iklan bagian Header

Kali Linux dan Debian Kini Tersedia di Microsoft Store

Redaksiweb: Kali Linux dan Debian bergabung dengan Ubuntu dan SUSE Linux di Windows Subsystem for Linux (WSL). Ini berarti bahwa sekarang Anda dapat menginstal distribusi Linux ini dalam mode command line di Windows 10 seperti aplikasi Windows lainnya.


Minggu lalu Microsoft mengumumkan ketersediaan distribusi hacking berbasis Debian dan Debian Kali Linux di Windows Subsystem for Linux. Anda dapat mendownload kedua distribusi dari Microsoft Store dan menginstalnya seperti aplikasi Windows 10 lainnya. Dengan cara ini, Anda mendapatkan versi command line dari distribusi Linux ini.

Baca Juga : Pengertian Bash On Windows dan Cara Kerjanya

Pengumuman ini seharusnya tidak mengejutkan karena Kali telah mengumumkan di situs mereka pada bulan Januari bahwa mereka "selalu bekerjasama untuk lingkungan baru untuk menjalankan Kali on, dan dengan diperkenalkannya Windows Subsystem for Linux (WSL) di Windows 10, Kemungkinan hal baru dan menarik telah muncul. "

image source : winpoin

Mereka juga mengisyaratkan masuknya distribusi berbasis Debian lainnya ke WSL dalam pengumuman yang sama, "Tidak terlalu sulit untuk menggabungkan distribusi seperti Debian lainnya, bukan?"

image source : itfoss

Ini menunjukkan bahwa Microsoft telah menepati janjinya pada konferensi Build 2017 untuk menyediakan lebih banyak distribusi Linux di Microsoft Store untuk digunakan pada subsistem Windows 10 untuk Linux.


  • Untuk mendownload dan menginstal aplikasi Linux pada subsistem Windows 10 menggunakan WSL, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur Windows Opsional. Prosedur instalasi sama untuk semua distribusi Linux yang tersedia di Windows Store.
  • Untuk memakainya kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu WSL (Windows Susbystem for Linux) melalui Turn Windows features on or off
  • Kemudian kamu download dan Install Kali linux untuk windows dari Microsoft Store.
  • Untuk menjalankan Kali Shell, kamu bisa ketikkan kali di command prompt as admin dan tekan enter, atau klik tile Kali di Start Menu. Sekarang kamu sudah bisa menginstall berbagai macam tool kali Linux dan menjalankannya langsung dari dalam Windows kamu. 
  • Instalasi tool dari repositori Kali Linux biasanya dilakukan melalui perintah apt. Misalnya, untuk menginstal Metasploit Framework, Anda bisa dengan mudah mengetikkan command:

apt-get update
apt-get install metasploit-framework

Menurut Kali Linux, mereka juga telah berhasil menjalankan uji coba XFCE di WSL meski belum didukung secara resmi. Anda bisa melihat video ini tentang cara menginstal xfce4 di Kali Linux melalui WSL, Windows 10.

Mengingat begitu banyak hacker wannabe mencoba menggunakan Kali Linux, mungkin sekarang mereka akan memiliki cara yang lebih mudah untuk menginstalnya. Meskipun saya tidak yakin apakah menggunakan Kali Linux adalah ide yang bagus. Debian adalah pilihan yang jauh lebih baik untuk semua tujuan komputasi. Bagaimana menurut kamu?

2 Responses to "Kali Linux dan Debian Kini Tersedia di Microsoft Store"

  1. saya mau imigrasi ke linux ubuntu gan, tapi belum terlalu paham, sedangkan kebutuhan mau belajar banyak pemograman kaya pyhton gitu di linux

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Chaerul, jika mau migrasi ke linux sedangkan belum paham linux kamu bisa coba menggunakan virtual Box atau Dual Os terlebih dahulu untuk lebih mengenal linux. atau cara terbaru ssat ini ya ada pada tutorial ini upgrade windows 10 dan pake cara ini. nanti jika sudah terbiasa bisa benar-benar beralih ke linux. btw, belajar pemrograman bagus di linux. semoga kamu sukses ya belajarnya.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel