iklan bagian Header

13 Fitur Baru Dalam Rilis Linux Mint 19

Sebuah artikel komprehensif yang menunjukkan tanggal rilis, fitur-fitur baru dan semua hal penting yang terkait dengan Linux Mint 19. Linux Mint 19 "Tara" telah dirilis. Mari kita lihat fitur-fitur baru di Linux Mint 19.

13 Fitur Baru Dalam Rilis Linux Mint 19

Apa yang baru di Linux Mint 19?

Ada sejumlah perbaikan dan perubahan di Linux Mint 19. Berikut ini sudah saya kemas menjadi 13 fitur terbaru dalam rilis linux mint 19. Apa aja fitur-fitur tersebut? Mari kita bahas satu persatu.

1. GTK 3.22 Memberikan Tampilan Dan Nuansa Yang Segar
Linux Mint 19 menggunakan GTK 3.22 dan ini memberi Linux Mint 19 tampilan yang sempurna. Anda akan melihat bahwa jendela dan antarmuka aplikasi memiliki tampilan yang lebih datar dan ramping. Perubahan halus ini membuat Mint 19 UI (User Interface) lebih menyenangkan dan enak dipandang mata.

GTK 3.22 Memberikan Tampilan Dan Nuansa Yang Segar

2. Layar Selamat Datang Baru Mint
Layar Welcome ( selamat dating ) Mint memiliki perubahan UI  dengan tautan langsung ke panduan pengguna dan petunjuk tentang hal-hal yang mungkin ingin dilakukan pengguna seperti menginstal codec, aplikasi populer, backup, memilih pengaturan populer, dll.

Layar Selamat Datang Baru Mint

layar welcome ini sangat membantu pengguna akan hal-hal yang harus dilakukan setelah menginstal linux mint 19. Apalagi untuk pengguna baru pasti akan sangat berguna.

3. Cinnamon 3.8
Cinnamon 3.8 telah dirilis untuk distro Linux lainnya tetapi belum dirilis pada Mint 18. Linux Mint 19 akan menjadi versi Mint pertama untuk mendapatkan desktop Cinnamon baru. Anda dapat membaca tentang perubahan dalam Cinnamon 3.8 di blog resmi Linux Mint.

4. Cinnamon Membuka Aplikasi Lebih Cepat Di Linux Mint 19
Tim Linux Mint melihat bahwa aplikasi di edisi MATE dan Xfce Linux Mint memuat aplikasi lebih cepat. Hal ini menyebabkan penyelidikan kinerja Cinnamon dalam meluncurkan aplikasi telah dilakukan.

Berdasarkan penyelidikan, Cinnamon 3.8 telah diperbaiki untuk membuka aplikasi dengan cepat. Yang berarti Linux Mint 19 Cinnamon akan terasa sedikit lebih cepat dibanding sebelumnya. Hal ini bisa jadi berita hangat untuk para pengguna Cinnamon.

5. Backup jadi Mudah dengan Timeshift
Linux Timeshift Mint adalah alat cadangan yang sangat baik untuk Linux. Dengan fitur baru dan lebih baik, Timeshift menjadi bagian integral dari Linux Mint.

Dengan Timeshift, Anda dapat mengambil snapshot dari sistem Anda secara otomatis dan jika ada masalah, Anda dapat dengan mudah mengembalikan sistem Anda ke keadaan sebelumnya. Ini adalah fitur baru yang sangat baik di Mint 19.

Sistem backup dan restore terbaik yang dikeluarkan oleh linux mint dan dapat di gunakan oleh distro linux lain. Backup sistem jadi lebih mudah untuk dilakukan.

6. Perubahan Mint Update
Mint Update telah melakukan perbaikan juga. Secara default, sistem tidak akan menampilkan pembaruan berdasarkan tingkat yang rekomendasi lagi. Sebaliknya, sistem memiliki pembaruan yang dikategorikan ke dalam beberapa jenis yakni: keamanan, kernel dan pembaruan perangkat lunak.

Perubahan Mint Update

Pembaruan manajer bergantung pada pencadangan timeshift untuk stabilitas sistem. Jika Timeshift tidak diatur, Anda akan mendapatkan peringatan.

Anda juga dapat mengaktifkan pembaruan otomatis dengan mudah sekarang. Dengan cara ini, sistem Linux Mint Anda akan diperbarui secara teratur tanpa intervensi manual.

Perubahan Mint Update interval manual


7. Pembaruan Manajer Perangkat Lunak (Software Manager)
Antarmuka pengguna dari Manajer Perangkat Lunak telah disempurnakan dan animasi transisi baru telah ditambahkan. Pencarian telah menjadi lebih cepat dan sekarang memungkinkan untuk mencari dalam bentuk kategori. Artinya, jika Anda berada dalam kategori Permainan, Anda hanya akan melihat game untuk kueri yang dicari.

Pembaruan Manajer Perangkat Lunak (Software Manager) mint 19

Dukungan Flatpak diaktifkan secara default tetapi ini telah dilakukan sejak Mint 18.3.

8. Volume Maksimum Yang Dapat Dikonfigurasikan
Dalam versi Linux Mint sebelumnya, jika Anda ingin meningkatkan volume melebihi 100%, Anda dapat melakukannya dari pengaturan audio. Namun, ini tidak terkait dengan tombol volume di sistem Anda. Anda tidak dapat melampaui 100% dengan kunci multimedia.

Volume Maksimum Yang Dapat Dikonfigurasikan linux mint 19

Di Linux Mint 19 hal ini dirubah. Anda sekarang dapat mengatur volume maksimum di mana saja antara 0 hingga 150%. Saat Anda menggunakan tombol volume di sistem Anda, itu tidak akan melampaui volume maksimum yang telah Anda tetapkan.
Misalkan kamu memberi rentang maksimum volume 70% jadi ketika kamu menggunakan tombol volume, maka tidak akan melebihi angka tersebut. Uniknya volume maksimum yang diberikan sampai 150% hal ini bisa membuat suara speaker jadi tambah kencang.

9. Perbaikan Pada Pembaca PDF Default
Pembaca PDF default pada linux mint, Xreader, telah dilakukan perbaikan. Anda sekarang dapat mengatur ukuran thumbnail, menghapus anotasi dan menyimpan dokumen ePub. Smooth-scrolling juga ditingkatkan.

Perbaikan Pada Pembaca PDF Default mint 19

Berdasarkan pengaturan pribadi Anda, Xreader akan menunjukkan kepada Anda dokumen yang baru saja dibuka. Jadi anda tau deh dokumen apa aja yang terakhir kali anda buka.

10. Perbaikan Pada File Manager Nemo
Ada beberapa peningkatan kinerja dalam file manager Nemo. Sekarang nemo lebih cepat dalam menampilkan isi direktori dan tidak terjadi lag saat memindahkan file ke perangkat USB. Pemindahan file ke flashdisk bisa menjadi lebih cepat.

Perbaikan Pada File Manager Nemo linux mint 19

Pencarian di Nemo sekarang lebih cepat dan Anda dapat menyimpan hasil pencarian dengan ‘menambahkan bintang’ ke dalamnya. Anda dapat melihat pencarian tersimpan dengan mengklik kanan ikon bintang.

11. Tidak Ada Edisi KDE
Linux Mint 18.3 adalah rilis terakhir untuk memiliki versi KDE resmi. KDE dihapus dari Linux Mint 19. Linux mint 19 hanya mengeluarkan tiga buah edisi atau varian saja yakni Linux mint Cinnamon, MATE dan Xfce. Anda masih dapat menginstal KDE pada Linux Mint 19 (tidak resmi) dan perangkat lunak port Mint ke Kubuntu.

Versi KDE Linux Mint 19 Tidak Ada

12. Tidak Ada Pengumpulan Data
Salah satu yang paling banyak dibicarakan tentang 'fitur' di Ubuntu 18.04 adalah kumpulan statistik perangkat keras dan statistik preferensi aplikasi. Meskipun Linux Mint 19 didasarkan pada Ubuntu 18.04, namun linux mint tidak akan mengumpulkan data semacam itu. Satu lagi alasan mengapa Linux Mint lebih baik dari Ubuntu?

13. Di Bawah Optimasi Kinerja Hood
Ada peningkatan dukungan untuk HiDPI. Harapan desktop Cinnamon yang lebih cantik di layar HD.

Terlepas dari perubahan visual, ada sedikit peningkatan kinerja juga. Desktop Cinnamon sedikit lebih cepat saat boot. Komputasi optimasi membawa biner terkompilasi yang dioptimalkan untuk Cinnamon / Xapps.

Unduh Linux Mint 19

Anda dapat mengunduh ISO dari situs web resmi Linux Mint:


Bagaimana Pendapat Anda?
Apakah anda akan beralih ke linux mint 19 atau mengupgrade nya? Silahkan rasakan perubahan-perubahan yang menyegarkan dari linux mint 19 Tara ini. Jika kamu sudah mencobanya, silahkan berikan pendapat dan masukkan kamu tentang 13 fitur baru linux mint 19 yang sudah kita bahas diatas pada kolom komentar dibawah ini. Dan kamu juga bisa bagikan pengalaman kamu dengan men-share artikel ini kepada teman-teman kamu yang lainnya.

Source : Linuxmint, itfoss

0 Response to "13 Fitur Baru Dalam Rilis Linux Mint 19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel