iklan bagian Header

Cara Screenshot Capture Panjang Satu Halaman Penuh Web Tanpa Putus Di PC

Cara Screenshot Capture Panjang Satu Halaman Penuh Web Tanpa Putus Di PC - Screenshot capture atau menangkap tampilan layar pada komputer biasa dilakukan untuk membuat tutorial atau sebagai bukti atau menandakan sesuatu atas hal yang sedang terjadi pada layar computer atau android. Bagaimana dengan mengambil gambar satu halaman penuh tampilan web tanpa putus di komputer?

Full webpage Screenshot

Sesuai dengan namanya screenshot atau dalam bahasa Indonesia nya menangkap tampilan layar hanya bisa menangkap aktivitas yang tampil di layar saja, sedangkan untuk mengambil aktivitas komputer yang panjang biasanya tidak bisa, contohnya ketika mau screenshot halaman website yang panjang dan memiliki scroll view. Nah untuk bisa mengambil gambar secara keseluruhan mungkin belum semua orang tau. Ternyata sekarang kita sudah bisa mengambil gambar satu halaman penuh website secara keseluruhan dengan mudah.

Baca Juga : Cara Screenshot Panjang tampilan website satu halaman penuh tanpa putus di Chrome dan Mozila

Untuk mengambil screenshot tampilan website secara keseluruhan tanpa terputus bisa menggunakan fitur bawaan dari browser mozila firefox quantum. Mozila firefox Quantum merupakan versi terbaru dari mozila yang keluar tahun 2018 ini. Di dalamnya terdapat fitur screenshot secara penuh tanpa terputus. Hal ini sangat membantu dalam membuat tutorial atau menangkap layar halaman website untuk dilihat ketika offline atau kebutuhan dokumentasi.

Cara screenshoot satu halaman penuh website tanpa terputus di Komputer dengan Mozila Firefox Quantum:


Untuk mencoba fitur ini, kamu bisa mengupdate mozila kamu ke versi quantum. Jika belum di update maka kamu tidak akan menemukan fitur keren ini. Untuk menangkap tampilan layar web dengan firefox quantum akan di jelaskan dibawah ini.

1. Buka mozila firefoz quantum, pilih salah satu situs yang ingin kamu ambil screenshot nya.
2. Pada sudut kanan searchbar ada tanda titik tiga, silahkan kamu klik dan Pilih “take a screenshot”.

Mengambil tangkapan layar penuh sebuah website

3. Akan muncul tampilan mengambil screenshot, ada tiga pilihan mengambil screenshot.

  • Save full page : pilihan ini akan mengambil gambar layar secara keseluruhan satu halaman penuh web tanpa putus.
  • Save Visible : pilihan ini akan mengambil tangkapan layar yang terlihat saja pada layar komputer. Jadi yang kamu lihat di komputer  itu juga yang hanya tertangkap.
  • My Shots : pilihan ini akan mengambil tangkapan layar sesuai dengan  yang kamu inginkan dengan drag tampilan layar ingin di ambil gambarnya. 

Karena kita mau screenshot laman web secara keseluruhan tanpa putus, pilih “save full page”.

Mengambil tangkapan layar penuh sebuah website

4. Akan muncul hasil tangkapan layar, silahkan simpan hasil gambar dengan klik ikon download. Tunggu sampai screenshot selesai di download.

mengambil tangkapan layar penuh sebuah website

5. Berikut hasil screenshot satu halaman penuh website tanpa terputus di Komputer dengan Mozila Firefox Quantum.
mengambil tangkapan layar penuh sebuah website

Sekarang kamu bisa mengambil gambar layar web tanpa takut terpotong atau putus. Dengan cara ini juga kamu bisa memaksimalkan tutorial kamu dengan gambar pendukung yang sempurna dan tidak setengah-setengah. Semoga artikel ini membantu kamu dalam menyelesaikan masalah kamu serta menambah wawasan kamu seputar teknologi masa kini.

Jika kamu punya pertanyaan, jangan segan-segan untuk bertanya dengan menuliskannya pada kolom komentar. Jika tidak sibuk akan saya balas dengan segera. Jangan lupa juga like, komen dan share untuk artikel ini agar yang lain juga tahu.

0 Response to "Cara Screenshot Capture Panjang Satu Halaman Penuh Web Tanpa Putus Di PC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel