iklan bagian Header

Cara Screenshot Panjang tampilan website satu halaman penuh tanpa putus di Chrome dan Mozila

Cara Screenshot Panjang tampilan website satu halaman penuh tanpa putus di Chrome dan Mozila -
Aktivitas screenshot sering kali kita gunakan untuk mengambil atau menangkap gambar layar pada perangkat komputer. Hal ini biasanya sering kita lakukan dengan menekan tombol print screen pada keyboard dan otomatis akan menangkap tampilan layar yang terlihat saja. Tapi bagaimana cara screenshot tampilan website satu halaman penuh tanpa terputus?  Seperti yang kita tahu bahwa rata-rata website memiliki tampilan yang panjang atau bisa kita scroll.

Full webpage screenshot chrome and mozila

Untuk mengambil screenshot tampilan website satu halaman penuh tanpa terputus juga bisa dilakukan dengan menggunakan browser google chrome dan mozila dengan bantuan plug in Awsome screenshot. Anda harus menginstall plug in Awsome screenshot ini pada browser chrome dan mozila anda untuk bisa screenshot tampilan website tanpa terputus atau full page. Untuk Mozila Firefox Quantum atau yang terbaru, anda tidak usah repot-repot install plugin ini karena sudah tersedia fitur sejenis bawaan dari mozila firefox quantum.

Baca Juga : Cara screenshoot satu halaman penuh website tanpa terputus di Komputer dengan Mozila Firefox Quantum

Plugin Awsome screenshot ini memiliki dua fersi yakni premium dan free. Untuk yang free kamu juga sudah bisa mendapatkan semua fitur dari awesome screenshot , hanya saja ada beberapa fitur yang dibatasi waktu seperti screen recorder sedangkan untuk screenshot nya tidak dibatasi.

Cara screenshot panjang tampilan website dengan Awsome Screenshot 


1. Install terlebih dahulu plug ini awesome screenshot pada masing-masing browser. Untuk pengguna google chrome bisa tambahkan extension ini dengan mengunjungi link berikut “ Awsome Screenshot For Chrome "
Untuk Pengguna Mozila Firefox bisa menambahkan Add Ons awesome screenshot ini dengan mengunjungi link berikut “ Awsome Screenshot For Mozila “.
2. Jika sudah silahkan Install sesuai dengan browser yang anda pakai, caranya dengan klik Add To Chrome pada chrome dan Install Add Ons pada mozila. Tunggu sampai proses installasi benar-benar selesai.
3. Jika sudah selesai, sekarang kamu sudah bisa screenshot tampilan website mu. Caranya klik ikon awesome screenshoot di pojok kanan atas. Kemudian pilih “capture entire page”.

full webpage screenschot di mozila dan chorme

4. Tunggu proses capturing selesai. Proses ini akan srolling laman web dengan sendiri.
5. jika sudah selesai akan terbuka tab baru. nah, kelebihan plug ini adalah kamu bisa mengedit hasil screenshot sebelum disimpan. Ada banyak sekali fitur editing pada plugin awesome screenshot ini.

full webpage screenshot di mozila dan chrome

6. jika sudah selesai dan sudah sesuai keinginan anda klik tombol “done”. Maka akan ber alih ke laman baru. kamu bisa preview terlebih dahulu. Jika sudah klop. Klik tombol ikon download  pada local save.

full webpage screenshot di mozila dan chrome

7. Hasil screenshot kamu sudah jadi dan siap untuk di publish atau kamu dokumentasikan.
Sekarang kamu sudah bisa screenshot tampilan website satu halam penuh tanpa terputus dengan bantuan plugin awesome screenshot di browser google chrome atau di mozila firefox. Screenshot tampilan website yang panjang sekarang menjadi lebih mudah dan gampang dengan adanya plugin ini.

Kelebihan Awesome screenshot


Awesome screenshot memiliki kelebihan sebagai plugin screenshot pada browser yakni:
1. digunakan 2 juta pengguna diseluruh dunia. Tersedia pada browser mozila dan chrome.
2. Teknik atau cara pengambilan screenshot yang banyak. Ada sekitar 5 cara pengambilan screenshot yakni:

  • Capture visible of page : mengambil screenshot yang terlihat pada layar saja.
  • Capture selected area : mengambil screenshot sesuai dengan pilihan kita, atau kita yang memilih bagian yang ingin di screenshot.
  • Capture entire page : mengambil screenshot panjang website satu halaman penuh tanpa putus.
  • Select local image : mengedit gambar yang sudah diambil sebelumnya.
  • Capture Desktop : mengambil screenshot tampilan layar desktop sesuai yang tampil dilayar komputer. 

3. Ada fitur screen recording yang memungkinkan kamu merekam aktivitas layar komputer kamu. Jadi tidak hanya gambar tetapi juga bisa mengambil video. Tapi untuk bisa menggunakan fitur ini kamu harus mengupgrade nya menjadi premium. Karena untuk yang free hanya dibatasi 30 detik saja.

Itulah tadi cara Cara Screenshot Panjang tampilan website satu halaman penuh tanpa putus di Chrome dan Mozila beserta kelebihan dari plugin awesome screenshot. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang teknologi.  Jika kamu punya pertanyaan seputar hal diatas silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah ini. Jika ada kesempatan akan saya balas sesegera mungkin. Jangan lupa juga untuk like, komen dan share artikel ini agar yang lain juga tahu info menarik ini. 

0 Response to "Cara Screenshot Panjang tampilan website satu halaman penuh tanpa putus di Chrome dan Mozila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel