iklan bagian Header

Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga

Boleh gak sih makan sebelum memulai latihan gym atau olahraga? Atau kamu harus makan sesudah latihan? Buat kamu yang baru saja ingin memulai latihan gym, olahraga atau fitness tentu hal ini sering menjadi pertanyaan yang terlintas dipikiran mu.

Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga

Sebenarnya yang paling bagus adalah kamu boleh makan sebelum atau sesudah latihan berolahraga. Untuk ukuran porsinya harus kamu sesuaikan dengan kondisi kamu yang sedang diet atau bulking.

Makan Sebelum Latihan

Waktu yang paling bagus adalah 1,5 jam – 2 jam sebelum memulai latihan.  Kamu bisa makan satu meal yang komplit seperti dada ayam, nasi dan sayur. (telur, nasi, sayur) supaya ada tenaga saat latihan

Kenapa 1,5 jam sampai 2 jam sebelum latihan? Agar makanan bisa dicerna dulu dan tidak menimbulkan mual ketika sedang latihan. Kondisi perut yang baru selesai makan bisa menyebabkan mual ketika kamu mengangkat beban. Jadi kamu haru perhitungkan waktu yang tepat.

Kalau kamu masih lapar 1 jam – ½ jam  sebelum latihan, kamu bisa makan buah seperti apel dan pisang. Pisang lebih bagus dikonsumsi sebelum olahraga karena lebih banyak gula dibanding apel. Atau kamu bisa minum fatbar yang kamu bikin sendiri dirumah, bisa juga minum kopi. Itu bisa menunda lapar kamu 1jam -  ½ jam sebelum latihan.

Baca juga: 32 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Seluruh Tubuh

Buat kalian yang pakai suplemen, 1 jam – ½ jam sebelum latihan adalah waktu yang cocok untuk mengkonsumsinya. Setelah waktu tersebut tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan lain agar tidak menimbulkan mual dan tidak enak diperut saat latihan atau gym.

Makan Sesudah Latihan

Sesudah latihan kamu bisa makan buah dan ini sangat baik, kenapa? Karena saat latihan seluruh energi yang tersimpan di tubuh dikeluarkan dan kita butuh asupan yang cepat mengembalikan energi itu, buah adalah makanan yang tepat. Buah yang cepat dan tepat dikonsumsi setelah latihan adalah pisang. Tapi kalau kamu mau buah yang lain juga boleh seperti apel dan nanas serta buah lainnya. Buat kalian yang sedang diet, tidak harus makan buah.

Sesudah latihan juga bagus buat kamu minum suplemen weight, karena tubuh kita butuh protein setelah latihan agar cukupi asupan protein tubuh kamu.

Setelah ½ jam – 1 jam setelah latihan kamu bisa makan lagi satu meal porsi lengkap nasi, ayam dan sayur untuk mengembalikan tenaga tubuh mu. Kamu harus cukupi semua kebutuhan asupan tubuh kamu yang terpenting.

Yang paling penting itu kamu makan sebelum dan sesudah latihan dengan mengikuti jadwal seperti ini.

Jadwal Makan Sebelum dan Sesudah Latihan

Sebelum Latihan:
1. Makan 1,5 jam / 2jam  (Nasi  +  Ayam / telur/ daging  + sayur)
2. Buah ½ jam – 1 jam + suplemen weight / fatbar/ kopi (jika ada)

Setelah Latihan:
1. Buah + suplemen weight / fatbar/ kopi (jika ada)
2. Makan ½ jam – 1 jam (Nasi  +  Ayam / telur/ daging  + sayur)

Yang paling penting dari semua hal diatas adalah AIR. Kamu harus selalu cukupi kebutuhan air sebelum, saat latihan, atau sesudah latihan. Untuk mengganti keringat yang kamu keluarkan saat latihan. Ketika kamu tidak olahraga kamu harus cukupi kebutuhan air sekitar 2 liter tapi jika olahraga bisa 3 sampai 4 liter yang harus kamu minum untuk menggantikan air yang keluar melalui keringat hasil olahraga.

Itu dia tadi tips makan sebelum atau sesudah olahraga, semoga artikel ini membantu kamu yang baru memulai latihan gym atau fitness. Dan kamu tak perlu ragu dan takut lagi harus makan sebelum atau sesudah latihan gym.

0 Response to "Makan Sebelum Atau Sesudah Olahraga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel