iklan bagian Header

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor Menjadi Normal Kembali

Redaksiweb - Berikut ini merupakan cara untuk memperbaiki dan mengatasi baterai hp (smartphone) yang bocor atau cepat habis agar menjadi normal kembali. Cara ini hanya mengatasi baterai hp yang bisa dilepas bukan baterai tanam. Tips ini bisa bikin baterai bocor, drop, dan soak menjadi normal kembali.

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor Menjadi Normal Kembali

Baterai smartphone (hp) memang merupakan salah satu komponen yang paling penting pada sebuah hp, karena baterai merupakan satu-saunya sumber daya agar smartphone dapat dinyalakan. Semakin bagus baterainya maka smartphone atau hp dapat bertahan hidup lebih lama saat diguanakan tapi jika baterai sudah rusak atau bocor tentu waktu kerjanya semakin berkurang.

Baterai hp menjadi bocor sudah menjadi suatu hal yang sering terjadi dikarenakan beberapa faktor dan penggunaan hp yang terlalu berlebihan atau ekstrem. Bisa juga disebabkan oleh daya tahan dan kekuatan baterai memang lemah atau tidak awet untuk pemakaian jangka panjang. Bisa dibilang kualitas baterai memang tidak bagus.

Ada beberapa alasan klasik yang sering membuat baterai hp menjadi bocor, drop dan rusak adalah pemakaian yang tidak normal atau berlebihan dan sering digunakan pada saat sedang charging atau ngecas.

Ciri-Ciri Baterai HP Bocor

Untuk mengetahui baterai kamu sudah bocor atau belum bisa melihat ciri-cirinya seperti:

  • Pengisisan daya baterai menjadi sangat cepat dari biasanya akan tetapi ketika digunakan atau dimainkan dalam beberapa waktu saja sudah habis
  • Persentase baterai menjadi naik turun bahkan tidak sesaui dengan persentase yang ada. Ketika baterai 100% full tiba tiba digunakan  atau tidak gunakan menjadi 50%, atau bahkan tiba-tiba mati mendadak walau persentase baterai masih puluhan persen.
  • HP atau smartphone  menjadi terasa panas pada bagian baterai, ketika kamu menggunakan hp beberapa waktu namun kamu merasakan panas pada bagian baterai dengan sangat cepat. Hal ini bisa menjadi indikator bahwa baterai kamu mulai bocor.

Penyebab Baterai HP Bocor

Ada beberapa alasan yang mungkin bisa menjadi salah satu penyebab baterai hp menjadi bocor, drop, atau rusak dan tidak tahan lama. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan ulasannya:

1. Menggunakan HP saat sedang proses Charging
Hal ini pasti sudah sering kamu dengar  bahwa kita tidak boleh memainkan hp saat sedang mengecas. Karena pengisian baterai menjadi tidak normal akibat ada aktifitas yang memkan daya saat sedang mengisi daya baterai, hal ini membuat baterai tidak terisi dengan sempurna.

Akan tetapi hal ini sering diabaikan oleh kita para pengguna ponsel sebab tidak ingin lepas dari smartphone apalagi kalau sudah chatingan atau main games, udah paling susah dah buat di hentikan. Tapi demi umur pakai hp lebih lama ada baiknya kamu kurangi hal ini agar hp kamu tetap awet sampai ingin kamu jual lagi nanti.

2. Sering Menggunakan Power Bank
Powerbank merupakan salah satu alternatif pengganti arus listrik dan dapat dibawa kemana-mana saja walau tidak ada listrik sekalipun. Namun perlu kamu ketahui bahwa penggunaan power bank yang terlalu sering dan berlebihan walau sebenarnya ada arus listrik tetapi tetap memakai power bank hal ini dapat berakibat cukup fatal.

Arus atau daya yang diberikan oleh power bank tentu tidak senormal arus daya listrik secara langsung, tentu hal ini akan membuat kualitas baterai yang ada pada hp akan terpengaruh, lama kelamaan baterai hp kamu bocor dalam waktu singkat.

3. Menghabiskan Seluruh Daya Baterai
Kebiasaan menghabiskan daya baterai sampai sehabis-habisnya sampai mati total merupakan hal yang tidak baik untuk dilakukan. Hal ini membuat hp menjadi tak memiliki daya sedikitpun dan ini adalah penggunaan yang terlalu ekstrim.

Akan lebih bagus jika kamu mengecas hp ketika sudah mencapai batas 10 persen atau 5 persen, hal ini sangat dianjurkan untuk melakukan charging. Jika daya yang ada pada baterai habis secara keseluruhan ini akan membuat kualitas baterai menjadi berkurang dan berakibat baterai menjadi bocor.

Cara Mengatasi Baterai HP yang Bocor Menjadi Normal Kembali

Ini adalah cara yang dapat kamu tempuh agar baterai hp kembali normal dan tidak bocor lagi. Cara ini bisa dipraktekkan untuk hp yang memiliki baterai yang dapat di lepas atau bukan baterai tanam. Karena tutorial kali ini kamu diharuskan untuk melepaskan baterai dari hp terlebih dahulu. Berikut adalah cara mengatasi baterai hp yang bocor:

Cara Mengatasi Baterai HP yang Bocor Menjadi Normal Kembali

1. Lepaskan baterai dari smartphone / hp kamu terlebih dahulu, lalu diamkan terlebih dahulu hingga suhu baterai terasa dingin.
2. Masukkan baterai hp tersebut kedalam plastik, ikat atau lakban sampai rapet hingga tidak ada lubang untuk udara dapat masuk.
3. Masukkan baterai yang sudah kamu lapisi plastik tadi kedalam freezer lemari es / kulkas. Dinginkan dan biarkan selama 8 jam sampai 12 jam.
4. jika sudah mencapai batas waktu, keluarkan baterai dari freezer tadi, buka bungkus plastiknya dan biarkan selama beberapa menit sampai suhu baterai normal kembali. Kamu bisa tunggu selama 2 jam sampai baterai benar-benar normal.
5. Pasang baterai smartphone, tapi jangan dihidupkan dulu. Langsung Charging / cas hp kamu sampai terisi penuh. Pastikan katika charger hp / smartphone dalam keadaan mati.
6. Jika baterai sudah penuh, nyalakan smartphone dan rasakan perubahan yang terjadi pada baterai yang sudah diperbaiki tadi. Biasanya baterai kembali normal dan bertahan lebih lama dari pada sebelumnya.

Cara diatas ini tentu tidak dapat membuat performa baterai kamu seperti baru, hanya saja baterai smartphone dapat bertahan lebih lama dari sebelumnya. Setidaknya baterai dapat bertahan cukup lama jika dibandingkan dengan keadaan saat baterai bocor.

Cara Agar Baterai Tidak Cepat Bocor

Hal yang harus diperhatikan agar baterai hp tidak cepat bocor dan awet kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Mengatur tingkat kecerahan layar smartphone, karena kecerahan atau brightness layar dapat memakan banayak daya smartphone.
  • Biasakan charger HP dalam keadaan mati 
  • Matikan semua konekstifitas seperti bluetooth, Wifi, atau penggunaan data ketika smartphone tidak digunakan atau kamu bisa pake mode Airplane.
  • Kurangi penggunaan hp ketika sedang charging atau cas
  • Kurangi penggunaan power bank berlebihan
  • Sebainya install aplikasi pihak ketiga untuk menghemat daya baterai.

Itu dia tadi cara memperbaiki baterai hp yang bocor menjadi normal kembali. Jika kebocoran sudah parah banget, baiknya kamu mengganti baterai dengan yang baru biar tidak menimbulkan hal yang berbahaya.

Jika kamu punya pendapat dan saran silahkan tulis dikolom komentar, jika kamu suka dengan artikel dari redaksiweb.com ini silahkan share ke teman-teman kamu.

0 Response to "Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor Menjadi Normal Kembali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel