iklan bagian Header

Cara Penulisan Alamat Paket Kiriman yang Benar dan Tepat

Penulisan alamat paket barang harus ditulis secara tepat, benar dan lengkap agar paket atau kiriman kamu sampai di tujuan dengan cepat dan kepada orang yang tepat. Jelasnya suatu penulisan alamat juga membantu sang kurir mengirim paket menjadi mudah. 

contoh penulisan alamat paket yang benar

Menulis alamat dengan sangat detail lebih bagus, apalagi buat kamu yang memiliki tempat tinggal di keramaian atau pusat kota. Sebab banyaknya jalan dan gang yang harus dilalui kurir dan mencegah kesamaan nama jalan, hal ini bisa menyebabkan paket atau kiriman kamu harus tertunda pengirimannya.

Kamu tentu ingin paket dikirim dengan cepat dan sampai dengan selamat, tapi kalau penulisan alamat kamu belum benar bisa bikin paket nya jadi lambat datangnya. Apalagi kalai kamu tidak menyertakan nomor telepon yang dapat dihubungi, makin lama dah tu paket sampai. Sebab sang kurir tidak tau mau bertanya kesiapa dimana alamat tersebut dan siapa pemiliknya.

Agar paketan atau kiriman kamu sampai ketujuan dengan cepat dan selamat, kamu bisa ikuti aturan penulisan yang telah dibuat oleh POS Indonesia ini.

Aturan Penulisan Alamat Peket Menurut POS Indonesia

Kolom pengirim diletakkan pada bagian belakang surat sebelah tengah atas atau juga bisa diletakkan pada bagian depan sebelah pojok kiri atas. Kolom pengirim berisi sebagai berikut :

  1. Nama Pengirim yang sesuai dengan Kartu Identitas
  2. Alamat Pengirim ditulis secara lengkap meliputi : Nama Jalan dan nomor jalan, RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, kode pos dan Negara (Apabila dikirim ke negera lain). Alamat penerima dibutuhkan apabila kiriman tersebut kembali ke pengirim.
  3. Informasi No Telpon/ Hp atau Email. Sangat dibutuhkan untuk mengkonfirmasi jika terdapat permasalahan dikemudian hari.

Contoh Penulisan Alamat Paket si Pengirim:

Pengirim
Raisa Adriani
Jl. Citra Sari Gg. Sepakat RT02/RW03 
Kel. Limbungan Kec. Rumbai Pesisir 
Pekanbaru - Riau 28884
Telp. 0823 8999 0909

Kolom penerima diletakkan pada bagian depan di sebelah pojok kanan bawah. Kolom penerima berisi sebagai berikut :

  1. Nama Penerima yang sesuai dengan Kartu Identitas
  2. Alamat Penerima ditulis lengkap meliputi : Nama Jalan dan nomor jalan, RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, dan Negara (Apabila dikirim ke negera lain). 
  3. Po. Box (kalau ada) dan Kode Pos . Dibutuhkan agar tidak terjadi salah sortir
  4. Informasi berupa No Telpon/ Hp atau Email. Sangat dibutuhkan untuk mengkonfirmasi jika alamat penerima susah ditemukan.

Contoh Penulisan Alamat Paket Penerima

Penerima
Isyana Sarasvati
Jl. Rawa Sari Gg. Kelinci RT08/RW09 
Kel. Gajah Sakti Kec. Tenayan Raya
Bandung - Jawa Barat 28889
Telp. 0823 8999 1010

*Untuk Posisi letaknya kamu bisa lihat pada gambar diatas

Kamu bisa tulis secara mendetail lagi seperti disamping toko terkenal di daerah anda, ciri-ciri yang mencolok di tempat tinggal kamu, ciri-ciri rumah dan hal lain yang menunjang kemudahan orang dalam mencari alamat kamu.

contohnya: Dibelakang Indomaret, di depan stasiun kereta, dan lain-lain

Sekarang kamu sudah tahu ya cara penulisan alamat paket yang benar dan tepat. Semoga paket atau kiriman kamu segera sampai ketujuan dengan cepat dan selamat. Oh iya, jangan lupa minta resi pengiriman agar kamu bisa chek keberadaan paket kamu saat ini melalui aplikasi cek resi masing-masing jasa pengiriman.

Baca juga: Cara Penulisan Alamat Surat Yang Baik dan Benar Menurut POS

Kalau paket kamu belum juga sampai dari batas waktu yang ditentukan, kamu bisa coba cek ke loket atau kantor cabang jasa pengiriman di daerah kamu tinggal. Mana tau paketnya sudah sampai disana namun tidak terkirim akibat alamat yang tak jelas.

Semoga artikel ini membantu kalian yang ingin berkirim paket namun tak tahu cara penulisan alamat yang benar dan tepat. Jika ada pertanyaan dan masukkan silahkan tulis di kolom komentar, jika kamu suka bantu saya untuk membagikannya ke teman-teman sekita kamu. Sekian dari aku terimakasih!

0 Response to "Cara Penulisan Alamat Paket Kiriman yang Benar dan Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel