iklan bagian Header

Cara Mudah Membuat Contact Us Keren Untuk Blog

Cara Mudah Membuat Contact Us Keren Untuk Blog – Contact us, Form Kontak, Kontak Kami, Hubungi Kami, dan masih banyak kalimat lainnya yang digunakan di setiap blog atau web, namun pada umumnya semua itu sama saja. Tergantung selera masing-masing mau pilih yang mana. Sebelum membahas lebih jauh ada baiknya kita mengetahui apa itu contact us dan fungsinya.

Cara Mudah Membuat Contact Us Keren Untuk Blog

Pengertian Contact Us dan Fungsinya


Contact Us atau dalam bahasa Indonesia nya kontak kami merupakan sebuah halaman yang berisi form sebagai tempat menyampaikan pesan, kritik, pujian, opini, ide dan gagasan atau menghubungi admin secara langsung atau pribadi. Contact us juga berguna untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pada blog atau web.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog

Contact us juga menjadi salah satu halaman pendukung pada blog yang wajib ada jika anda mau mendaftarkan blog anda pada google adsense. Jika anda tidak melengkapi blog anda dengan halaman ini maka siap-siap anda ditolak dengan isi pesan “ navigasi tidak benar “ karena halaman ini termasuk kedalam navigasi. Makanya kalian sering melihat halaman kontak ini pada menu. Selain itu contact us juga perlu untuk membuat halaman privacy policy, disclaimer dan TOS.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog

Keuntungan menggunakan Contact Us pada Blog atau Web


  • Pengunjung bisa bertanya, menyampaikan pesan, kritik, pujian, opini, ide dan gagasan kepada admin secara pribadi dan privasi. 
  • Membuat blog atau web semakin ramai dikunjungi, karena jika anda menjwab dan melayani mereka pasti mereka tidak akan sungkan untuk datang kembali ke blog anda. Karena anda sudah ramah kepada pengunjung.
  • Bisa disetujui atau di Approved google adsesne, karena merupakan komponen penting pada blog.

Kekurangan menggunakan Contact Us pada Blog atau Web


Ternyata ada juga kekurangan menggunakan kontak seperti ini, yaitu disalah gunakan oleh pengunjung yang iseng dan tidak bertanggung jawab dengan mengirim pesan yang tidak penting atau tidak ada hubungannya dengan blog. tapi hal seperti ini sudah biasa, anda tidak usah memikirkannya, cukup skip atau abaikan pesan tersebut.

Cara Membuat Contact Us Keren di Blog


Ada dua cara membuat halaman kontak, anda bisa membuatnya sendiri dengan script atau kodingan jika anda paham dengan HTML. Cara kedua, anda bisa membuatnya dengan bantuan situs layanan pembuat form kontak. Saya akan memberikan tutorial kedua cara membuat form kontak ini kepda anda.

1. Membuat Form Kontak Kami dengan HTML


Caranya cukup mudah, anda tidak perlu mahir menggunakan html karena sudah ada orang yang membuatkannya untuk anda. Script ini saya dapatkan dari arlina dezgn.

a. Silahkan Copy Script dibawah ini

b. Kemudian buka dashboard blogger anda. Pilih “Halaman” > “Halaman Baru”.

c. isikan judul halaman dengan “contact us”. Pilih tab “HTML” dan pastekan kodingan tadi. Jangan lupa untuk mengubah :

  • Ganti semua kode 3263220808940184577 di atas dengan kode ID blog Anda.
  • Ganti kode //infiniteidn.blogspot.com/ di atas dengan url blog Anda.

d. Lalu klik “publikasikan”. Dan sekarang anda bisa lihat halaman kontak anda akan seperti ini.

2. Cara Membuat Contact Us Dengan Instant


Maksud instan disini adalah membuat form kontak dengan bantuan situs layanan pembuat form kontak. Ada banyak situs pembuat form kontak saat ini. Tapi saya rekomendasi kan mengunakan situs 123 Contact Form. Caranya sebagai berikut:

a. Bukalah situs 123 Contact Form di http://www.123contactform.com/

b. Sebelumnya, silahkan anda daftar akun baru dengan klik “SIGN UP

c. Pilih saja layanan yang gratis karena kita Cuma butuh form kontak, pilih paket “BASIC” dan klik tombol “SIGN UP”.
Cara Mudah Membuat Contact Us Keren Untuk Blog

d. Kemudian anda isikan form pendaftaran seperti email, dan password saja. Jika sudah diisi, klik tombol “SIGN UP”.
Cara Mudah Membuat Contact Us Keren Untuk Blog

e. Sekarang anda disuruh memilih jenis template yang akan anda buat, ada banyak pilihan dari 123 contact form. Tapi karena kita akan membuat halaman kontak, Pilih saja “Contact and Lead Form”.


f. Secara otomatis form kontak anda sudah selesai dibuat dengan tampilan yang cukup keren. Tapi jika anda mau menedit tampilannya bisa juga. Caranya cukup mudah dengan double klik pada area yang ingin anda ubah. Missal area judul, kamu klik tulisan judulnya maka akan muncul kotak editor nya. Lalu anda ganti sesuai dengan selera anda.

Cara Mudah Membuat Contact Us Keren Untuk Blog

g. jika anda rasa sudah pas dengan tampilannya, silahkan klik publish.

h. Pilih menu “blogger” atau sesuaikan dengan platform yang anda ginakan saat ini. Karena kita gunakan blogspot maka pilih “blogger” dan silahkan anda copy kode tersebut.

Cara Mudah Membuat Contact Us Keren Untuk Blog

i. Buka dashboard blogger anda, pilih menu “Halaman” > “Halaman Baru”.

Cara Mudah Membuat Contact Us Keren Untuk Blog

j. Isi judul dengan “contact us”. Lalu pilih tab “HTML” dan pastekan kodingannya di laman penulisan. Lalu klik “Publish

Cara Mudah Membuat Contact Us Keren Untuk Blog


Baca Juga : Cara Mudah Membuat Term Of Serrvice Untuk Blog

Bagaimana mudah bukan? Kamu bisa memilih salah satu dari dua cara diatas, tergantung selesa dan keahlian masing-masing. Membuat form kontak lebih banyak manfaatnya bagi blog anda. Jadi jangan lupa untuk menambahkan halaman ini ke blog anda. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk menuliskan nya pada kolom komentar. Dan jangan lupa like, komen, dan share artikel ini jika membantu anda. Karena dengan hal itu anda membantu saya untuk tetap menulis hal-hal yang bermanfaat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

4 Responses to "Cara Mudah Membuat Contact Us Keren Untuk Blog"

  1. Wah yang cara dari arlina tidak responsive buat mobile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Kholis atas masukkannya, akan saya coba perbarui lagi artikel ini.

      Delete
  2. Mas pesan yang di kirim pengunjung masuk ke email kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pesan akan masuk ke email yang kita daftarkan. mas bisa coba test kirim masukkan/komentar dan cek email nya. kalau saran saya gunakan form123 Aja biar cepat dan mantap.Terimaksih

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel