iklan bagian Header

8 Cara Mengatasi Fingerprint Error di Smartphone Android

8 cara praktis ini dapat mengatasi masalah fingerprint error di smartphone android kamu. Silahkan simak 8 cara praktis tersebut dibawah ini.

8 Cara Mengatasi Fingerprint Error di Smartphone Android

Salah satu trend fitur keamanan pada smartphone saat ini selain face id atau face unlock adalah finger print (sidik jari). Hampir semua smartphone pada tahun 2018 ini sudah menerapkan fitur finger print sebagai pelengkap keamanan smartphone.

Finger print atau pemindai sidik jari lebih banyak digunakan saat ini dibanding face unlock karena fitur ini cukup rumit dan butuh modal lebih agar smartphone tersebut bisa menggunakannya, contohnya bisa kita temui pada smartphone flagship dengan harga belasan juta rupiah.

Walaupun banyak dipakai oleh pengguna, fingerprint scanner tidak luput dari yang namanya masalah. Terkadang, fingerprint bisa menjadi lemot saat membaca sidik jari pengguna.

Nah, untuk mengatasi permasalah fingerprint ini, kamu bisa lakukan hal berikut ini agar sensor fingerprint makin cepat dalam membaca pola sidik jari dan makin akurat.

8 Cara Mengatasi Masalah Sensor Sidik Jari Pada Smartphone

1. Pastikan Sidik Jari Bersih
Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat ingin mendaftakan sidik jari kamu adalah memastikan bahwa sidik jari dalam keadaan bersih. Dengan artian bahwa tidak ada noda-noda yang menempel yang dapat mempengaruhi pola sidik jari kamu.

Ada baiknya kamu mencuci tangan dengan bersih bila perlu pakai sabun biar benar-benar bersih. Jika sudah dirasa bersih dan bebas noda, silahkan kamu daftarkan sidik jari kamu sebagai kemanan pada smartphone mu.

2. Daftarkan Satu Jari Lebih dari Sekali
Fitur sensor fingerprint pada smartphone membolehkan pengguna untuk mendaftarkan sidik jari yang sama lebih dari satu kali untuk membuka kunci smartphone menjadi lebih cepat dan anti lemot. Cara Cepat Charge Baterai Smartphone, Efektif Hemat Daya dan Waktu

Cara pendaftarannya seperti, pada fingerprint pertama kamu mendaftarkan jari telunjuk kanan. Kemudian pada fingerprint kedua kamu bisa daftarkan lagi jari telunjuk kanan dengan posisi jari agak ke pinggir.

Sistem Android akan mendeteksi bahwa sidik jari yang baru ditambahkan secara otomatis akan meningkatkan akurasi dari sebuah jari. Disarankan untuk  menambah sidik jari yang sama sebanyak 2 kali.

3. Gunakan Dua Jari Tangan
Selain mendaftarkan satu jari yang sama sebanyak dua kali, kamu juga bisa mendaftarkan dua sidik jari berbeda. Menggunakan dua sidik jari yang berbeda bertujuan untuk mempermudah dalam membuka kunci saat sidik jari yang satu sedang error karena berkeringat, basah atau terkena noda.

Kamu bisa menambahkan dua sidik jari yang menurut kamu cepat dalam mengakses tombol fingerprint seperti jari tangah dan telunjuk atau jari telunjuk kanan dan kiri. Agar lebih akurat kamu bisa daftarkan sidik jari tersebut lebih dari sekali, seperti langakah diatas.

4. Restart Smartphone
Jika sensor masih mengalami error, kamu bisa melakukan reboot atau restart andorid kamu. Dengan melakukan reboot ini file sistem akan kembali normal dan fresh kembali. Bisa jadi ada sebuah file yang crash yang menyebabkan fingerprint menjadi error. Jadi tidak ada salahnya mencoba cara ini.

5. Membersihkan Cache Fingerprint
Setelah langkah keempat juga tidak bisa. Cara selanjutnya adalah melakukan clear cache fingerprint. Hal ini bertujuan untuk menghapus history sidik jari kamu. Caranya masuk ke menu settings > pilih Manager Aplikasi > cari aplikasi Fingerprint > pilih menu clear cache. Cara ini tergantung jenis smartphone kamu yang bisa kamu sesuaikan sendiri.

6. Hapus Data Fingerprint
Langkah berikutnya yang bisa kamu coba adalah menghapus data fingerprint. Melakukan Hapus data fingerprint berarti kamu menghapus data sidik jari yang sudah direcord di dalam memory fingerprint. Jadi, kamu harus merecord ulang sidik jari kamu setelah berhasil menghapus datanya.

7. Factory Reset
Langkah terakhir yang bisa kamu coba setelah semua cara diatas tidak kunjung berhasil adalah melakukan factory reset atau mengembalkan settingan smartphone ke pengaturan pabrik. Sebelum benar-benar melakukan hal ini, ada baiknya kamu backup data-data penting.
Untuk Cara factory reset bisa kamu searching di google sesuai jenis dan type smartphone yang kamu gunakan.

8. Service Center
Mungkin ini adalah langkah terakhir jika kamu tidak bisa mengatasinya sendirian. Kamu bisa membawa smartphone kamu ke tukang service atau service center agar diperbaiki oleh mereka.  Atau  kamu bisa bertanya dan minta tolong kepada teman yang dikira sedikit lebih paham soal Hp. Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor Menjadi Normal Kembali

Itu dia tadi 8 Cara Mengatasi Fingerprint Error di Smartphone Android. Semoga 8 cara diatas dapat memperbaiki masalah pada fingerprint smartphone kamu. Jika kamu berhasil jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada yang lain agar mereka juga terbantu jika mendapatkan masalah yang sama.

Jika masih bingung dan punya solusi sendiri soal hal ini jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar dibawah ini, agar kita saling belajar, membantu dan berbagi. Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan Happy learning!

0 Response to "8 Cara Mengatasi Fingerprint Error di Smartphone Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel