iklan bagian Header

Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengorbankan Kualitas Video

Berikut ini adalah cara mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas video itu sendiri. Cara ini sangat mudah diaplikasikan dan dapat mengkompres video hingga size nya jadi kecil banget.

Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas dengan HandBrake

Ukuran atau size video yang besar memang sangatlah wajar apalagi kalau video punya efek dan resolusi yang bagus tentu memiliki ukuran file yang besar juga. Seperti film-film yang kamu download dari internet terkadang punya ukuran 1-2gb untuk resolusi 720p atau 1080p dengan durasi 1-2 jam.

Untuk menampung film yang ukurannya besar tentu memakan ruang penyimpanan, apalagi untuk kamu yang suka koleksi film tentu hal ini sangat bermanfaat dalam mengurangi space di hardisk anda.

Selain mengurangi space di hardisk, mengecilkan ukuran video juga sangat dibutuhkan dalam mengirim video atau upload video. Dengan ukuran video yang kecil tentu akan semakin cepat dalam mengupload video dan menghemat kuota internet bagi anda yang pake kuota. Mengirim video dengan ukuran yang kecil juga semakin cepat.

Selain video, kamu juga bisa mengkompres atau mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas foto itu sendiri.

Saya menggunakan aplikasi kompresi video untuk kebutuhan upload video agar lebih mudah dan hemat kuota loh, jadi kalian bisa coba cara ini agar space hardisk, kuota, dan proses upload kamu jadi semakin mudah.

Aplikasi Compress Video 

Aplikasi kompres video yang saya gunakan kali ini adalah HandBrake, software ini berfungsi untuk memperkecil ukuran video dan aplikasi ini Open source loh alias bebas (free). HandBrake merupakan software encoder video untuk mengcompress ukuran video tanpa mengurangi kualitas video aslinya.

Selain gratis, software ini sangat mudah digunakan dan tampilannya juga userfriendly banget yang bikin kamu makin mudah deh dalam penggunaannya.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di PC dengan HandBrake

Pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengurangi ukuran videonya tentu kamu harus download Handbrake dan instal software Handbrake. Jika sudah diinstall kamu bisa ikuti cara mengecilkan ukuran video dibawah ini:


1. Buka Aplikasi HandBrake, dan pilih File “Open a single Video file”.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di PC dengan HandBrake

2. Silahkan Cari file video yang akan kamu compress, jika sudah dapat klik Open.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di PC dengan HandBrake

3. Pada file destination pilih tempat file akan disimpan lalu beri nama file. Jangan lupa atur preset disebelah kanan untuk jenis video yang akan di compress.  Kamu bisa pilih rasio video yang cocok berdasarkan aturan youtube.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di PC dengan HandBrake

4. Pada tab Video silahkan diatur sesuai gambar. Pada bagian Content Quality, saya menggunakan 27, tapi untuk pertama kali mencoba sebaiknya dibiarkan tetap di 20. Ini mengenenai kualitas video semakin besar jumlahnya maka kualitas video akan dikorbankan.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di PC dengan HandBrake

5. Jika sudah selesai, silahkan klik tombol start.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di PC dengan HandBrake

6. Tunggu sampai proses compress selesai. Lama proses tergantung ukuran video aslinya. Jika berhasil atau telah selesai maka akan muncul tulisan Queue Finished.
7. Kalian bisa lihat hasil kompres yang sudah kita lakukan pada video percobaan pada gambar sebelum dan sesudah di kompres dengan handbrake.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di PC dengan HandBrake

Kesimpulan

Aplikasi ini akan sangat bagus mengecilkan ukuran video apabila video berasal dari hasi editing sendiri atau video original dari kita, kemudian aplikasi ini juga bagus mengkompres video yang ber ekstensi .avi menjadi mp4 hasilnya akan sangatlah ramping dan kecil.

Semoga tutorial singkat ini bisa membantu anda dalam masalah ukuran file video yang terlalu besar sehingga menyulitkan anda dalam mengupload video ataupun dalam menyimpannya di hardisk anda sendiri.

Jika kamu suka dengan tutorial Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi kualitas video silahkan share dan bagikan kepada teman anda, jika kamu punya pertanyaan dan pendapat lain seputra topik diatas silahkan berikan pendapat dan komentarmu pada kolom komentar dibawah ini.

0 Response to "Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengorbankan Kualitas Video"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel