iklan bagian Header

Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis dan Mudah

Dalam membuat suatu tulisan karya ilmiah tentu harus menyertakan daftar pustaka sebagai daftar referensi atas buku, jurnal, atau halaman situs http/ftp yang digunakan dalam karya ilmiah tersebut.  Daftar pustaka menjadi hal yang penting dalam suatu karya ilmiah sebagai penguat atas tulisan kita sehingga berdasarkan data dan sumber yang jelas dan sebagai penghargaan atas penulis terdahulu.

Cara Membuat Daftar Pustaka dengan Otomatis dan Mudah

Penulisan daftar pustaka ternyata memiliki aturan penulisan yang berbeda-beda tergantung setiap kesepakatan.  Aturan penulisan karya ilmiah suatu instansi bisa berbeda dengan instansi yang lainnya, akan tetapi ada beberpa patokan penulisan daftar pustaka berstandar internasional.

Oleh sebab itu, berikut ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat daftar pustaka dengan otomatis dan mudah dengan menggunakan sebuah tools. Tool yang kita gunakan adalah mendelay, tool ini berfungsi sebagai pengelola jurnal yang digunakan, membuat sitasi dengan mudah, serta membuat daftar pustaka dengan mudah.

Cara Install Mendelay Desktop di Windows

Cara Download Mendelay

1. Silahkan Kamu Download Mendelay Desktop sesuai Sistem Operasi kamu
2. Setelah selesai download, langsung saja install aplikasinya
3. Kamu bisa buat akun mendelay terlebih dahulu, kemudian silahkan login

Cara Membuat Daftar Pustaka dengan Mendelay

Cara Membuat Daftar Pustaka dengan Mendelay

Cara Membuat Daftar Pustaka dengan Mendelay

1. Klik tombol ‘Add’ Kemudian tambahkan jurnal yang digunakan dalam karya ilmiah kamu . kamu bisa menambahkan semua jurnal yang kamu gunakan di dalam mendelay agar lebih memudahkan pencarian jurnal. Selain mudah dalam mencari, kamu juga mudah mereview jurnalnya.
2. Jika sudah selesai di tambah, sekarang buka Ms.Word. klik menu References > Insert Bibliography.
3. “Use the "Insert Citation" button to add citations to this document." kamu disuruh klik tombol
insert citation”.
4. Kemudian klik tombol Go To Mendelay > Block/ Pilih Jurnal yang akan di buat daftar pustaka. Jika sudah klik tombol “Cite”.
5. Maka secara otomatis daftar pustaka akan dibuat berdasarkan format yang kamu pilih.

Cara Mengedit Manual Daftar Pustaka dengan Mendelay

Cara Mengedit Manual Daftar Pustaka dengan Mendelay

Untuk menukar aturan penulisan kamu bisa pilih Ms.Word > References > Style > pilih jenisnya.

Bagaimana mudah bukan? Tools ini sangat bermanfaat dan sangat bekerja dengan baik pada jurnal-jurnal kelas internasional dan jurnal dengan standar ISNN. Karena format penulisannya sudah sesuai dengan standar mendelay.

Jika kamu ingin menulis suatu karya ilmiah dengan standar internasional ada baiknya menggunakan tools ini karena akan sangat memudahkan dalam penulisan sitasi dan daftar pustaka karena sudah mendukung format penulisan jurnal internasional seperti IEEE dll.

Tapi jika kamu punya aturan penulisa sendiri di kampus mu, tidak usah khawatir. Kamu bisa mengedit secara manual dengan gaya penulisan kamu sendiri. Kamu tinggal memilih format yang paling mendekati dengan aturan kampus kamu dan rubah sedikit secara manual.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang lagi menulis karya ilmiah. Jika kamu punya pertanyaan seputar hal ini silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah ini. Jika kamu suka dan merasa terbantu dengan artikel ini, tidak ada salahnya membagikan artikel ini di social media kamu. Sekian dari saya, terus belajar dan berbagi!

0 Response to "Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis dan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel