iklan bagian Header

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul Secara Otomatis Di Semua Browser

Berikut ini merupakan cara untuk mengatasi tombol idm tidak muncul secara otomatis atau menampilkan kembali tombol download idm yang hilang di berbagai macam browser anda seperti mozila firefox, google chrome, uc browser, opera mini dan browser lainnya.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul Secara Otomatis Di Semua Browser

Internet Download Manager atau IDM merupakan salah satu software downloader paling banyak digunakan oleh pengguna windows saat ini. Dengan adanya idm membuat aktivitas download menjadi lebih cepat dari biasanya.

Tapi apa jadinya jika tombol idm tidak muncul secara otomatis pada browser anda? Atau tiba-tiba saja ketika anda membuka sebuah file video tombol download yang biasanya keluar secara otomatis, sekarang tidak muncul lago atau hilang. Hal ini tentu  bisa membuat anda kesulitan untuk mendownload file, video atau musik tersebut.

Agar tombol idm muncul kembali pada browser kamu, berikut adalah tutorial yang bisa kamu ikuti:

Cara Menampilkan Tombol IDM yang Hilang di Berbagai Browser
Sebelum kita memasuki tutorialnya, kamu harus memastikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:

  • Pastikan kamu sedang memakai IDM versi terbaru. Karena beberapa browser dengan update terbaru melarang untuk menambahkan ekstensi atau add-ons versi-versi lama. Hal ini demi kenyamanan kamu dalam menggunakan browser.
  • Pastikan browser yang kamu gunakan telah terintegrasi dengan extension IDM. Cara mengatahui apakah IDM sudah terintegrasi  atau belum, kamu bisa baca penjelasannya dibawah postingan ini beserta cara mengatasi idm tidak muncul pada broswer.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Google Chrome
Bagi kamu pengguna browser google chrome dan menginstall ekstensi IDM, namun tidak muncul secara otomatis. Maka kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut supaya tombol idm muncul kembali:

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Google Chrome

1. Buka menu browser dengan Klik icon titik tiga di pojok kanan atas > more tools > extensions.
2. Cari ikon ekstensi IDM. Hilangkan centang pada box Enabled, kemudian centang kembali dengan klik Enable. Jangan lupa untuk centang pada Allow in incognito, supaya IDM tetap bisa digunakan walau kamu sedang berada pada privat mode.
3. Jika sudah, silahkan reload (muat ulang) website atau blog tempat kamu mendownload film, maka ikon download IDM akan muncul kembali. Biar lebih bagus, kamu bisa restart browser nya dengan close dan buka lagi.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Mozila Firefox
Bagi kamu pengguna browser Mozila Firefox dan menginstall add-ons IDM, namun tidak muncul secara otomatis. Maka kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut supaya tombol idm muncul kembali di mozila firefox:

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Mozila Firefox

1. Buka menu bar mozilla di pojok kanan atas > klik pengaya (add-ons).
2. Buka menu ekstensi > klik tombol matikan, lalu aktfkan kembali.
3. Jika sudah, reload kembali halaman tempat anda ingin mendownload file tadi. Maka tombol download idm akan tampil.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di UC Browser
Bagi kamu pengguna browser UC Browser dan menginstall ekstensi IDM, namun tidak muncul secara otomatis. Maka kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut supaya tombol idm muncul kembali:

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di UC Browser

1. Buka menu bar uc browser di pojok kiri atas > pilih manage my extension
2. Klik tombol Disable, kemudian klik Enable kembali
3. Jika sudah, reload kembali halaman tempat anda ingin mendownload file tadi. Maka tombol download idm akan tampil.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Opera Mini
Bagi kamu pengguna browser Opera Mini dan menginstall ekstensi IDM, namun tidak muncul secara otomatis. Maka kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut supaya tombol idm muncul kembali:

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Opera Mini

1. Buka menu bar opera dengan cara klik tombol menu di pojok kiri atas > pilih extensions
2. Integrasikan terlebih dahulu Ekstensi IDM dengan klik-tarik (drag) file IDMGCExt atau IDMGCExt.crx dari source IDM di system C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager, drag ke laman extensions opera > lalu klik install.
3. Setelah itu, klik tombol Disable lalu Enable kembali
4. Reload halaman tempat anda ingin mendownload file tadi, maka tombol idm akan muncul kembali dengan begitu kamu bisa kembali mendownload file yang kamu inginkan.

Cara Mengatasi Extensi IDM Tidak Ada di Menu Extensi Browser
Jika ekstensi IDM tidak ada pada daftar ekstensi di browser kamu atau tidak muncul ada daftar ekstensi yang sudah terinstall. Maka kamu bisa lakukan hal berikut agar ektensi IDM muncul dalam daftar ektensi pada browser kamu. Cara ini berlaku untuk semua browser diatas.
Cara Mengatasi Extensi IDM Tidak Ada di Menu Extensi Browser

1.Buka Windows Explorer dengan cara start > fileExplorer atau shortcut tombol Windows + E.
2. Kemudian buka dan cari file IDMGCExt.crx dilokasi ( C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager ) Local Disk C > Program Files (x86) > Internet Download Manager > IDMGCExt.crx
3. Setelah ketemu, klik-tarik (drag) file tersebut  ke menu Extensi di browser anda masing-masing sesuai browser.

  • Google Chrome: Ikon titik tiga dipojok kanan atas > More tools > Extensions
  • Mozilla Firefox: Ikon burger di pojok kanan atas > Add-ons > Extensions
  • Opera Mini: Menu Bar pojok kiri atas > Extensions > Extensions
  • UC Browser: Menu Bar pojok kiri atas > Manage Extensions

4. Jika ada pemberitahuan pop-up muncul, klik OK atau Add extensions atau Install
5. Setelah itu, klik Enable atau Aktifkan extensi IDM yang baru saja anda tambahkan.
6. Centang juga pada Allow in incagnito / private mode, jika kamu ingin menggunakan IDM pada browser ketika dalam private mode (mode pribadi / rahasia)
7. Selesai.

Cara ini masih berlaku pada browser versi lama google chrome dan mozilla, jika kamu menggunakan versi terbaru google chrome dan mozilla mungkin cara ini tidak akan berhasil. Agar bisa berjalan mulus ada baiknya kamu downgrade chome dan mozila ke versi lama dulu untuk kemudian di update ke versi baru. Sedangkan Untuk Opera Mini dan UC Browser cara ini masih bekerja pada versi baru sekalipun.

Demikianlah tutorial cara mengatasi tombol idm tidak muncul secara otomatis di semua browser, semoga masalah kamu juga selesai dengan adanya tutorial ini. Jika kamu punya pertanyaan seputar hal ini bisa menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini.

Jika kamu suka dan merasa terbantu dengan tutorial ini, tolong bantu saya dengan membagikan artikel ini di media sosial kamu agar saya semakin semngat dalam menulis. Terus support saya dengan cara klik salah satu iklan yang ada. Terimakasih.

0 Response to "Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul Secara Otomatis Di Semua Browser"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel