iklan bagian Header

Cara Pintar Menghemat Kuota Internet Saat Browsing

Redaksiweb -  saat sekarang ini penggunaan kuota data internet sangatlah besar, jika tidak pandai menghemat pemakaian kuota internet kantong kamu bisa bolong. Apalagi kalau kamu hanya mengandalkan kuota data ketika browsing. Cara ini juga bagus bagi para pelajar dan mahasiswa untuk menghemat uang.

Cara Pintar Menghemat Kuota Internet Saat Browsing

Mengahabiskan waktu dengan berselancar di internet memang tidak terasa, ada saja hal yang ingin di cari dan di lihat di internet. Tanpa di sadari kuota kamu bisa tersedot bila kamu tidak berhati-hati dalam penggunaanya.  Saking asiknya berselancar di dunia maya, pesan notifikasi paket sudah habis pun muncul. Hal ini bisa bikin kamu makin bokek, harus beli paket data terus-menerus.
Tapi kamu tidak usah khawatir, kamu bisa menghemat penggunaan kuota data internet kamu dengan cara – cara dibawah ini.

Cara menghemat kuota Internet Saat Browsing


Tidak semua orang menggunakan paket internet unlimited, dan  tidak semua orang browsing menggunakan internet wifi id. Ada kalanya orang ber internet menggunakan kuota data internet melalui tethering wifi dari android.

Baca Juga : Cara Hemat Kuota Internet Saat Tethering Portable WiFi Hotspot di Android

Apalagi bagi para pelajar dan mahasiswa sangat membutuhkan internet untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. Dengan dana yang minim hal ini bisa sangat dimanfaatkan bagi kalian yang ingin hemat paket data ketika browsing. Adapun cara menghemat kuota internet saat browsing:

1. Menggunakan Browser Hemat Data
Saat sekarang ini pun, banyak sekali para developer software dan aplikasi memikirkan penggunaan data yang minim. Banyak aplikasi yang menawarkan penggunaan kuota yang sedikit. Begitupula dengan browser, browser saat ini sudah memberikan fitur penghemat data. Salah satu contoh yang saya ketahui adalah Opera Mini dan Chrome. Kamu bisa mengaktifkan fitur penghemat data pada browser ini.

Pada browser google chrome kamu bisa install extension Data Saver buatan google. Kamu bisa install ekstensi data saver ini di link berikut : "data saver"

Sedangkan untuk opera mini kamu bisa install opera terbaru dan kamu setting pada menu penghemat data.

2. Simpan Halaman Untuk di Baca Offline
Untuk menghemat penggunaan kuota internet, kamu bisa menyimpan halaman web yang kamu butuhkan untuk dibaca nanti ketika offline, jadi kamu bisa baca berulang-ulang tanpa harus takut kehabisan kuota.

Cara untuk bisa simpan halaman ketika di baca saat offline kamu bisa menggunakan browser mozila firefox dan google chrome. Untuk mozila firefox kamu bisa install add ons bernama “scrapbook”  . akan tetapi add-ons ini belum support untuk mozila versi terbaru yakni pada mozila firefox quantum. Jadi kalu kamu ingin menggunkan fitur ini kamu harus down grade ke versi mozila lama.

Baca Juga : Cara Upload Foto Dan Video di Instagram Melalui PC Tanpa Aplikasi Via Web

Sedangkan untuk google chrome kamu bisa install ekstensi yang bernama “page archiver”. setelah selesai menambahkan nya ke chrome jangan lupa untuk menambhkan satu komponen lagi yakni “single file core”. Jika sudah selesai install kamu bisa gunakan fitur ini untuk menyimpan halaman website.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu tinggal buka halaman yang ingin di simpan, kemudian klik ikon ekstensi atau add-ons page archiver kemudian pilih save atau simpan.

3. Gunakan AddBlok Pada Browser
Cara ini memang bagus untuk kamu yang ingin menghemat kuota, tapi cara ini juga bisa mematikan penghasilan dari para blogger atau website. Karena salah satu penghasilan orang bekerja di dunia maya adalah dengan adanya iklan.

Iklan memang salah satu hal yang dapat menyedot kuota karena harus meload atau menampilkan iklan membutuhkan kuota. Apalagi iklan berbentuk flash. Dengan adanya iklan juga membuat loading web menjadi sedikit lebih lambat. Apablia anda masih menggunakan internet berkuota, tidak ada salahnya menginstall ekstensi ini pada browser anda.

Tapi jika kamu ingin menghargai para publisher website atas jerih payah mereka dalam menulis dan membantu memecahkan masalah kamu di web, maka tidak ada salahnya kamu menghapus ekstensi ini dan biarkan sesekali kamu klik iklan mereka.

4. Manfaatkan Wifi Gratis Dengan Baik
Salah satu cara agar kuota kamu tetap awet adalah dengan memanfaatkan koneksi wifi gratis. Jika kamu sedang mendapatkan koneksi gratis entah itu di café atau kampus, gunakanlah se efektif mungkin dengan cara menyimpan semua halaman yang kamu butuhkan dan mendownload video-video yang ingin kamu tonton nanti ketika offline.

Baca Juga : Cara Membuat Presentasi dan Infografis Menarik Dengan Piktochart

Mungkin itu saja cara pintar menghemat kuota internet saat browsing yang bisa saya tuliskan, jika kamu punya cara lain kamu bisa share di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

2 Responses to "Cara Pintar Menghemat Kuota Internet Saat Browsing"

  1. baru tau saya ada trik ini, wah mantap nih besok besok kuota internet saya bakal hemat :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel