iklan bagian Header

Google URL shortener goo.gl Akan Dimatikan

Redaksiweb – Situs Pemendek URL atau Google URL Shortener goo.gl akan segera dimatikan atau tidak mendapat dukungan lagi dari google.


Dilansir dari blog resmi Google Developers tanggal 30 Maret 2018 mengumumkan bahwa mereka akan mematikan dan tidak memberikan dukungan lagi kepada layanan penyingkat URL goo.gl mulai dari tanggal  13 April 2018.

Pesan Peringatan Dari goo.gl

Pada tanggal 13 April 2018, hanya pengguna aktif atau terdaftar yang bisa membuat tautan pendek di konsol goo.gl. Para pengguna aktif juga masih dapat melihat data analitik dan mengunduh informasi tautan singkat dalam bentuk format CSV selama satu tahun sampai tanggal 30 Maret 2019. Ketika layanan goo.gl dimatikan, tautan yang sudah anda buat sebelumnya akan terus dialihkan ke tujuan yang sebenarnya.

Layanan Google URL Shortener Dimatikan

Berita mengenai hal Ini diperkuat oleh postingan seorang developers google Michael Hermanto ( Software Enginer Firebase ) pada tanggal 30 Maret 2018.

Pada postingan itu dia mengatakan bahwa goo.gl di luncurkan pada tahun 2009 sebagai cara untuk membantu orang lebih mudah dalam membagikan tautan dan mengukur lalu lintas online. Sejak itu banyak layanan pemendek URL lainnya yang muncul.

Dia juga mengatakan bahwa cara orang untuk menemukan konten di Internet juga telah berubah secara drastis, dari laman web desktop menjadi aplikasi, perangkat seluler, home assistans dan banyak lagi yang lainnya.

Layanan Google URL Shortener Digantikan Firebase Dynamic Links (FDL)

Pada postingan itu juga mereka menjelaskan akan mengganti layanan google url shortner dengan FDL. FDL adalah URL pintar yang memungkinkan anda mengirim pengguna yang ada dan potensial ke lokasi manapun dalam aplikasi iOS, Android, atau Web.

Mereka sangat senang untuk terus tumbuh dan meningkatkan produk ke depannya. Meskipun sebagian besar fitur pada goo.gl akhirnya akan terbenam, semua tautan yang ada akan terus dialihkan ketujuan yang dimaksud.

Untuk Konsumen
Mereka juga berpesan kepda para konsumen bahwa Mulai 13 April 2018, pengguna anonim dan pengguna yang belum pernah membuat tautan pendek sebelum hari ini tidak akan dapat membuat tautan pendek baru melalui konsol goo.gl. Jika Anda ingin membuat tautan pendek baru, sebaiknya Anda menggunakan Firebase Dynamic Links atau melihat layanan populer seperti Bitly dan Ow.ly sebagai alternatif.

Jika Anda memiliki tautan pendek goo.gl atau pengguna aktif, Anda dapat terus menggunakan semua fitur konsol goo.gl untuk jangka waktu satu tahun, hingga 30 Maret 2019, ketika kami akan menghentikan konsol. Anda dapat mengelola semua tautan singkat dan analitik mereka melalui konsol goo.gl selama periode ini.

Setelah 30 Maret 2019, semua tautan akan terus dialihkan ke tujuan yang dimaksud. Tautan singkat Anda yang ada tidak akan dimigrasikan ke konsol Firebase, namun, Anda akan dapat mengekspor informasi tautan Anda dari konsol goo.gl.

Untuk Pengembang / Developers
Mulai 30 Mei 2018, hanya proyek yang telah mengakses API Pemendek URL sebelum hari ini dapat membuat tautan pendek. Untuk membuat tautan pendek baru, kami menyarankan API FDL. Tautan pendek FDL akan secara otomatis mendeteksi platform pengguna dan mengirim pengguna ke web atau aplikasi Anda, sebagaimana mestinya.

Jika Anda sudah menggunakan URL Shortener API untuk mengelola tautan pendek goo.gl, Anda dapat terus menggunakannya untuk jangka waktu satu tahun, hingga 30 Maret 2019, sampai mereka akan menghentikan API atau layanan.

Karena untuk konsumen, semua tautan akan terus dialihkan ke tujuan yang dimaksudkan setelah 30 Maret 2019. Namun, tautan pendek yang ada tidak akan dimigrasikan ke Firebase console / API.
Penyingkat URL adalah alat hebat yang kami banggakan. Saat kami melihat masa depan, kami senang dengan kemungkinan Firebase Dynamic Links, terutama ketika menyangkut deteksi platform yang dinamis dan tautan yang bertahan dari proses pemasangan aplikasi. Kami harap Anda juga!

Kamu dapat lihat berita lengkap mengenai hal ini di blog Google Developers 

Dunia teknologi memang terus berubah dan selalu berinovasi. Bagaimana menurut kalian? Apakah setuju atau tidak dengan hal ini? Jika kalian punya pendapat mengenai hal ini silahkan berikan komentar pada kolom komentar dibawah ini. Jika kamu suka dengan berita ini ayo share agar yang lain juga tahu informasi ini.

8 Responses to "Google URL shortener goo.gl Akan Dimatikan"

  1. wah gawat juga tuh... harus cari alternatif lain jadinya tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas titio, google udah kasih saran untuk beralih ke Bit.ly dan Ow.ly dan situs pemendek serupa. Google terus Update layanan mereka, karena menurut mereka layanan ini sudah tidak zaman lagi. semoga FDL pengganti Google Url Shortener lebih baik lagi.

      Delete
  2. Kalo pake feedburner gimana tu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh,,saya kurang tau juga ya, yang jelas katanya link akan diarahkan ke tujuan sebenarnya. kalau takut ada masalah lebih baik di backup muali sekarang dengan download file CSV yang ada di dashboard go.gl.

      Delete
  3. padahal lebih enak pakai goo.gl daripada bitly sangat disayangkan

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. A long URL can take up half of your space on the off chance that you aren't cautious. url shortener google

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks, another alternative URL shorten.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel