iklan bagian Header

6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Dalam artikel ini, kita akan memilih distro Linux terbaik untuk pemula. Artikel  ini akan membantu pengguna Linux baru untuk memilih distribusi pertama mereka.

6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018

Mari kita lihat, Linux dapat menimbulkan kerumitan luar biasa bagi pengguna baru yang benar-benar baru terjun ke dunia linux. Tetapi, itu bukan karena Linux itu sendiri yang rumit atau kompleks. Sebaliknya, itu adalah faktor "kebaruan" yang menyebabkan hal ini. Bukan bermaksud bernostalgia, tetapi mengingat waktu pertama kali saya dengan Linux, saya bahkan tidak tahu apa yang akan dilakukan dengan linux. Saya mulai menyukainya. Tapi saya harus berenang dari hulu ketika pertama kali belajar linux.

Tidak tahu harus memulai dari turunan linux apa, khususnya untuk orang yang tak memiliki konsep lain selain menggunakan windows.

Seperti yang kita tahu bahwa Linux lebih dari satu OS. Ini adalah gagasan di mana semua orang tumbuh bersama dan ada sesuatu untuk semua orang. Kamu bisa memilih linux sesuai dengan kebutuhan kamu. Saya sudah mengelompokkan nya sesuai kebutuhan kamu pada artikel dibawah ini:

  • Distro Linux terbaik untuk pengguna Windows
  • Distro Linux ringan terbaik
  • Distro Linux terbaik untuk peretasan (Hacking)
  • Distro Linux terbaik untuk game (Gaming)
  • Distro Linux terbaik untuk privasi dan anonimitas
  • Distro Linux terbaik yang terlihat seperti MacOS

Selain itu, ada distribusi yang melayani kebutuhan pendatang baru khususnya. Jadi berikut beberapa distro Linux untuk pemula.

Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Harap diingat bahwa daftar ini tidak ada aturan khusus. Kriteria utama untuk menyusun daftar ini adalah kemudahan instalasi, perangkat lunak perangkat keras, kemudahan penggunaan dan ketersediaan paket perangkat lunak.

1. Linux Mint Cinnamon

Linux Mint adalah distribusi Linux nomor dua di Distrowatch saat artikel ini diterbitkan. Sebelumnya Mint Terus Berada di Posisi pertama sebagai distro paling banyak digunakan. Takhta yang layak saya harus katakan. Linux mint adalah salah satu favorit pribadi saya. Ini elegan, anggun dan memberikan pengalaman komputasi yang unggul (out of the box).

Linux Mint Cinnamon

Linux Mint menampilkan lingkungan desktop Cinnamon. Pengguna Linux baru yang masih dalam proses membiasakan diri dengan perangkat lunak Linux akan menemukan bahwa Cinnamon sangat berguna. Semua perangkat lunak sangat mudah dikelompokkan berdasarkan kategori. Meskipun ini bukan fitur yang menakjubkan, bagi pengguna baru yang tidak tahu nama-nama perangkat lunak Linux, ini adalah bonus yang sangat besar.

Linux Mint cepat. Berjalan dengan baik pada komputer lama. Linux Mint dibangun di atas basis Ubuntu yang kokoh. Mint menggunakan repositori perangkat lunak yang sama dengan Ubuntu. Tentang repositori perangkat lunak Ubuntu, Ubuntu mendorong perangkat lunak untuk penggunaan umum hanya setelah pengujian ekstensif. Ini berarti pengguna tidak perlu berurusan dengan crash dan gangguan tak terduga yang terjadi pada beberapa perangkat lunak baru yang rawan.

Linux Mint Cinnamon Software Manager

Pecinta Windows 7 yang benar-benar ingin beralih dari Microsoft jika harus menginstall Windows 10 akan menemukan Linux Mint yang menyenangkan. Desktop Linux Mint sangat mirip dengan desktop Windows 7. Toolbar serupa, menu serupa, ikon baki yang sama semuanya siap untuk membuat pengguna Windows merasa benar-benar di rumah.

Secara pribadi, saya lebih cenderung menyarankan Linux Mint kepada seseorang yang baru mengenal dunia Linux karena Linux Mint cukup mengesankan pengguna agar mereka menerimanya. Bagi saya, Linux Mint harus menjadi yang pertama di antara daftar Linux untuk pemula.

2. Ubuntu

Jika Anda telah mencari dan survey Linux di internet, sangat mungkin Anda akan menemukan Ubuntu. Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux terkemuka. Ini merupakan pilihan yang sempurna untuk memulai perjalanan Linux Anda.

Ubuntu Desktop

Ubuntu telah ditandai sebagai Linux untuk manusia. Karena Ubuntu telah menempatkan banyak upaya pada kegunaan universal. Ubuntu tidak mengharuskan Anda menggunakannya secara teknis. Karena itumelanggar gagasan Linux = kerumitan baris perintah. Ini adalah salah satu poin plus utama yang membuat Ubuntu meroket ke tempat itu hari ini.

Ubuntu menawarkan prosedur instalasi yang sangat mudah. Bahasa utama penginstalan adalah Bahasa inggris, tapi Anda bisa memilih bahasa lainnya. Anda bahkan dapat mencoba Ubuntu sebelum benar-benar melakukan prosedur instalasi. Yakni dengan memanfaatkan fitur live usb. Penginstal menyediakan opsi sederhana untuk:

  • Instal Ubuntu menghapus OS lama
  • Instal Ubuntu di samping OS yang ada (Pilihan A diberikan pada setiap startup untuk memilih OS untuk boot).
  • Konfigurasikan partisi untuk pengguna yang tahu apa yang mereka lakukan.

Tip pemula: Pilih opsi kedua jika Anda tidak yakin dengan apa yang anda dilakukan.

Antarmuka pengguna Ubuntu disebut Unity. Ini sangat sederhana dan produktif. Aplikasi berjalan dan aplikasi favorit di taksbar di sisi kanan (disebut 'Dash') dan pencarian aplikasi pada tombol Super (Windows). Apakah ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya makin mudah?

Tidak ada masalah penginstalan driver karena Ubuntu dilengkapi dengan detektor perangkat keras yang mendeteksi, mengunduh, dan menginstal driver optimal untuk PC Anda. Juga, instalasi dilengkapi dengan semua perangkat lunak dasar seperti pemutar musik, pemutar video, suite kantor dan permainan untuk menghabiskan waktu.

Ubuntu memiliki dokumentasi dan dukungan komunitas yang bagus. Forum Ubuntu dan Ask Ubuntu memberikan dukungan kualitas yang lumayan di hampir semua aspek mengenai Ubuntu. Sangat mungkin bahwa pertanyaan apa pun yang Anda miliki sudah akan dijawab. Dan jawabannya ramah bagi pemula.

Lihat dan unduh Ubuntu di situs resmi.

3. Zorin OS

Sebagian besar pengguna komputer adalah pengguna Windows. Dan ketika pengguna Windows menggunakan Linux, ada cukup banyak 'proses unlearning' yang harus dilewati oleh pengguna. Sejumlah besar operasi telah tercatat dalam ingatan otot kita. Misalnya, mouse mencapai sudut kiri bawah layar (Mulai) setiap kali Anda ingin meluncurkan aplikasi. Jadi, jika kami dapat menemukan sesuatu yang memudahkan masalah-masalah ini di Linux, itu adalah setengah dari pertarungan yang dimenangkan. Masuk Zorin OS.

Zorin OS Windows Experience

Zorin OS adalah distribusi Linux yang sangat dipoles berbasis Ubuntu, seluruhnya dibuat untuk para pengungsi Windows. Meskipun cukup banyak setiap distro Linux dapat digunakan oleh semua orang, beberapa orang mungkin cenderung enggan ketika desktop terlihat terlalu asing. Zorin OS menghindari rintangan ini karena kemiripannya dengan tampilan Windows.

Manajer paket adalah sesuatu dari konsep baru untuk pendatang baru Linux. Itulah sebabnya Zorin OS hadir dengan daftar perangkat lunak pra-instal yang sangat besar (yang saya maksud sangat besar). Apa pun yang Anda butuhkan, ada kemungkinan besar itu sudah terpasang di Zorin OS. Seolah-olah itu tidak cukup, Wine dan PlayOnLinux sudah terinstal sehingga Anda dapat menjalankan perangkat lunak dan game Windows yang Anda cintai di sini juga.

Zorin look changer

Zorin OS hadir dengan mesin tema luar biasa yang disebut 'Zorin look changer ’. tema ini menawarkan beberapa pilihan kustomisasi berat dengan preset untuk membuat OS Anda terlihat seperti Windows 7, XP, 2000 atau bahkan Mac. Anda akan merasa seperti di rumah.

Fitur-fitur ini menjadikan Zorin OS distro Linux terbaik untuk pemula, bukan? Kunjungi situs web Zorin OS untuk mengetahui lebih lanjut dan mengunduh OS.

4. Elemantary OS

Karena saya telah melihatkan distro Linux untuk pengguna Windows, mari kita ajukan sesuatu untuk pengguna MacOS juga. Elementary OS dengan cepat menjadi terkenal dan sekarang selalu dimasukkan dalam daftar distro teratas, semua berkat esensi estetiknya. Terinspirasi oleh tampilan MacOS, Elemantary OS adalah salah satu distro Linux yang paling indah.

Elemantary OS Desktop

Elemantary OS adalah sistem operasi berbasis Ubuntu yang berarti sistem operasi itu sendiri tidak diragukan lagi kestabilannya. Elemantary OS memiliki lingkungan desktop Pantheon. Anda dapat segera melihat kemiripan dengan desktop MacOS. Ini merupakan keuntungan bagi pengguna MacOS yang beralih ke Linux karena mereka akan merasa lebih nyaman dengan desktop dan ini benar-benar memudahkan proses adaptasi.

Menu sederhana dan dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi pengguna. Sistem operasi tanpa gangguan sehingga Anda benar-benar dapat fokus pada pekerjaan Anda. Elemantary OS datang dengan sejumlah kecil perangkat lunak pra-instal. Jadi, setiap pengguna baru tidak akan mendapatkan ruang penyimpanan yang terpakai besar. Tapi, hei, semua yang Anda butuhkan. Untuk perangkat lunak lainnya, Elemantary OS menyediakan AppCenter yang rapi. Ini sangat mudah diakses dan sederhana. Semuanya di satu tempat. Anda bisa mendapatkan semua software yang Anda inginkan dan melakukan upgrade hanya dengan klik.

Elemantary OS Software Manager

Pengalaman yang luar bisa, Elemantary OS benar-benar merupakan bagian dari perangkat lunak. Anda harus mencobanya.

5. Linux Mint Mate

Banyak orang yang beralih ke Linux untuk menghidupkan kembali komputer lama mereka. Dengan Windows 10, banyak komputer yang memiliki spesifikasi yang layak beberapa tahun yang lalu telah menjadi tidak kompatible lagi saat ini. Google dengan sangat cepat akan menyarankan Anda untuk menginstal Linux pada komputer seperti itu. Linux Mint Mate adalah distro Linux yang hebat jika Anda mencari sesuatu untuk menjalankan komputer lama Anda.

Linux Mint Mate

Linux Mint Mate sangat ringan, sumber daya efisien tetapi masih merupakan distro yang dipoles. Linux Mint Mate dapat berjalan dengan lancar di komputer dengan kekuatan otot yang lebih sedikit. Lingkungan desktop tidak dilengkapi dengan lonceng dan jingle. Tetapi tidak ada lingkungan desktop yang secara fungsional lebih rendah daripada mint mate. Sistem operasi tidak mengganggu dan memungkinkan Anda memiliki pengalaman komputasi yang produktif tanpa menghambat Anda.

Sekali lagi, Linux Mint Mate didasarkan pada Ubuntu dan memiliki keuntungan dari repositori perangkat lunak Ubuntu solid dasar yang besar. Muncul dengan jumlah minimum pra-instal. Instalasi driver dan pengaturan pengaturan yang mudah tersedia.

Anda dapat menjalankan Linux Mint Mate bahkan jika Anda memiliki RAM 512 MB dan ruang hard disk 9 GB (semakin meriah).

Lingkungan desktop Mate benar-benar mudah digunakan tanpa tikungan dalam dongeng. Ini benar-benar titik plus besar bagi pemula Linux. Semua alasan untuk mencoba Linux Mint Mate.

6. Manjaro Linux

Baik. Pengguna Linux lama akan mengatakan “membimbing seorang pendatang baru bahkan dalam arah umum Arch Linux adalah dosa”. Tapi dengarkan aku dulu.

Manjaro Linux

Arch dianggap sebagai Linux bagi yang ahli, karena prosedur instalasi yang sangat rumit. Walau Manajro dan Arch Linux memiliki asal yang sama. Tetapi mereka berbeda secara luas dan dalam segala hal lainnya.

Manajro Linux memiliki prosedur penginstalan yang sangat ramah pemula. Banyak hal yang otomatis seperti pemasangan driver menggunakan ‘Deteksi perangkat keras’. Manjaro sangat meniadakan kerumunan driver perangkat keras yang menyengsarakan banyak distro Linux lainnya. Dan bahkan jika Anda menghadapi masalah apa pun, Manjaro memiliki dukungan komunitas yang luar biasa.
Manjaro memiliki repositori perangkat lunak sendiri yang memelihara perangkat lunak terbaru.

Meskipun menyediakan perangkat lunak terkini untuk pengguna adalah prioritas, stabilitas terjamin sama sekali tidak terganggu. Ini adalah salah satu perbedaan utama antara Arch dan Manjaro.

Manjaro menunda rilis paket untuk memastikan mereka benar-benar stabil dan tidak ada regresi yang akan terjadi. Anda juga dapat mengakses Arch User Repository di Manjaro, jadi apa saja dan semua yang Anda butuhkan, selalu tersedia.

Tampilan Manjaro Linux

Manjaro Linux hadir di XFCE, KDE, Gnome, Cinnamon dan sejumlah lingkungan desktop. Lihatlah situs web resmi.

Untuk menginstal salah satu dari 6 sistem operasi di atas, Anda perlu membuat USB stick yang dapat di-boot.

Pilihan Anda untuk distro Linux terbaik bagi pemula?
Linux mungkin datang dengan kurva pembelajaran, tetapi itu bukanlah sesuatu yang harus disesali oleh siapa pun. Silahkan download  ISO nya dan install Linux. Jika Anda sudah menjadi pengguna Linux, jangan hanya berdiam diri, bagikan artikel ini dan bantu seseorang jatuh cinta dengan Linux.

Source : Linux, LinuxMint, LinuxUbuntu, LinuxElementaryOS, LinuxZorinOS, LinuxManjaro, itfoss.

0 Response to "6 Distro Linux Terbaik untuk Pemula di 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel