iklan bagian Header

21 Manfaat Pisang Merah Bagi Kesehatan

Tak hanya warna nya yang unik dan menarik buah pisang merah memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat pisang merah bagi kesehatan seluruh tubuh anda.

Manfaat Pisang Merah Bagi Kesehatan Seluruh Tubuh Dari Kecil Sampai Besar

Mungkin sebagian besar masyarakat belum tahu tentang pisang merah. Karena pada umumnya yang banyak dijual di pasaran dan diketahui banyak orang adalah pisang yang berwarna kuning atau kehijauan.  Tapi anda harus tahu bahwa ada buah pisang yang berwarna merah dan disebut dengan pisang merah.

Iklim tropis dan tanah yang subur merupakan tempat yang cocok untuk menanam buah pisang merah. Bentuk pisang merah sendiri bermacam-macam yang menjadi ciri khasnya terletak pada warna merah nya saja. Pisang merah aman untuk dikonsumsi dan memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah, hal ini di buktikan oleh para peneliti bahwa pisang merah memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah kalori, kalium, vitamin C, Vitamin B6, Sumber Energi, folat, vitamin A, magnesium, riboflavin dan mangan. Nutrisi ini baik untuk semua orang dari bayi sampai manula. Baca Juga : Manfaat Mengkonsumsi Pisang Secara Rutin Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Pisang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Asam Lambung
Asam lambung yang naik bisa menimbulkan rasa sakit pada perut. Anda bisa menurunkan kadar asam pada lambung dengan mengkonsumsi buah pisang merah. Sebab terkandung sifat anti acid yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung.

2. Mencegah Batu Ginjal
Zat besi yang tidak terserap oleh tubuh dan mengendap di ginjal bisa menyebabkan pengkristalan urine menjadi batu ginjal. Untuk mencegah hal ini anda bisa mengkonsumsi 1 buah pisang merah per hari untuk memperlancar dan mencair kan urine sehingga anda terlindungi dari batu ginjal.

3. Sumber energi
Tubuh kita memerlukan asupan karbohidrat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sebab karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh, kekurangan energi bisa menyebabkan tubuh anda menjadi lemas dan kurang bersemangat. Pisang merah memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan sumber energi yang instan. Jadi pisang merah cocok di makan sebelum ber aktivitas seharian penuh. Pisang merah juga bisa dijadikan pengganti menu sarapan pagi anda. Selain itu mengkonsumsi pisang merah bisa membuat anda kenyang lebih lama berkat kandungan serat yang tinggi pada buah ini dan ini kabar baik bagi yang sedang diet.

4. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah
Kekurangan sel darah merah atau anemia bisa mengakibatkan anda terkena 5L yakni lemas, letih, lelah, lesu, dan lunglai. Untuk mencegah dan meningkatkan produksi sel darah merah dan kadar oksigen dalam darah (hemoglobin) bisa mengkonsumsi 1 buah pisang merah per hari. Sebab ada kandungan vitamin B6 yang membantu memproduksi hemoglobin yang bertugas sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh.

5. Menurunkan Tekanan Darah
Seperti buah pisang pada umumnya, pisang merah juga mempunyai kandungan kalium yang merupakan zat mineral dan elektrolit penting yang berfungsi membuat tubuh tetap seimbang dan berguna menurunkan tekanan darah menjadi lebih stabil.

6. Menyehatkan Kandungan Ibu Hamil
Bagi para ibu hamil sangat dianjurkan oleh para dokter untuk mengkonsumsi buah pisang. Karena ada banyak sekali manfaat pisang bagi ibu hamil. Pisang merupakan sumber asam folat yang baik bagi ibu hamil karena berfungsi untuk menjaga kesehatan janin dari kerusakan otak dan kerusakan sum-sum tulang belakang. Buah pisang merah juga membantu pertumbuhan sel-sel pada bayi dan sifat nya yang lembut mudah diserap oleh janin.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pisang Ambon dan Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan

7. Meringankan Asma
Pisang Merah memang bukan obat yang dapat menghilangkan penyakit asma secara menyeluruh, tetapi pisang merah dapat meringankan asma saat sedang kambuh. Untuk meringankan asma anda bisa rutin mengkonsumsi 1 buah pisang per hari agar asma tidak sering kambuh.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Mata merupakan alat indra yang sangat vital, dengan mata kita bisa melihat seluruh isi dunia ini dengan jelas dan beraktivitas dengan lues. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan mata agar tidak terjadi penurunan fungsi mata dikala usia sudah tua. Salah satu cara yang bisa ditempuh sejak dini adalah dengan mengkonsumsi 1 buah pisang merah per hari. Selain kaya akan kandungan nutrisi lainnya, pisang merah juga kaya akan kandungan vitamin A yang dapat memberikan nutrisi kepada mata sehingga mata tetap sehat, mempertajam penglihatan dan mencegah dari rabun.

9. Meringankan Depresi
Depresi atau stress dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah pikiran dan pekerjaan. Untuk mencegah dan meringankan depresi, anda bisa konsumsi buah pisang merah saat sedang depresi karena terdapat senyawa yang membuat tubuh menjadi rileks dan pikiran pun tenang. Sehingga depresi anda akan berangsur menghilang.

10. Menyehatkan Gigi dan Tulang
Manfaat lain pisang merah adalah dapat membantu menyehatkan gigi dan tulang. Pisang merah mempunyai kandungan kalsium yang tinggi, kalsium sangat baik bagi kesehatan gigi dan tulang sehingga gigi dan tulang terhindar dari kerusakan seperti keropos, osteoporosis, dan penyakit tulang lainnya.

11. Melawan Keinginan Merokok
Bagi para pencandu rokok memang sangat lah sulit untuk berhenti. Butuh tekad dan keyakinan serta konsistensi yang kuat untuk berhenti merokok. Sudah mencoba untuk berhenti namun masih terasa sulit? Cobalah untuk mengganti rokok dengan pisang merah, anda bisa konsumsi pisang merah 1 buah per hari. Dengan bantuan vitamin C, magnesium dan kalium pada pisang merah akan membantu mengurangi keinginan anda untuk merokok atau kecanduan nikotin pada rokok.

12. Menyehatkan Kulit
Betakaroten pada buah pisang merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Betakaroten yang masuk kedalam tubuh akan diolah menjadi Vitamin A yang berperan penting menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit kering, kerutan dan juga kusam.

Baca Juga : Manfaat Pisang Raja Bila Rutin Dikonsumsi Setiap Hari

13. Menghambat Penuaan Dini
Selain menyehatkan kulit, manfaat selanjutnya dari pisang merah yakni dapat menghambat penuaan dini. Adanya kandungan vitamin C dan Vitamin B6 membantu kulit menjadi lebih kencang dan juga lebih halus. Antioksidan pada pisang merah juga dapat menghambat terjadinya penuaan dini dan membuat anda selalu kelihatan muda.

14. Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil
Pada masa-masa kehamilan sering sekali terjadi mual, muntah, lemas dan juga pusing dan ini merupakan hal yang normal. Untuk mengurangi intensitas mual dan muntah, anda bisa mengkonsumsi buah pisang merah di pagi atau sore hari.

15. Mengatasi Diare Ibu Hamil
Diare sering terjadi pada ibu hamil pada masa awal kehamilan hal ini menyebabkan rasa sakit di sekitar area perut. Untuk mencegah dan mengurangi diare ini anda bisa mengkonsumsi 2 buah pisang merah per hari. Serat dan kalium pada pisang merah akan membantu mengatasi diare tersebut. Manfaat tambahan dari rutin mengkonsumsi pisang merah bisa mencegah bayi lahir secara prematur atau cacat.

Mengkonsumsi satu atau dua buah pisang merah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan melindungi diri dari berbagai penyakit serta memberikan manfaat kecantikan juga. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mengkonsumsi pisang merah secara rutin setiap harinya. Jangan pula sampai berlebihan karena akan berdampak buruk juga bagi kesehatan.

Kami ingatkan kembali bagi anda yang punya masalah dengan pisang atau sedang mengkonsumsi obat tertentu ada baiknya sebelum mengkonsumsi pisang merah di konsultasi kan kepada dokter agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini menambah wawasan anda dan memberikan manfaat bagi kita semua.

0 Response to "21 Manfaat Pisang Merah Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel