iklan bagian Header

Pengertian PhpStrom & Cara Install PhpStrom 2017.3

JetBrains PHPStrom. Pengertian jetbrains dan php strom serta cara install php strom di windows 7/8/10. Cara mudah install php strom 2017.3 di laptop atau computer kamu, kamu harus baca dan ikuti aturan berikut ini.

Pengertian PhpStrom & Cara Install PhpStrom 2017.3

Pengertian JetBrains

JetBrains merupakan perusahaan pengembang perangkat lunak atau software, khususnya aplikasi perangkat lunak IDE. Produk IDE yang diproduksi oleh JetBrains digunakan oleh lebih dari 64.000 perusahaan top dunia seperti VALVE, Expedia, Toyota, HP, Twitter, Siemens, Xerox, Apple, dll. Selain digunakan oleh perusahaan, IDE mereka juga digunakan oleh lebih dari 1.000.000 developer diseluruh dunia dengan 45.000 pengguna baru setiap bulannya.

Baca Juga : Boostnote Aplikasi Open Source Bagi Programmer dan Web Developer

Dibangun pada tahun 2000 dengan hanya mengenalkan IntelliJ Renamer, sebuah aplikasi untuk me-refactor kode Java, kini JetBrains telah memproduksi beragam IDE dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya. IDE yang telah diproduksi oleh JetBrains antara lain IntelliJ IDEA untuk Java, PhpStorm untuk PHP, PyCharm untuk Python, RubyMine untuk Ruby, WebStorm untuk JavaScript, AppCode untuk Objective C, CLion untuk C/C++, dan ReSharper untuk .NET.Kualitas IDE yang diproduksi oleh JetBrains diakui sebagai IDE yang sangat berkualitas. Bahkan raksasa teknologi dunia Google mempercayakan pembuatan Android Studio, IDE untuk membuat aplikasi Android dikembangkan dengan  IntelliJ IDEA.Edisi professional dari IDE besutan JetBrains memang tidak murah jika dirupiahkan. Rata-rata lisensi IDE dari JetBrains dijual seharga $99 untuk individual developer. JetBrains juga menyediakan community edition alias edisi gratis dari beberapa IDE-nya seperti PyCharm dan IntelliJ IDEA namun dengan banyak keterbatasan.

Yang membuat penulis salut dengan JetBrains adalah kepeduliannya dengan dunia pendidikan dan open source software. JetBrains berani membagikan IDE edisi professional miliknya secara gratis untuk mahasiswa, dosen, institusi pendidikan, proyek open source, lembaga pelatihan, bahkan komunitas-komunitas yang berhubungan dengan produk-produk JetBrains. src

Sesuai dengan judul kita di atas, bahwa kita hanya akan membahas salah satu aplikasi pada jetbrains yakni php strom, sebelum memulai installasi alangkah baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa itu phpStrom.

Apa Itu PhpStorm?


PhpStrom merupakan salah satu aplikasi yang ada di dalam JetBrains IDE dibuat khusus untuk bahasa pemrograman PHP. Jadi bagi kalian para programmer yang suka dan mahir dalam bahasa pemrograman php alangkah baiknya untuk mencoba text editor yang satu ini. Penggunaan phpStrom juga terbilang cukup mudah dan sedikit familiar dengan tampilan produk IDE lainnya, tampilan yang menarik juga membuat kita juga bisa jatuh hati dan senang untuk menggunakannya.

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa produk IDE ini tidaklah gratis dan harganya juga cukup mahal. Karena tool ini juga punya kualitas yang sangat bagus. Jadi wajar saja kalau harga untuk license nya mahal. Jangan karena mahal, anda rela untuk menggunakan software bajakan.

Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang mahal, ada dua alternative yang bisa anda coba. Yang pertama anda bisa mencoba versi trial, dengan versi ini anda akan dikasih masa uji coba penggunaan selama 30 hari terhitung dari awal penginstalan. Cara kedua kamu bisa manfaatkan email pelajar atau mahasiswa/ dosen dan bisang akademik lainnya. Seperti yang sudah saya singgung di atas kalau JetBrains berbaik hati pada pendidikan. Untuk informasi lebih lanjut masalah ini, anda bisa baca artikel berikut ini:

Baca Juga : Software Jutaan Rupiah Ini dikasi Gratis Bagi Pelajar

Jika, kamu sudah tahu tentang PhpStrom dan JetBrains. Sekarang kamu bisa mencoba install PhpStrom di laptop atau computer kamu.

Cara Menginstal PhpStorm


1. Klik 2 kali atau klik kanan open .exe file dari phpstrom
2. Kemudian Pilih “Run” untuk administrator, jika hal ini muncul.

Cara Menginstal PhpStorm

3. Setelah terbuka, Anda akan dibawa ke halaman Welcome. Untuk melanjutkan, klik Next.

Cara Menginstal PhpStorm

4. Setelah mengklik Next, Anda akan langsung dibawah ke halaman pemilihan lokasi dari hasil penginstalan. Klik Browse.. untuk memilih lokasi hasil dari penginstalan, setelah itu klik Next untuk melanjutkan.

Cara Menginstal PhpStorm

5. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman Installation Options.

Cara Menginstal PhpStorm

Keterangan:

  1. Create Desktop Shortcut: Disini tersedia untuk 2 versi, yaitu yang 32bit atau 64bit, silahkan anda pilih Shortcut mana dari versi ini yang ingin anda tampilan di desktop, Anda bisa pilih salah satu atau keduanya.
  2. Create Associations: Ini semacam apa yang ingin ada gunakan pada IDE ini, silahkan Anda pilih salah satu atau semuanya. Dalam pembahasan ini saya memilih semuanya.


Setelah itu, langkah selanjutnya silahkan klik Next.

6. Setelah mengklik Next, Langkah selanjutnya silahkan klik Install.

Cara Menginstal PhpStorm

7. Jika telah mengklik install, maka tunggu beberapa saat sampai proses penginstallan selesai.

Cara Menginstal PhpStorm

8. Setelah mengklik Ok, Anda akan langsung dibawah ke halaman pengaktifan Phpstorm.

Cara Menginstal PhpStorm

Keterangan:

  1. Pada bagian ini, Anda bisa memilih Active untuk langsung mengaktifkannya atau memilih Evaluation For Free untuk menggunakan Trial 30 hari yang diberikan oleh Produk ini.
  2. Bagian ini akan muncul ketika Anda memilih Active. Silahkan anda pilih mana yang ingin anda gunakan untuk mengaktifkan Phpstorm. Jetbrains Account, Anda diminta untuk masuk menggunakan Akun anda atau buat akun baru, Activation Code ini diminta untuk memasukan kode aktivasi, dan License server untuk Anda yang memiliki License server. silahkan masukkan yang anda miliki.
  3. Ketika anda memilih Activation Code, maka silahkan masukkan kode aktivasi anda disini. pada tutorial ini saya memilih activation code.


Setelah itu, langkah selanjutnya silahkan klik Ok.

9. Kemudian pilih 'Accept' untuk PhpStrom Privacy Policy Agreement

Cara Menginstal PhpStorm


10. Setelah mengklik Ok, Anda akan mendapatkan tampilan loading seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Menginstal PhpStorm

11. Setelah halaman terbuka, Anda akan dibawah ke halaman konfigurasi cepat PhpStorm, untuk melanjutkan silahkan klik Ok

Cara Menginstal PhpStorm

12. Setelah mengklik Ok, maka anda akan langsung dibawah ke Welcome dari PhpStrom.

Cara Menginstal PhpStorm

Di atas adalah cara-cara atau langkah-langkah yang dapat Anda ikuti dan lakukan dalam menginstall PhpStrom 2017.3

Kelebihan PhpStrom 


Salah satu kelebihan phpStrom yang penulis suka dari aplikasi ini selain gratis bagi pendidikan, adalah tombol view hasil kodingan dengan pilihan beberapa browser. Jadi kita ga perlu lagi bolah balik buka browser untuk preview hasil kodingan. Cukup lewat pintasan yang sudah disediakan maka hasil akan terlihat.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan tentang Jetbrains dan PhpStrom, jika kalian punya pengalaman lebih mengenai phpStrom bisa di share di bawah ini agar orang lain juga tahu.

0 Response to "Pengertian PhpStrom & Cara Install PhpStrom 2017.3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel