsumsi anggur hitam secara teratur. Karena  buah ini memang mampu melindungi tubuh dan juga kulit dari sinar radiasi berbahaya.

23.  Meningkatkan Daya Ingat
Perlu anda ketahui bahwa buah anggur hitam memiliki efek positif bagi perkembangan fungsi otak. Buah ini bermanfaat untuk mencegah adanya kerusakan oksidatif penyebab terjadinya radang otak dengan bantuan antioksidan.

Masih dalam hal peningkatan daya ingat, anggur hitam dapat mencegah ternjadinya penyakit Parkinson dan Alzheimer. Keda jenis penyakit ini dapat menurunkan daya ingat dan masalah kognitif yang sering dialami oleh para lanjut usia.

24.  Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Anggur Hitam sangat baik untuk anak-anak dan anak yang dalam masa pertumbuhan karena dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak. Membantu meningkatkan daya ingat otak. Jadi sangat baik buat kalian yang ingin punya daya ingat yang baik.

25.  Makanan Dengan Indeks Glikemik Rendah
Anggur Hitam ini termasuk dalam jenis makanan dengan indeks glikemik rendah. Maksudnya adalah gula yang terkandung dalam anggur dapat diserap tubuh dengan tingkat yang lambat. Sehingga kadar gula dalam darah tidak meningkat secara tiba-tiba.

Indeks glikemik yang rendah ini dikaitkan huga dengan insulin oleh para ilmuan. Insulin yang tinggi dapat mengontrol kadar gula dalam darah dengan lebih baik. Jadi anggur hitam aman buat para penderita diabetes.

 26.  Baik Untuk Kehamilan
Anggur hitam memiliki manfaat posistif bagi ibu hamil. Sebab dalam buah ini mampu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan bagi perkembangan janin. Salah satunya vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata janin.


Efek Samping Buah Anggur Hitam Bagi Kesehatan

Efek samping pada buah anggur hitam sebenarnya tidaklah ada. Namun efek tersebut akan muncul jika anda memakan buah anggur melebihi ambang normal atau bisa dibilang memakan buah anggur secara berlebihan. Mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan memang tidaklah baik bagi tubuh karena terlalu atau kelebihan vitamin dan nutrisi. Kelebihan nutrsi dan vitamin tidaklah baik. Karena akan menimbulkan beberapa masalah dan efek samping, berikut adalah beberapa efek samping jika memamkan anggur secara berlebihan: Baca Juga : Efek Samping Memakan Buah Apel Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Menyebabkan Alergi
  2. Kelebihan Karbohidrat
  3. Gangguan Pencernaan
  4. Perut bisa Kembung
  5. Menyebabkan Muntah
  6. sakit kepala
  7. gatal dan kulit kepala kering
  8. pusing
  9. mual
  10. sakit perut
  11. sakit tenggorokan
  12. batuk

Mungkin sekian informasi mengenai manfaat/khasiat buah anggur hitam, kandungan nutrisi serta efek sampaing yang ditimbulkan jika memakan buah anggur hitam secara berlebihan. Konsumsilah anggur sesuai kebutuhan tubuh anda supaya menjadi manfaat bagi tubuh dan jangan mengkonsumsi anggur secara berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan berdampak buruk bagi kesehatan kantong juga, soalnya mahal heheh..

Semoga artikel 26 Manfaat Anggur Hitam Bagi Kesehatan Tubuh bermanfaat untuk kesehatan kita semua dan menambah wawasan tentang hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

0 Response to "26 Manfaat Anggur Hitam Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel