iklan bagian Header

Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog atau Website

Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog atau Website – Sebelum anda membuat halaman disclaimer pada blog atau webiste anda, ada baiknya anda tahu dulu apa itu disclaimer dan apa fungsi nya pada blog anda agar tidak sembarang buat. Karena tidak semua blog dan website harus memiliki halaman disclaimer.

Cara Instan Membuat Disclaimer Untuk Blog atau Website

Disclaimer merupakan sebuah halaman pendukung yang berisi pernyataan bahwa segala sesuatu yang dimuat di dalam blog atau web tersebut hanya berisi informasi semata dan pemilik atau pengurus blog tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan informasi yang dimuat di dalamnya. Disclaimer lebih semacam peringatan dari pemilik blog. Disclimer digunakan untuk melindungi si pemilik blog atau web atas isi di dalam blog tersebut. Pembaca akan dianggap otomatis menerima syarat dan ketentuan dari blog atau web tersebut.

Jika seperti itu, akan timbul pertanyaan “apakah legal disclaimer digunakan sebagai jalan keluar apabila ada pelanggaran yang terjadi pada hal-hal yang di formulasikan terms & conditions serta privacy policy pada sebuah website? Lalu, dimanakah posisi legalitas sebuah disclaimer dalam Undang-Undang Informasi Teknologi dan Elektronik (UU ITE) ?

Berdasarkan pencarian yang saya lakukan, saya menemukan jawaban dari Graham J.H.Smith pada bukunya yang berjudul “ internet Law and Regulation “  menyatakan bahwa “pada dasarnya disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan memberikan perlindungan bagi si pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer”.

Baca Juga : Cara Instan Membuat Privacy Policy Untuk Blog

Tapi berbeda dengan negara kita Indonesia, pencantuman disclaimer pada blog atau situs tidak dapat membebaskan tanggung jawab hukum bagi si pemilik atau pengurus blog. Hal ini tertera dalam UU ITE yang berlaku di negara Indonesia. Terlepas dari itu semua, tidak ada salahnya anda membuat halaman ini pada blog anda sebagai antisipasi di kemudian hari.

Jika anda membuat blog hanya untuk curhatan dan untuk blog pribadi tanpa ada niat monitize atau di bisniskan, maka anda tidak harus membuat halaman disclaimer. Disclaimer dibuat jika anda punya niat untuk tujuan komersial atau menghasilkan uang maka ini hal yang sangat dibutuhkan. Apalagi kalau anda berniat untuk mendaftarkan nya pada google adsense.

Hal yang dibutuhkan untuk mendaftar google adsense selain privacy policy, contac, sitemap adalah disclaimer. Hal ini agar blog anda lebih terlihat profesional. Kalau hanya sekedar blog, privacy dan kontak sudah mewakili semua halaman pendukung . tapi biar semakin bagus dan lebih profesional di mata google tidak ada salahnya anda melengkapi dan memasukkan semua halaman pendukung pada blog anda.

Cara Mudah Membuat Disclaimer untuk Blog dengan Privacy policy Online


Lantas bagaimana cara membuat halaman disclaimer? Sebenarnya disclaimer bisa saja anda tulis sendiri dengan cara dan gaya bahasa anda. Tetapi jika anda tidak ingin ribet dan ingin kelihatan lebih profesional. Anda bisa menggunakan layanan situs pembuat disclaimer secara otomatis dan instan. Salah satu situs pembuat disclaimer terbaik yang banyak digunkan oleh para blogger adalah situs privacy policy online. Walau namnya privacy policy, situs ini tidak hanya membuat privacy policy tetapi bebrapa halaman pendukung lainnya seperti Term of service dan Disclimer juga bisa dibuat disini. Bagaimana cara membuatnya? Berikut cara membuat disclaimer untuk blog. Sebelum nya anda membutuhkan halaman contact us untuk membuat disclaimer.

Baca Juga : Cara Membuat Contact Us Keren Untuk Blog atau Webiste

1. Silahkan buka situs Privacy Policy Online di http://www.privacypolicyonline.com/
2. Kemudian anda klik link/menu “ Disclaimer Generator “ pada bagian header situs.

Disclaimer Generator

3. Halaman berikutnya anda disuruh mengisi form yang sudah disediakan :

  • Your Site Title : Tulis nama blog atau website Anda
  • Your Site URL : Alamat blog Anda
  • Contact Link : Laman contact us Anda
  • Email Address : Email untuk menghubungi Anda.
  • Email Encryption: Ada tiga pilihan, mau tidak pakai Encryption, HTML atau JavaScript. Saran pilih “No Encryption”.
  • Jika semua sudah di isi dan sudah dirasa benar klik tombol “ Generate Disclaimer “.

Disclaimer Generator

4. Sekarang disclaimer anda sudah selesai dibuat. Kemudian anda copy untuk dipasang di blog.

Disclaimer Generator

5. Buka kembali dashboard blogger anda, pilih menu “halaman” > “halaman baru”.

Dashboard Blogger

6. Isikan judul halaman dengan “disclaimer”. Lalu klik tab “HTML” dan “paste-kan” disclaimer yang sudah anda copy tadi. Klik Publikasikan untuk mempublish halaman disclaimer anda.

Dashboard Blogger

Sekarang halaman discalimer anda sudah online dan sudah bisa di lihat oleh semua orang. Dan webiste atau blog anda bisa kelihatan lebih profesional dan sudah siap di daftarkan adsense. Serta halaman ini bisa melindungi anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Baca Juga : Cara Membuat Terms Of Service Untuk Blog atau Web

Jika artikel ini memberikan manfaat dan membantu anda, jangan lupa kasih like, komen, dan share sebagai tanda kepedulian anda kepada blog ini karena sharing is caring. Jika anda masih bingung, jangan sungkan-sungkan bertanya kepada kami dengan berkomentar di bawah ini. Terimakasih.

1 Response to "Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog atau Website"

  1. terimakasi cara sangat membantu banget kebetulan ane masi pemula...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel