Loading...

Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD 100% Ngebut

Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD (Command Prompt) – Berikut ini adalah rangkuman yang dikumpulkan dari berbagai sumber untuk membantu mempercepat koneksi internet pada PC atau Laptop yang anda gunakan.

Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD 100% Ngebut

Dengan mengikuti tutorial ini kecepatan internet pada PC atau laptop yang berbasis windows bisa ditingkatkan. Dengan cara sederhana seperti mengetikkan beberapa perintah khusus di CMD atau command prompt, maka kecepatan internet dapat meningkat dengan cepat.

Kebutuhan akan internet cepat saat ini sangatlah tinggi mulai dari kebutuhan personal, perusahaan, sekolah, perbankkan dan lain-lain. Dengan adanya internet cepat beberapa pekerjaan bisa selesai dengan cepat, seperti mengirim surat via email, kirim uang via e-banking dan masih banyak lainnya.

Bahkan saat bermain game di PC atau sekedar nonton youtube pasti membutuhkan koneksi internet yang cepat agar semuanya berjalan lancar. Begitupula dengan kebutuhan upload dan download suatu file pasti butuh koneksi internet yang maksimal agar cepat selesai.

Semakin banyaknya pengguna internet di dalam satu provider atau dalam sebuah instansi tentu akan membuat kerja server menjadi terbebani, hal ini dapat membuat kecepatan internet menjadi lambat atau lemot.

Lihat Juga: Super Ngebut! Begini 9 Cara Mempercepat Koneksi Internet PC atau Laptop

Untuk mengatasi masalah koneksi internet yang lambat ini akan kita bahas dibawah ini. Cara ini bisa diaplikasikan bagi anda pengguna windows 7, 8 dan 10 dimana metodenya hampir sama dengan menggunakan perintah-perintah dasar jaringan di command prompt.

Berikut cara mempercepat koneksi internet dengan CMD:

Anda bisa ketikkan di tombol search windows CMD dengan cara klik ikon search, setelah tampil hasil pencarian dengan nama Command Prompt klik kanan lalu pilih Run As Administrator.

cara membuka CMD (command prompt)

Atau bisa juga dengan tombol kombinasi windows+R tekan bersamaan lalu ketikkan CMD dan enter.

cmd

A. Test Kecepatan Internet dengan perintah Ping ke IP Default Gateway atau DNS Google

Cara pertama yang bisa anda coba untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet adalah dengan melakukan request ping ke default gateway atau dns google. Ping (Packet Internet Groper) ini bertujuan untuk mengetahui berapa kecepatan internet yang saat ini kita gunakan. Selain itu ping juga berfungsi sebagai monitoring untuk melihat apakah komputer terhubung dengan network atau komputer lain.

Oleh sebab itu kita peru cari tahu dulu alamat IP (Internet Protocol) dari Default Gateway yang saat ini digunakan, karena alamat IP inilah yang nantinya akan kita test atau gunakan. Cara melihat IP default gateway di windows dengan cmd sebagai berikut:

1. Setelah CMD tadi terbuka, ketikkan perintah ipconfig /all lalu tekan enter.

Ping ke IP Default Gateway

2. Cari tulisan Default Gateway dan catatlah alamat IP yang tertera disana.

Ping ke IP Default Gateway

3. Kemudian kita lakukan ping dengan cara ketik ping 192.168.43.1 –t  (gunakan IP Default gaeway yang anda dapatkan).

Ping ke IP Default Gateway

Jika hasilnya reply berarti anda terhubung dengan network, jika request time out berarti anda tidak terhubung ke internet, jika Reply Destinatiaon Host Unreachable berarti anda sudah terputus dengan network. Kemudian anda bisa lihat period waktu pada gambar diatas, semakin kecil waktu yang anda peroleh maka kecepatan koneksi internet semakin cepat.

Ping ke IP Default Gateway

Selain melakukan ping ke alamat IP Default Gateway, anda juga bisa melakukan ping ke alamat DNS (Domain Name Server) milik google yakni 8.8.8.8. Ini adalah cara yang paling sederhana dan cepat untuk meningkatkan koneksi internet pc atau laptop anda. Untuk langkah-langkahnya bisa dilihat dibawah ini:

1. Tekan tombol wondows+R pada keyboard secara bersamaan, maka akan muncul pop up Run. Ketikkan disana ping 8.8.8.8 –t lalu tekan enter atau bisa juga lakukan ping dengan nama domainnya seperti ping google.com –t dan enter.

Ping ke IP DNS Google

2. Biarkan request ping ini berjalan selama anda berselancar di internet agar koneksi internet anda stabil dan maksimal.

B. Mengganti Alamat IP yang sudah Teralokasi (di dapat) dengan Yang Baru

Perangkat yang terkoneksi ke internet akan secara otomatis ada alamat IP yang dialokasikan untuk perangkat tersebut. Bisanya kecepatan koneksi internet pada IP yang dialokasi akan dibatasi, oleh sebeb itu kita perlu lakukan pelepasan alamat IP lama dan menggantinya dengan IP yang baru. Caranya sebagai berikut.

Pada command prompt tadi, ketikkan ipconfig /renew dan tekan enter.

 ipconfig /renew

Sekarang anda sudah menapatkan IP baru dengan begitu alokasi kecepatan koneksi internet anda bisa bertambah cepat.

C. Menghapus DNS Cache (Domain Name System)

Hampir semua sistem operasi dan DNS secara default melakukan penyimpanan terhadap alamat IP dan hasil dari penelusuran DNS secara otomatis. Dengan begitu pemanggilan terhadap hostname yang sama menjadi lebih cepat, akan tetapi terkadang hasil yang kurang bagus juga ikut tersimpan.

Lihat Juga: Cara Pintar Menghemat Kuota Internet Saat Browsing

Oleh karena itu anda harus membersihkan hasil penyimpanan tersebut supaya terjalin komunikasi yang baik dengan server yang dituju. Jika anda tidak membersihkan hasil penyimpanan dari DNS ini, maka koneksi internet bisa jadi lambat. Cara membersihkan DNS cache di Command Prompt sebagai berikut:

Ketikkan pada command prompt ipconfig /flushdns


Menghapus DNS Cache

D. Gunakan Perintah Netsh

Perintah netsh bisa digunakan secara lokal atau remote untuk menampilkan atau memodifikasi konfigurasi suatu jaringan atau network. Perintah netsh ini menyesuaikan dengan konteksnya masing-masing ada yang berfungsi untuk mengoptimalkan kecepatan koneksi internet. Ada dua command atau perintah yang perlu anda jalankan untuk mempercepat koneksi internet:

Receive Window Auto Tuning Level

digunakan untuk mengkonfigurasi secara manual seperti TCP Receive Windoes (RWIN) yang mendefinisikan jumlah data komputer. Sistem operasi windows mendukung auto-tuning, dimana sistem akan secara otomatis mengubah RWIN sesuai dengan kondisi jaringan dan secara signifikan dapat meingkatkan kecepatan koneksi internet. Caranya sebagai berikut:

Pertama, ketikkan pada cmd netsh interface tcp set global autotuning=disable


Receive Window Auto Tuning Level

Kedua , ketikkan pada cmd netsh interface tcp set heuristics disabled


Receive Window Auto Tuning Level

Setelah anda jalankan kedua perintah diatas, coba test kembali dengan cara ping ke ip default gateway anda. Lakukan semua perintah diatas secara berurutan dan sesuai langkah-langkahnya. Jika period time makin ramping atau makin kecil berarti kecepatan koneksi internet semakin baik.

E. Pengaturan Tersembunyi Windows Untuk Mempercepat Koneksi Internet

Masih menggunakan perintah Netsh, Anda dapat melakukan modifikasi konfigurasi jaringan untuk mendapatkan koneksi internet yang maksimal. Cara pertama adalah anda harus melihat konfigurasi awal dari TCP Global Parameters dengan cara ketikkan di CMD Netsh int tcp show global lalu tekan enter. Silahkan print screen dan save sebelum melakukan konfigurasi dibawah ini.

Netsh int tcp show global

1. Chimney Offload State

Ini berlaku untuk mentransfer berbagai tugas pengolahan koneksi jaringan dari CPU komputer ke adaptor jaringan, pengaturan ini dapat membebaskan waktu processor yang berharga untuk hal-hal lainnya.

Secara teori Windows harus mengaktifkan fitur ini alias “automatic” ketika mendeteksi bahwa perangkat keras (hardware) bisa mengatasinya.

Untuk merubahnya, ketik saja:

  • netsh int tcp set global chimney=enabled
  • netsh int tcp set global chimney=disabled

Kemudian Restart komputer setiap merubah settingan , berlaku juga untuk semua pengaturan lainnya dibawah.

2. NetDMA State

NetDMA tidak didukung pada Windows 8, tetapi Windows 7 mendukung NetDMA, sebuah teknologi yang memungkinkan adapter jaringan untuk mentransfer data secara langsung ke aplikasi, tanpa perlu bantuan dari CPU. Pengaturan ini sebaiknya “enabled”.

Untuk merubah pengaturan, bisa diketik:

  • netsh int tcp set global netdma=enabled
  • netsh int tcp set global netdma=disabled

Kemudian Restart komputer setiap merubah settingan.

3. Direct Cache Access

Direct cache access (DCA) menyediakan mekanisme untuk NetDMA (tidak didukung pada Windows 8), Fitur ini mengatur data tujuan ditargetkan untuk cache CPU.

Windows 7 mendukung teknologi ini, yang mengurangi overhead sistem dengan memungkinkan pengendali jaringan untuk mentransfer data secara langsung ke dalam cache CPU.

Pengaturan ini mempengaruhi controller, chipset dan processor, sehingga spesifikasi hardware harus mendukung juga agar bisa bekerja, secara default ini dimatikan tapi bisa dihidupkan jika hardware mumpuni.

Untuk merubah pengaturan, bisa di ketik:

  • netsh int tcp set global dca=enabled
  • netsh int tcp set global dca=disabled

Kemudian Restart komputer setiap merubah settingan.

4. Receive Window Auto-Tuning Level

Network tuning digunakan untuk konfigurasi secara manual seperti TCP Receive Window (RWIN), yang mendefinisikan jumlah data komputer.

Windows 7 mendukung auto-tuning, di mana sistem akan secara otomatis mengubah RWIN sesuai dengan kondisi jaringan, dan secara signifikan dapat meningkatkan kinerja, tetapi pengaturan dapat disesuaikan.

Untuk merubah pengaturan, bisa di ketik:

  • netsh int tcp set global autotuninglevel=enabled
  • netsh int tcp set global autotuninglevel=restricted
  • netsh int tcp set global autotuninglevel=highlyrestricted
  • netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled

Kemudian Restart komputer setiap merubah settingan.

5. Add-On Congestion Control Provider

Koneksi jaringan yang teratur akan mengirimkan data dalam blok kecil pada awalnya, secara bertahap untuk menghindari traffic tinggi jaringan. Merampingkan ukuran TCP windows bisa jauh lebih agresif, sehingga memungkinkan untuk meningkatkan kinerja.

Untuk merubah pengaturan, bisa di ketik:

  • netsh int tcp set global congestionprovider=ctcp
  • netsh int tcp set global congestionprovider=none

Kemudian Restart komputer setiap merubah settingan.

6. ECN Capability

Explicit Congestion Notification (ECN) menyediakan cara pada router untuk lalu lintas sinyal jaringan tanpa kehilangan paket data. Apakah itu akan meningkatkan kinerja atau tidak tergantung pada banyak faktor yang berbeda, termasuk apakah router mendukungnya, sebaiknya ga usah dirubah.

Tapi jika ingin merubah pengaturan, bisa di ketik:

  • netsh int tcp set global ecncapability=enabled
  • netsh int tcp set global ecncapability=disabled

Kemudian Restart komputer setiap merubah settingan.

7. Pengetesan Windows

Ada banyak pilihan untuk pengaturan diatas, tapi hati-hati dengan membuat catatan pengaturan awal sebelum merubah apa pun.

Jika pengaturan dirubah, kemudian bisa ditest kecepatan koneksi internet secara online, salah satunya di speedtest.net atau bisa pakai speed test dari google ketikkan saja kecepatan internet maka akan muncul speed test silahkan di uji. Ulangi tes beberapa kali, perhatikan rata-rata dan jangkauan, sehingga dapat memberikan hasil terbaik.

Itu dia tadi artikel cara mempercepat koneksi internet dengan CMD (command prompt), semoga artikel ini sedikit banyak dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet anda dari sebelumnya. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.

0 Response to "Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD 100% Ngebut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel