iklan bagian Header

Manfaat Pisang Rebus Bagi Kesehatan Tubuh Enak dan Sehat

Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan - Buah pisang merupakan buah yang bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan dari campuran minuman, pisang goreng, keripik, godok, pisang rebus dan masih banyak kreasi olahan dari bahan dasar pisang.

Manfaat Pisang Rebus Bagi Kesehatan Tubuh Enak dan Sehat

Kali ini kita akan membahas dan mengupas manfaat dari pisang rebus. Pisang rebus adalah olahan sederhana dari pisang yang tinggal direbus. Walaupun Cuma direbus rasanya tidak kalah nikmat dengan olahan lainnya.

Mungkin tidak semua pisang akan menjadi nikmat jika direbus, salah satu pisang yang nikmat dan enak di rebus adalah pisang batu karena teksturnya yang padat dan berisi ketika direbus. Makanya pisang ini sering di jadikan bahan campuran kolding atau kolak.

Pisang rebus banyak dijumpai di daerah sumatera barat dan dijadikan jajanan kuliner dan mungkin ada di daerah yang bercuaca dingin lainnya. Karena enak di makan hangat-hangat pas cuaca dingin. Baca Juga : Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan dan Kandungan Nutrisi buah Pisang

Manfaat Pisang Rebus Bagi Kesehatan

Selain nikmat pisang rebus ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi nya juga tidak hilang ketika direbus. Lalu apa saja manfaat pisang rebus bagi kesehatan? Berikut adalah beberapa manfaat pisang rebus yang wajib kamu ketahui untuk kesehatan anda Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan.

1. Melancarkan Peredaran Darah
Aliran darah yang tersumbat atau tidak lancar bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti stroke. Agar peredaran darah anda kembali lancar dan stabil, cobalah untuk mengkonsumsi pisang rebus. Dengan adanya kandungan kalium ini membantu untuk menstabilkan peredaran darah sehingga aliran darah keseluruh tubuh kembali normal.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Memiliki mata yang sehat dan terjaga sampai tua adalah keinginan semua orang. Berbagai cara di lakukan semua orang untuk menjaga kesehatan mata salah satunya yang paling terkenal adalah buah wortel. Bukan hanya wortel yang punya kandungan vitamin A, pisang rebus juga kaya akan kandungan vitamin A sehingga baik bagi kesehatan mata. Dengan begitu kamu akan terjaga dari penyakit mata dan kerusakan mata akibat usia yang sudah lanjut.

3. Menormalkan Fungsi Jantung
Jantung merupakan organ vital yang berfungsi memompa darah keseluruh tubuh, jika baik kerjanya baik pula tubuh kita dan sebaliknya. Pisang rebus ternyata dapat menormalkan fungsi jantung dengan bantuan nutrisi dan senyawa yang ada pada pisang rebus.  Dengan begitu jantung bisa memompa darah dengan baik keseluruh tubuh dan semua bagian tubuh dapat suplay darah secara merata.

4. Memperlancar Pencernaan
Pisang terkenal dengan manfaatnya yang baik bagi kesehatan sistem pencernaan, selain tekstur buah yang lembut dan mudah di cerna oleh sistem pencernaan. Buah pisang memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan dalam membuang ampas-ampas kotoran di dalam usus. Sehingga sistem pencernaan tetap terjaga sehat. Walaupun di rebus manfaat nya tetap sama.

5. Mencegah Hipertensi
Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang di sebabkan tekanan darah tidak dalam keadaan normal. Untuk mengembalikan dan mencegah hipertensi bisa juga dengan mengkonsumsi pisang rebus. Selain nikmat, tekanan darah anda kembali normal dan terhindar dari hipertensi.

6. Mencegah Terjadinya Sembelit Dan Diare
Selain baik bagi saluran pencernaan, pisang rebus juga bermanfaat mencegah terjadinya sembelit atau diare. Sembelit dan diare membuat perut terasa sakit dan bikin kita bolak-balik kamar mandi serta bisa menyebabkan kekurangan cairan akibat buang air besar terus-terusan sehingga membuat badan jadi lemas. Ketika diare menyerang cobalah makan pisang rebus atau bisa sebelum terkena, sebab lebih baik di cegah daripada di obati.

Baca Juga : Manfaat Pisang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

7. Membantu Dalam Mengatasi Stress
Stress bisa disebabkan oleh terlalu banyak pikiran. Ketika stress melanda anda cobalah untuk mengkonsumsi pisang rebus karena ada kandungan senyawa pektin dan kalium yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan stress. Secara perlahan stress anda akan berangsur-angsur hilang.

8. Mengatasi Penyakit Maag
Sakit maag merupakan penyakit yang disebabkan penipisan dinding lambung akibat asam lambung yang tinggi. Rasa sakit yang ditimbulkan ketika maag kambuh sangatlah sakit. Untuk mengatasi maag ini kamu bisa mengkonsumsi pisang rebus.

9. Baik Untuk Kesehatan Ginjal
Pisang rebus yang nikmat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dengan bantuan kandungan nutrisi yang ada dalam pisang rebus.  Ginjal yang sehat akan mengeluarkan urine dengan baik dan mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Dengan begitu tubuh tetap sehat.

10. Baik Untuk Kesehatan Tulang
Mempunyai tulang yang sehat membuat kita dapat bergerak dengan bebas, karena tulang merupakan penopang seluruh organ tubuh.  Supaya tulang kuat dan sehat ada baiknya mengkonsumsi pisang rebus karena ada kandungan kalsium yang baik bagi kesehatan tulang tentunya.

11. Bermanfaat Untuk Meningkatkan Energi
Energi di dalam tubuh di dapatkan dari proses perubahan karbohidrat menjadi energi. Pisang rebus merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh sebagai pengganti nasi dan bisa sebagai penunda lapar dan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Cadangan energi yang banyak bisa membuat kita kuat beraktivitas seharian.

Baca Juga : Manfaat Rutin Mengkonsumsi Pisang Raja Bagi Kesehatan Tubuh

12. Bermanfaat Untuk Mengontrol Tekanan Darah
Seperti yang sudah kita bahas di point 1 dan 5 bahwa pisang rebus bermanfaat bagi peredaran darah. Kali ini pisang rebus bermanfaat sebagai pengontrol tekanan darah agar tetap normal. Tekanan darah yang terkontrol akan mencegah dari terkena hipertensi atau anemia dan penyakit akibat tekanan darah lainnya.

13. Tinggi Akan Kalium
Pisang rebus yang nikmat dan mengenyangkan ini ternyata memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Kalium di percaya bermanfaat untuk pembentukan sel-sel dalam tubuh, selain itu kalium juga berperan penting untuk mencegah stroke dan menjaga kadar gula dalam darah.

Mengkonsumsi pisang rebus selain mengenyangkan juga mendapat bonus tambahan bagi kesehatan tubuh yang salah satunya mengontrol tekanan darah dan manfaat lainnya. Jika sudah bosan dengan konsumsi pisang yang langsung di makan, tak ada salahnya kamu coba variasikan dengan merebus nya. Pisang rebus paling enak di konsumsi ketika cuaca dingin tapi kamu bisa juga mencampur nya dengan minuman kolak dingin.

Kami ingatkan kembali, jangan mengkonsumsi pisang rebus secara berlebihan karena dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Konsultasikan juga kepada dokter jika anda punya masalah dengan pisang atau sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan menambah wawasan kita seputar manfaat pisang rebus.

0 Response to "Manfaat Pisang Rebus Bagi Kesehatan Tubuh Enak dan Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel