iklan bagian Header

Cara Mengganti Domain .Blogspot dengan Domain TLD

Cara Mengganti Domain .Blogspot dengan Domain TLD - Kenapa kita harus mengganti domain .blogspot dengan domain TLD? Apakah salah? Sebenarnya tidak masalah anda menggunakan sub domain tersebut hanya saja, punya blog dengan domain sendiri akan terlihat lebih professional dan mudah diingat, hal ini sangat diinginkan para blogger. Selain hal diatas domain TLD juga disukai oleh google adsense.

Cara Mengganti Domain .Blogspot dengan Domain TLD

Anda bisa memiliki website dan blog professional tanpa memesan hosting dengan memanfaatkan fitur custom domain yang ada di blogspot. Dengan begitu anda bisa menghemat pengeluaran untuk biaya hosting dengan memanfaatkan platform dari google ini.

Pembahasan ini akan saya jelaskan secara rinci cara mengganti domain .blogspot dengan domain sendiri atau yang lebih dikenal custom domain di Blogger. Sebelum itu anda bisa membeli domainnya terlebih dahulu di Niagahoster, karena pada tutorial ini saya menggunakan domain yang saya beli dari niagahoster.

Baca Juga : Cara membeli domain di Niagahoster, Tempat Beli Domain dan Hosting Terbaik

Cara Mengganti Domain di Blogger


Setelah domain aktif dan bisa sudah bisa digunakan, sekarang saatnya anda menghubungkan domain tersebut ke blogger agar blog anda bisa segera online dengan domain anda yang baru. sebenarnya cara custom domain di blogger hampir sama, yang membedakan hanya penyedia domain saja.  Berikut cara yang bisa anda lakukan:

1. Masuk ke dashboard blogger anda.
2. Pilih Menu Setelan (Settings) > Dasar (Basic). Kemudian pilih “ +Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda ” yang ada dibawah domain anda saat ini.

3. Pada kolom siapkan domain pihak ketiga, masukkan domain yang anda beli tadi. Jangan lupa gunakan www. Setelah itu pilih simpan atau save untuk melanjutkan.

4. Jika muncul pesan error di bagian bawah kolom isian domain, anda tidak usah khawatir karena ini hal yang biasa. Cukup anda abaikan dulu. Yang harus anda lakukan adalah mencatat 2 DNS record dibawah atau Cname 1 dan Cname 2 nya.

5.Sekarang anda buka dan masuk ke akun member niagahoster. Jika sudah masuk ke dashboard member, pilih menu hosting dan domain > pilih domain yang akan di konfigurasikan > pilih tombol kelola.

6. Selanjutnya pilih tab “DNS Management” > kemudian klik tombolcustom Blogspot

7. Copy data DNS Record (cname1 dan cname 2) dari blogspot tadi yang sudah di jelaskan pada langkah ke 4. Masukkan Data dari Cname 2 pada kolom domain dan value. Jika sudah benar klik tombol save.

8. Kembali ke dashboard blogger tadi, klik tombol simpan. Bila ada pesan error jangan khawatir. Tunggu beberapa jam sampai pores pointing atau pencocokan domain selesai.

9. Setelah semua proses diatas di ikuti, seharusnya tampilannya akan seperti ini

10. Agar domain nya bisa di akses tanpa www. Tekan tombol “edit” di samping domain. Kemudian centang text box “Alihkan redaksiweb.com ke www.redaksiweb.com”  . klik tombol simpan sebagai tanda semua sudah selesai.

Yang anda lakukan selanjutnya hanya menunggu waktu 1x24 jam sampai proses waktu pointing dan pencocokan domain dengan IP agar bisa di akses. Lama proses pointing tergantung wilayah masing-masing . jika anda menemukan kendala dalam proses ini jangan segan-segan untuk menghubungi TIM dari penyedia jasa domain dan hosting anda. Kalau di niagahoster anda bisa gunakan fitur live chat dan anda akan dibantu oleh tenaga yang berpengalaman sampai selesai.

Setelah semua selesai sekarang anda bisa mengkases blog anda dengan domain anda sendiri dan sekarang anda bisa mulai menulis dan ngeblog dengan maksimal. Semoga artikel ini membantu anda dan bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Cara Mengganti Domain .Blogspot dengan Domain TLD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel