iklan bagian Header

Cara Membuka File Webarchive di Windows

Berikut ini adalah definisi webarchive dan cara untuk membuka file .webarchive agar bisa terbaca di windows tanpa menggunkan extractor webarchive terbaru.


Ini adalah pengalaman pertama saya untuk membuka file dengan format extension .webarchive. Ketika itu teman saya meminta bantuan kepada saya untuk membuka sebuah file webarchive, dan saya sendiri belum pernah membuka file dengan format ekstensi tersebut.

Untuk menjawab rasa penasaran saya, saya mencoba mencari di google apa itu file webarchive dan cara membaca file webarcive tersebut. Sebelum membuka file ada baiknya kita mengetahui apa itu webarcive, cara kerjanya beserta contohnya.

Pengertian Webarchive

Webarchive adalah sebuah format file yang terkompresi (gambar, teks, html, css dan seluruh komponen web), didefinisikan oleh Java EE standar, untuk menyimpan semua sumber daya yang diperlukan untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Web dalam satu file dan bisa diakses ketika offline. Kamu bisa membaca lebih lajut seputar hal ini pada artikel pengertian web archive.

Webarchiving adalah sebuah proses penggabungan komponen-komponen dari WWW (World Wide Web) dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.

Cara Kerja Web Archiving

Cara yang paling umum digunakan untuk pengumpulan web adalah menggunakan web crawler untuk mengotomatisasi proses pengumpulan halaman web. Web crawler biasanya mengakses halaman web dengan cara yang sama dengan yang dilakukan user yang menggunakan web browser untuk menemukan website yang ingin dicari.

Contoh Web Archive

Local Website Archive

Aplikasi inilah yang dapat dengan cepat untuk menyimpan dan mengarsipkan secara lengkap halaman web, disertai dengan keseluruhan gambar untuk tujuan digunakan sebagai referensi. Kamu dapat mengorganisasir arsip halaman web ke dalam kategori-kategori yang relevan atau sejenis, dan dapat menggunakan built-in browser display untuk menampilkannya secara offline.

Darimana File Webarchive dibuat?

Webarchive adalah format file yang dibuat oleh Safari web browser. File Webarchive berisi HTML, gambar, suara, dan video dari halaman web yang sebelumnya dikunjungi. File-file ini membantu memuat  halaman, dan juga memungkinkan untuk melihat materi yang disimpan dari halaman saat tidak terhubung ke internet (offline). File Webarchive dapat digunakan pada Safari untuk Windows dan Mac.

File webarchive mirip dengan file MHTML, yang menyimpan informasi HTML yang diperoleh melalui Internet Explorer. Untuk membuka file .webarchive di browser lain, kamu harus merubah format file terlebih dahulu. Caranya : Klik kanan file tersebut > open file with > Ms. Word > Save As > Beri nama file dan pilih format .webpage > Save.

Setelah mengetahui bahwa file webarchive berasal dari safari web browser, maka cara termudah untuk membuka file tersebut adalah dengan browser safari itu sendiri. Jadi kita harus punya MacOs dan Aplle dulu dong baru bisa buka file tersebut?

Anda tidak harus punya Apple atau MacOs terlebih dahulu untuk menginstall Safari karena ada versi safari yang bisa di install di windows. Untuk lebih jelas nya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Membuka File .webarchive di Windows

Menggunakan Safari Web Browser

Ini adalah cara paling cepat dan gampang untuk membuka dan membaca file webarchive yang berasal dari safari itu sendiri.

Membuka File Webarchive dengan Safari Web Browser

1. Silahkan Download dan instal safari web browser untuk windows di link berikut ini Safari For Windows > Langsung saja pilih Direct Download.
2. Setelah selesai di install, klik kanan pada file .webarchive tersebut > pilih open with > Safari
3. Maka file itu dengan mudahnya akan terbuka dan kamu bisa membaca isi file tersebut.
4. Kamu bisa Menyimpan Halaman web menjadi PDF agar bisa dicetak atau di Print atau untuk dokuemntasi ketika dibuka di devaice lain.

Safari yang saya gunakan ini bekerja pada windows 10, jika kamu punya windows 7/8 silahkan dicari sendri safari yang support dengan versi windows kalian masing-masing.

Konversi file .webarchive 

Cara kedua yang bisa kamu coba adalah mengkonversi file .webarchive menjadi .webpage, cara ini menggunakan aplikasi Ms.Word. berikut cara mengkonversinya:

Konversi file .webarchive dengan Ms. Word

1. Klik kanan file .webarchive > pilih open with > Ms. Word, Jika ada jendela peringatan, pilih saja yes.
2. kemudian pilih menu > Save As > Isi nama file dan pilih format ekstensinya menjadi  “.webpage” > Save
3. Kemudia kamu bisa mencoba membukanya menggunakan browser yang ada di komputer kamu. kamu juga bisa coba Cara Menyalin Teks dari Gambar atau Foto ke Microsoft Word

Dari dua cara diatas, saya lebih menganjurkan anda untuk mencoba cara yang pertama, karena cara tersebut lebih terbukti berhasil dan sangat cepat sekaligus mudah.

Sekarang kamu sudah bisa membaca isi file . webarchive yang dikirim oleh teman mu dan mengetahui isi file tersebut. Semoga tutorial singkat ini dapat membantu kamu dalam membuka file tersebut.

Jika kamu punya cara lain untuk membuka file webarchive silahkan berikan pendapatmu pada kolom komentar dibawah ini, jika kamu merasa erbantu dengan artikel ini tidak ada salahnya kamu membagikan artikel ini agar mereka juga dapat membuka file webarchive dengan mudah.

0 Response to "Cara Membuka File Webarchive di Windows "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel