iklan bagian Header

Mengubah Ukuran Gambar Dengan Klik Kanan Di Ubuntu Dan Distribusi Linux Lainnya [Quick Tip]

Note: Tip cepat yang menunjukkan bagaimana mengubah ukuran gambar dengan menu klik kanan di Linux. Triknya dapat bekerja pada distribusi Linux manapun yang menggunakan pengelola file Nautilus.

Bagaimana Anda mengubah ukuran gambar di Linux? Apakah Anda menggunakan GIMP atau Shutter? Atau mungkin Anda menggunakan ImageMagick di terminal.

Seperti yang sering saya butuhkan untuk mengubah ukuran gambar sebelum mengunggahnya di It's FOSS, Shutter adalah alat favorit saya untuk tugas ini sampai sekarang. Shutter adalah alat screenshot yang sangat bagus yang memungkinkan beberapa fitur pengeditan cepat. Namun, jika Anda hanya perlu mengubah ukuran, panjang dan lebar gambar, membuka keseluruhan alat dan melalui pilihan menu dapat disimpan dengan menggunakan plugin Nautilus yang bagus.

Mengubah Ukuran Gambar Dengan Klik Kanan Di Ubuntu Dan Distribusi Linux Lainnya

Apa itu Nautilus? Nautilus adalah pengelola file yang digunakan oleh GNOME dan beberapa lingkungan desktop lainnya. Di sinilah Anda bisa melihat file Anda secara visual. Ini setara dengan Windows Explorer di Linux.

Ada beberapa plugin Nautilus yang tersedia untuk meningkatkan kemampuannya. Mereka tidak terinstal secara default karena mereka memiliki tujuan spesifik dan pengguna dapat memilih untuk menginstalnya sesuai kebutuhan mereka.

Baca Juga : 12 CMS Open Source Terbaik, buat website jadi gampang

Salah satu plugin Nautilus tersebut disebut Image Manipulator dan ini memungkinkan Anda untuk memutar atau mengubah ukuran gambar dengan mengklik kanan pada gambar dan memilih opsi untuk memutar atau mengubah ukuran.


Ubah Ukuran Gambar Dengan Klik Kanan Di Linux Dengan Cepat


Sebelum Anda mencoba menginstal plugin Nautilus untuk mengubah ukuran gambar secara cepat, saya menyarankan agar Anda memverifikasi apakah sistem Linux Anda menggunakan pengelola file Nautilus atau tidak. Untuk mengeceknya, gunakan perintah di bawah ini:
nautilus --version
Jika Anda mendapatkan output dengan nomor versi, Anda memiliki pengelola file Nautilus di sistem Anda. Lain, distribusi Linux Anda menggunakan beberapa manajer file lainnya.

Ubah Ukuran Gambar Dengan Klik Kanan Di Linux Dengan Cepat

Anda juga memerlukan ImageMagick karena plugin ini pada dasarnya menggunakan ImageMagick untuk manipulasi gambar:
sudo apt install imagemagick
Setelah Anda memastikan bahwa Anda memiliki pengelola file Nautilus di sistem Anda, Anda dapat menginstal plugin menggunakan perintah di bawah ini:
sudo apt install nautilus-image-converter
Ubah Ukuran Gambar Dengan Klik Kanan Di Linux Dengan Cepat

Jika Anda menggunakan Fedora, Arch atau Linux non-Debian lainnya, Anda dapat menggunakan perintah pemasangan paket distribusi Anda.

Baca Juga : Cara Menampilkan Persentase Batrai di Linux Ubuntu 17.10 GNOME

Setelah terinstal, restart Nautilus dengan menggunakan perintah di bawah ini:
nautilus -q
Sekarang jika Anda klik kanan pada gambar, Anda akan melihat dua opsi baru untuk mengubah ukuran dan memutar di menu konteks.

Ubah Ukuran Gambar Dengan Klik Kanan Di Linux Dengan Cepat

Anda dapat memilih opsi resize untuk mengubah ukuran gambar langsung dari menu klik kanan dengan cepat. Ini akan memberi Anda beberapa pilihan untuk mengubah ukuran gambar. Itu tidak mempertahankan aspek rasio sekalipun.

Ubah Ukuran Gambar Dengan Klik Kanan Di Linux Dengan Cepat

Ini mungkin bukan trik yang detail tapi ini menghemat beberapa klik.

Untuk menghapus plugin, Anda bisa menggunakan perintah di bawah ini:
sudo apt remove nautilus-image-converter
Dan kemudian restart Nautilus. Sederhana!

Baca Juga : Cara Mengecilkan Ukuran (Size) Gambar, Online atau Offline Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar

Saya harap Anda menyukai tip cepat ini. Jika Anda tahu beberapa trik kecil yang rapi, lakukan berbagi dengan kita semua.

0 Response to "Mengubah Ukuran Gambar Dengan Klik Kanan Di Ubuntu Dan Distribusi Linux Lainnya [Quick Tip]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel