iklan bagian Header

Boostnote Aplikasi Open Source Bagi Programmer dan Web Developer

Boostnote merupakan sebuah aplikasi open source (bebas) yang dirancang untuk para programmer dan juga web developer dalam menuliskan script koding, aplikasi ini sudah di gunakan lebih dari 190 negara. Walaupun aplikasi ini open source bukan berarti hanya bisa berjalan di linux, tapi boostnote juga tersedia untuk pengguna windows, iOS, Android dan macOS. Selain itu boostnote juga dapat memberikan pratinjau secara langsung dari kode yang sudah dituliskan. Boostnote di buat dan dibangun dengan electron dan bisa bekerja secara offline.

Boostnote Aplikasi Open Source Bagi Programmer dan Web Developer

Sebagai programmer, kita biasanya membuat beberapa catatan pada potongan koding yang menarik, kode perintah yang sering digunakan, beberapa coretan tentang proyek atau bug yang sedang anda kerjakan. Semuanya akan menjadi lebih mudah jika diatur dalam satu halaman. Dengan cara ini, anda dapat menemukan dimana informasi yang anda cari.

Baca Juga : Software Mahal Ini Gratis Bagi Para Pelajar

Sebagian besar programmer di luar negeri menggunakan Microsoft One Note yang memungkinkan anda dapat mengatur catatan dalam bentuk halaman dan bab. Boostnote adalah alternative dari Microsoft onenote di linux. Walaupun tidak sepenuhnya mirip dengan onenote, tapi kita bisa melihat fitur dan keunggulan dari boosnote.

Fitur Boostnote dan Keunggulan Boostnote


Boostnote dibuat dan dibangun menggunakan electron. Dan masih dalam proses pengembangan yang memungkinkan untuk menambahkan fitur-fitur baru di kemudian hari. Sampai saat ini, boostnote memiliki beberapa fitur dan keunggulan sebagai berikut:

  • Catatan bisa diambil sebagai markdown atau di dalam format potongan sintak kode.
  • Syntax highlight (sorotan sintaks)
  • Bisa menandai catatan
  • Fungsi pencarian
  • Dapat mengelompokkan catatan di dalam satu folder
  • Dukungan hotkey
  • Pilihan Tema yang banyak dari yang gelap sampai terang dan sangat ringan
  • Dapat berjalan di berbagai platform, linux, windows, macOS, Android dan iOS.
  • Tidak ada sinkronisasi ke cloud
  • Catatan dapat di ekspor dalam format .txt atau .md


Cara Install Boostnote di Windows dan MacOs


1. Untuk windows dan macos, pilihlah instalan sesuai format platform masing-masing. Anda bisa download file instalan boostnote dengan link berikut : Download Boostnote
2. Jika sudah di download, extract file tersebut
3. Double klik pada instalan, maka akan muncul proses instalasi. Kamu cukup tunggu sampai selesai tanpa konfigurasi lagi.
4. Selesai.

Cara Install Boostnote di Ubuntu dan Distribusi linux lainnya


Untuk linux, boostnote menyediakan paket DEB untuk distribusi linux yang berbasis debian / Ubuntu seperti linux mint, SD OS dll. Perlu anda ketahui bahwa boostnote hanya tersedia untuk sistem 64bit saja. Anda bisa download file instalan dari link berikut ini : Download Boostnote

Untuk Pengguna Arch linux, boostnote tersedia dari AUR.

Cara Menggunakan Boostnote


Pertama kali, boostnote meminta anda untuk menentukan lokasi penyimpanan. Penyimpanan ini adalah tempat dimana semua catatan akan disimpan. Anda bisa membuat beberapa penyimapanan yang memungkinkan anda menyimpan berbagai jenis file di lokasi yang berbeda.

Define the location of notes storage at first run

Anda bisa menggunakan ctrl+N untuk membuat catatan baru. anda juga bisa menggunakan opsi GUI untuk hal yang sama. Ketika anda mencoba membuat catatan baru, anda disuruh untuk memilih jenis catatan:

Memilih Type atau jenis catatan

Jika anda sudah familiar dengan markdown, anda bisa menggunakan sintak untuk membuat teks mahal seperti ini:

Markdown formatted text in Boostnote

Jika tidak, anda juga dapat membuat catatan dalam teks biasa. Anda bisa membuat folder untuk mengelompokkan catatan anda dan menandai catatan favorit agar dapat di akses dengan cepat dari panel sebelah kiri.

Baca Juga : Pengertian PhpStrom & Cara Install PhpStrom 2017.3

Untuk cuplikan atau pratinjau, anda harus menyimpan file dengan ekstensi yang sesuai agar dapat penyorotan sintaks atau syntax high lighting.

Anda benar-benar bisa dapat menyimpan beberapa file potongan kode kedalam satu file snippet. Pada contoh dibawah ini, saya memiliki satu catatan snipet yang di sebut “contoh c++” dan memiliki dua program c++ didalamnya.

Syntax highlight in snippet mode in Boostnote

Jika anda tidak suka dengan User Interface dan tema standar dari boostnote, anda bisa mengubahnya dari menu pengaturan. Anda juga dapat mengganti jenis font, ukuran font. Selain itu anda juga bisa membuat tombol pintasan sesuai yang anda inginkan.

UI dan tema editor merubah tema boostnote

Secara default catatan akan disimpan dalam format file boostnote. Anda tidak bisa menyalin file dari direktori penyimpanan secara langsung. Anda bisa menggunakan fitur ekspor untuk menyimpan boostnote anda dalam format teks biasa.

Satu hal yang kurang saya sukai adalah tidak mendukung fitur drag and drop. Jika anda harus memindahkan catatan ke direktori lain, anda harus menggunakan klik kanan pada nama folder pada bagian atas. Walaupun bukan masalah besar, tapi saya lebih suka kalau boostnote mendukung fitur drag and drop untuk memindahkan folder.

Tidak Mendukung Fitur drag dan drop untuk pemindahan file

Tidak seperti OneNote, boostnote tidak mendukung gambar. Jadi anda tidak bisa menyimpan screenshot sebagai bagian dari catatan anda. Ini adalah salah satu fitur yang saya harapkan ada di boostnote yang akan datang.


Kesimpulan


Boostnote adalah sebuah konsep baru. sebagian besar aplikasi mencatat tidak hanya berfokus pada pemrograman sehingga boostnote mencoba membuat tempat untuk dirinya sendiri.
Boostnote bukan aplikasi yang berat dan dapat mencatat dengan cepat dan memungkinkan anda mengaturnya lebih baik. Akan lebih baik ada pilihan sinkronisasi dengan membuat area penyimpanan di dalam folder dropbox.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Display Brightness Tidak Berfungsi Pada Windows 10 / 8 / 7

Secara keseluruhan, boostnote merupakan perangkat lunak open source yang sangat bagus yang mungkin tidak sesuai untuk semua orang, tapi ini sangat berguna bagi para programmer.

Cobalah menggunakan boostnote dan lihat apakah boostnote dapat memenuhi kebutuhan anda. Jangan lupa untuk berbagi pengelaman anda dengan boostnote dengan menuliskan di bagian komentar dibawah ini.

0 Response to "Boostnote Aplikasi Open Source Bagi Programmer dan Web Developer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel