iklan bagian Header

Boleh Gak Fitness Kalau Sakit

Boleh gak latihan gym kalau lagi sakit? Kali ini kita akan membahas tentang nge-gym saat sakit, boleh apat tidak ya, atau nge-gym dirumah atau malah istirahat dirumah aja. Yuk kita bahas bareng-bareng di artikel ini.
Boleh Gak Fitness Kalau Sakit

Kalau kamu lagi sakit sebaiknya tidak melakukan latihan dulu, kenapa? Karena akan menyebabkan beberapa hal dibawah ini jika kalian tetep maksa latihan saat sedang sakit:

Boleh Gak Fitness Saat Sakit:

1. Tergantung Jenis Sakit
Ada bebrapa jenis penyakit yang mengharuskan kamu tidak boleh sama sekali melakukan latihan atau gym. Ada juga beberapa penyakit yang kamu tetap bisa melakukan latihan atau gym. Contohnya :

  1. Demam/pilek dimana tubuh benar-benar panas, sebaiknya jangan latihan.
  2. Sakit tenggorokan juga merupakan tanda dimana kalian tidak jangan latihan. 
  3. Kurang tenaga jangan coba untuk latihan.

Jika kalian memiliki salah satu dari tiga tanda diatas jangan latihan.

Tapi ada juga jenis penyakit yang kamu tetap bisa lakukan latihan atau gym, contohnya sakit kepala sedikit kamu masih bisa pergi ke gym untuk latihan. Kalau cuma flu ringan yang mengeluarkan sedikit cairan kamu masih bisa latihan. Jadi kamu harus bisa bedain jenis sakit yang kamu alami.

2. Kalian Tidak Bisa Latihan Efektif
Saat sakit tubuh tidak dalam kondisi yang baik dan prima, sebabnya kamu tidak bisa melakukan hal-hal di gym secara efektif. Misalnya mengangkat beban menjadi tidak efektif karena tidak ada tenaga atau lagi lemas. Untuk membentuk otot yang besar kalian harus menambah beban, jadi harus oprtimal dan fit.

3. Bisa Lebih Parah
Kemungkinan besar kalau kamu tetap maksa latihan saat sedang sakit, sakit kamu bisa makin parah. Misalnya kamu sedang sakit flu yang harusnya bisa sembuh satu atau dua hari akibat latihan bisa memakan waktu yang lebih lama lagi untuk penyembuhan. Jadi waktu kamu bisa terbuang untuk latihan. Sebaiknya istirahat dahulu untuk pemulihan tubuh, jika sudah sehat kamu bisa latihan lagi lebih lama.

4. Cardio
Jika kalian sedang sakit, kalian bisa ganti latihan angkat beban dengan melakukan cardio. Karena saat sakit mengangkat beban berat bisa menambah parah penyakit kamu lebih baik ganti dengan cardio yang ringan.

5. Lebih Baik Istirahat
Jika kamu sakit lebih baik prioritaskan istirahat untuk memulihkan tubuh kamu.  Jika kamu tetap memaksa latihan saat sedang sakit kamu butuh waktu yang lama untuk pulih, misalnya kamu sakit demam atau flu yang membutuhkan waktu satu dua hari untuk sembuh tapi akibat kamu latihan bisa sampai 3 minggu untuk sembuh. Ini bisa membuat latihan kamu tidak optimal dan efektif. Kamu harus lebih pintar dalam menggunakan waktu.

Jika tubuh kalian bilang tidak, sebaiknya kalian jangan coba untuk latihan. Lebih baik istirahat dan berobat kedokter untuk segera sembuh dan pulih.

Baca juga : Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga

Kalau kalian takut satu dua hari tidak nge-gym otot kalian akan hilang itu tidak benar. Satu, dua atau tiga hari tidak latihan itu tidak apa-apa, jadi kalian dapat istirahat yang bagus.

Kesimpulannya sudah bisa kamu ambil sendiri ya, kalo sakit parah lebih baik ga usah deh latihan. Lebih baik utamakan kesehatan dan memulihkan tubuh dengan istirahat yang cukup. Kalau sakitnya ga parah banget kamu masih boleh latihan dan lebih baik ga usah angkat beban yang berat-berat dulu, kamu bisa ganti dengan cardio. Istirahat yang cukup juga baik kok jadi ga memulu nge-gym ya!

0 Response to "Boleh Gak Fitness Kalau Sakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel