Loading...

4 Cara Mempercepat Download IDM Hingga 2 Kali Lipat [Maksimal Speed]

Cara Mempercepat Download IDM Hingga 2 Kali Lipat [Maksimal Speed] – Kebutuhan akan koneksi internet cepat di era lajunya teknologi informasi saat ini adalah suatu hal yang sangat penting. Dengan koneksi internet yang cepat kita bisa melakukan aktivitas upload dan download bermacam file dengan cepat pula.

4 Cara Mempercepat Download IDM Hingga 2 Kali Lipat [Maksimal Speed]

Apalagi bagi orang yang suka sekali download film, anime, game, software, dan lainnya pasti membutuhkan kecepatan download yang maksimal. Jika proses mengunduh lama bahkan bisa memakan waktu seharian, pasti bikin anda jengkel dan bosan. Itupun kalau downlaod anda sukses, kalau gagal di akhir pasti makin emosi ya!

Lihat Juga: Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul Secara Otomatis Di Semua Browser

Nah, untuk mempercepat download-an, banyak pengguna komputer memilih menggunakan software download manager. Salah satu software download manager yang paling banyak digunakan pengguna windows saat ini adalah IDM ( Internet Download Manager). Download manager ini terbukti ampuh dalam mempercepat download file di PC atau laptop.

Download menggunakan IDM memang sudah cepat dibandingkan kecepatan download menggunakan browser. Akan tetapi, anda masih bisa mempercepat Download IDM hingga 2 kali lipat lebih cepat dari semula. WOW bukan?

Untuk mendapatkan kecepatan download maksimal dari IDM bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Mempercepat Download IDM dengan Pengaturan IDM

Anda bisa mempercepat download idm dengan pengaturan idm itu sendiri, idm menyediakan pengaturan untuk meningkatkan kecepatan download. Berikut cara mudah dan gampang meningkatkan kecepatan Internet Download Manager milik anda:

Lihat Juga: Cara Mengintegrasikan IDM Dengan Semua Browser

Sebagai bahan perbandingan anda bisa coba donwload sebuah file dengan idm yang belum di optimasi, silahkan ambil screenshot sebagai bukti.

1. Selanjtnya, buka aplikasi IDM > Tab Download > pilih menu Option.

Cara Mempercepat Download IDM dengan Pengaturan IDM

2. Pada jendela configuration pilih tab Connection.
3. Pada opsi Connection Type/Speed > pilih High Speed: Direct Connection (Ethernet/Cable) / Wi-Fi / Mobile 4G / Other.

Cara Mempercepat Download IDM dengan Pengaturan IDM

4. Masih di tempat yang sama, pada bagian Max. Connection Number pilih angka yang lebih besar dari default seperti 16, 24, 32. Perhatian: jika kecepatan koneksi internet anda bisa mencapai 1-2 Mb, anda bisa naikkan menjadi 32. Jika kecepatan internet sebatas kilobyte, sebaiknya anda pilih 16 saja. Selain itu, beberapa server website membatasi kecepatan download untuk satu IP komputer. Jadi, opsi ini bisa jadi tak berpengaruh jika server website tempat mendownload menerapkan pembatasan ini.

Cara Mempercepat Download IDM dengan Pengaturan IDM

5. Setelah selesai, jangan lupa untuk menyimpan settingan dengan cara klik tombol OK.

Masih ada cara kedua untuk mempercepat download IDM hingga 2 kali lipat lebih cepat dengan optimasi pengaturan IDM itu sendiri. Seperti apa caranya? Yuk kita lanjutkan tutorialnya:

1. Buka aplikasi IDM > Pilih menu Download > Pilih Speed Limiter > lalu pilih Turn ON.

Cara Mempercepat Download IDM dengan Pengaturan IDM

2. Kemudian pilih setting dibawahnya, isi dengan angka 2000.

Cara Mempercepat Download IDM dengan Pengaturan IDM

3. Jika sudah, simpan dengan klik OK.

Sekarang, coba anda download file lagi dan bandingkan kecepatan download idm setelah dengan sebelum di optimasi. berikut perbandingan kecepatan sebelum dan sesudah di optimasi.

Cara Mempercepat Download IDM dengan Pengaturan IDM
Sebelum di Optimasi pic by teknodroid

Kecepatan Sesudah IDM di Optimasi
Sesudah di Optimasi pic by teknodroid
Mengatur kecepatan download di IDM ini memang sangat membantu dalam menambah kecepatan download. Akan tetapi, cara ini sangat bergantung pada kecepatan koneksi internet yang anda gunakan. Jika anda menggunakan koneksi internet yang cepat maka hasilnya akan maksimal begitu pula sebaliknya.

Lihat Juga: Cara Menampilkan IDM di Youtube Secara Otomatis di Semua Browser

Selain itu, pengaturan yang difokuskan kepada proses download bisa menyebabkan proses browsing anda jadi lambat saat sedang mendownload. Karena seluruh kecepatan internet diprioritaskan untuk mendownload.

Gunakan IDM Optimizer

Cara selanjutnya untuk mempercepat proses unduhan menggunakan IDM adalah memakai IDM Optimizer. Dengan software ini anda bisa mengoptimalkan proses download sesduai dengan koneksi internet yang digunakan. Aplikasi ini bisa di download secara gratis loh!

IDM Optimizer

Sebagian besar pengguna IDM Optimizer menyebutkan bahwa aplikasi ini bisa menjadi cara mempercepat download IDM yang sangat dijamin hasilnya. Efek yang ditimbulkan bisa meningkat hingga 2 kali lipat lebih cepat.

Anda bisa coba download IDM Optimizer di link berikut ini IDM Optimizer

Mengatur Registry Editor IDM di Windows

Jika cara diatas masih belum cukup untuk meningkatkan kecepatan download IDM, anda bisa coba lakukan cara lainnya yakni dengan mengatur registry Editor IDM di windows. Untuk cara mengatur nya bisa ikuti langkah - langkah berikut ini:

1. Tekan tombol windows+R secara bersamaan, maka akan muncul pop up Run. Ketikkan disana regedit lalu tekan enter atau klik tombol OK.

Mengatur Registry Editor IDM di Windows

2. Kemudian pilih HKEY_CURRENT_USER > SOFTWARE > Download Manager. Cari dan Double klik pada ConnectioSpeed.

Mengatur Registry Editor IDM di Windows

3. Pada value data, ganti dan isi dengan 2576980377.

Mengatur Registry Editor IDM di Windows

4. Klik OK untuk menyimpan perubahan dan keluar dari Registry Editor.

Cara ini tak selalu berhasil pada setiap orang, dalam beberapa kasus cara mempercepat download IDM dengan mengatur Registry editor ini tidak memiliki efek sama sekali. Bahkan, dalam kasus lain ada yang tidak menemukan file atau opsi ConnectionSpeed.

Jika anda salah satu diantaranya, anda bisa coba cara lain saja, salah satunya cara berikut ini.

Cara Mempercepat Download IDM Pakai Proxy

Untuk mengoptimalkan download IDM agar lebih negbut dan kencang, anda bisa coba pakai proxy. Proxy merupakan jaringan atau program komputer yang mampu bertindak sebagai komputer lain untuk melakukan permintaan klien terhadap konten di internet. Lantas, bagaimana cara penggunaanya?

1. Silahkan akses situs Free Proxy List.
2. Pilihlah Koneksi proxy yang cepat.
3. Kemudian, masuk ke IDM pilih menu Download > Options > Poxy/Socks.

Cara Mempercepat Download IDM Pakai Proxy

4. Isi Proxy di IDM sesuai dengan IP Address dan Port di Free Proxy List.

Cara Mempercepat Download IDM Pakai Proxy

5. Jika sudah selesai, simpan konfigurasi dengan cara klik OK.

Walaupun cara mempercepat download IDM pakai Proxy ini sedikit merepotkan, namun hasilnya akan dijamin mantul (mantap betul). Anda akan mendapatkan kecepatan download via IDM hingga 2 kali lipat. Mantull!!!

Hal yang Mempengaruhi Kecepatan Download 

Pada dasarnya kecepatan download IDM sudah cukup cepat malah jadi download manager terbaik, akan tetapi kecepatan download juga dipengaruhi berbagai hal, seperti:

Kecepatan Koneksi Internet
Semakin cepat internet yang anda gunakan maka hasil download yang anda peroleh juga makin maksimal. Walaupun anda sudah menggunakan cara mempercepat download IDM diatas, jika koneksi anda lambat maka kecepatan download juga akan tetap lambat.

Lihat Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD 100% Ngebut

Server Situs Tempat Download
Hal ini juga mempengaruhi kecepatan download karena ada sebagian server penyedia layanan download yang membatasi kecepatan download pada satu IP Address komputer.

Jadi jika anda sedang mendownload namun kecepatan download tak kunjung meingkat padahal kecepatan internet anda sudah paling cepat, berarti server downloadan membatasi kecepatan download anda.

Itulah beberapa cara mempercepat Download IDM hingga 2 kali lipat lebih cepat dari sebelumnya. Semoga artikel ini, bisa membantu anda mempercepat proses download saat menggunakan internet, terlebih saat mengunduh sesuatu yang dibutuhkan cepat. Tuliskan pendapat dan pengalaman mu dikolom komentar di bawah ini ya.

0 Response to "4 Cara Mempercepat Download IDM Hingga 2 Kali Lipat [Maksimal Speed]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel