Loading...

Super Ngebut! Begini 9 Cara Mempercepat Koneksi Internet PC atau Laptop

Cara Mempercepat Koneksi Internet PC atau Laptop – internet sudah menjadi suatu kebutuhan di era teknologi informasi saat ini. Banyak pekerjaan saat ini menggunakan koneksi internet apalagi kita akan memasuki industri 4.0 dimana banyak muncul perusahaan digital.

Super Ngebut! Begini 9 Cara Mempercepat Koneksi Internet PC atau Laptop

Kecepatan koneksi internet adalah suatu hal yang penting di era milenial saat ini. ada banyak sekali jenis pekerjaan dan kegiatan yang dapat dikerjakan dengan cepat dan efektif berkat adanya internet cepat. Seperti mengirim surat atau file-file penting, sekarang anda bisa menggunakan fasilitas E-mail. Mau membaca buku atau referensi karya ilmiah? Sekarang tinggal browsing di internet.

Bahkan ingin menghubungi keluarga, sahabat atau pacar yang jauh anda bisa telpon sambil bertatap muka (video call) dengan bantuan media sosial itu juga butuh koneksi internet cepat biar ga ngadet. Main game online pun saat ini butuh yang namanya koneksi internet yang cepat.

Lantas apa sih yang bisa dibuat kalau internet cepat? Jika ada yang bertanya seperti itu berarti dia belum jauh menggunakan internet atau dia tidak mengerti betapa pentingnya koneksi internet cepat saat ini. Contoh sederhana saja saat bermain game online anda pasti butuh koneksi yang cepat agar permainan anda lancar dan stabil tanpa ngelag.

Lihat Juga: Cara Hemat Kuota Internet Saat Tethering Portable WiFi Hotspot di Android

Dengan internet cepat anda bisa menonton video youtube tanpa buffering, anda bisa nonton drama korea tanpa buffering, pekerjaan upload dan download video atau file anda jadi lebih cepat. Apalagi saat ini banyak sekali youtuber dan pekerja online lainnya yang butuh koneksi internet cepat.

Kalau initernet anda lemot dan lambat tentu akan membuat anda emosi dan marah, sebab proses upload dan download tak kunjung selesai. Nah, sebelum anda merasa kesal dan emosi dengan koneksi internet yang lemot kaya kura-lura. Ayo simak 9 tips cara mempercepat koneksi internet PC atau Laptop berikut ini:

1. Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD (Command Prompt)

Ini adalah cara paling sederhana yang bisa anda lakukan untuk memperkuat sinyal internet anda. Anda bisa melakukan request ping ke alamat IP default gateway atau 8.8.8.8 atau domain situs. Untuk langkah-langkah perintah pada command prompt:

a. Tekan tombol windows + R secara bersamaan kemudian ketikkan CMD lalu enter
Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD

b. Kemudian ketikkan ping 8.8.8.8 –t  jika hasilnya reply form 8.8.8.8 berarti sukses.
c. Jika tidak berhasil anda bisa lakukan ping ke DNS google dengan cara ketik ping google.com –t
Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD

Cara ini cukup sederhana namun efektif membuat internet anda lebih lancar dan cepat. Selain itu anda bisa memeriksa kondisi kecepatan internet dengan melihat time pada comand prompt nya, semakin kecil time nya berarti internet anda makin cepat.

Lihat Juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan CMD 100% Ngebut

Sebelum berselancar di internet ada baiknya anda lakukan hal ini agar koneksi internet di PC atau laptop anda cepat dan stabil.

2. Mengubah Setting Bandwith Internet Anda

Sebelum mulai, pastikan anda sudah terhubung ke internet atau modem dalam posisi on.
Bandwith internet merupakan kapasitas maksimum suatu jalur komunikasi atau frekuensi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik.

Pada settingan default komputer umumnya bandwith hanya berkisar di angka 20% saja. Supaya koneksi internet anda kencang, gunakanlah nilai bandwith yang lebih besar lagi dengan cara mengubah setting pada computer configuration. Berikut cara mengubah setting bandwith di windows 7 , 8 dan 10:

a. Jalankan program Run dengan cara tekan tombol Windows+R secara bersamaan nanti akan muncul pop up disudut kiri bawah layar. Ketikkan pada kolom gpedit.msc kemudian enter atau OK.
Mengubah Setting Bandwith Internet

b. Maka akan muncul jendela baru local grup policy editor. Silahkan pilih menu computer configuration > Administrative Template > Network > Qos Packed Scheduler
Mengubah Setting Bandwith Internet

c. Double klik menu Limit Reservable Bandwith
Mengubah Setting Bandwith Internet

d. Maka akan muncul jendela baru, pilih menu Enable > pada bagian bandwith limit silahkan ganti menjadi 0 (deultnya 20%/80%). Jika sudah klik OK.
Mengubah Setting Bandwith Internet

e. Restart komputer anda untuk merasakan hasilnya.

3. Cara Mempercepat Koneksi internet dengan Mengubah Setting DNS Pada PC atau Laptop

Tips dan turorial cara mempercepat koneksi internet selanjutnya adalah dengan mengubah setingan DNS (Domain Name System) lama komputer anda. DNS atau Domain Name System adalah penamaan sebuah komputer dengan menggunakan fasilitas jaringan TCP / IP (Transmision Control  Protocol / Internet Protocol).

Anda bisa mengganti konfigurasi DNS menjadi open DNS atau menggunakan DNS nya google. Cara ini terbukti ampuh meningkatkan kecepatan koneksi internet anda hingga 20% dari kecepatan awal.

Berikut langkah-langkah Mengubah setting DNS pada Windows 10:

a. Klik kanan pada ikon network disudut kanan bawah layar anda, kemudian pilih Open Network and Sharing Center.
Mengubah Setting DNS

b. Maka akan mucul jendela Status koneksi, silahkan scroll kebawah dan pilih Network and Sharing Center
Mengubah Setting DNS

c. Kemudian pilih atau klik Connections yang anda gunakan saat ini ada pada bagian kanan.
Mengubah Setting DNS

e. Maka akan muncul jendela Wi-fi Status, silahkan klik tombol Properties.
Mengubah Setting DNS

f. Pada jendela Wi-Fi Properties, Double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau bisa juga klik properties setelah di pilih.
Mengubah Setting DNS

g. Maka muncul lagi jendela Internet Protocol Version 4 Properties. Pilih atau centang Use the Following DNS server addresses, kemudian isi dengan alamat Open DNS berikut ini:

  • Prefered DNS: 208.67.222.222
  • Alternate DNS: 208.67.220.220

Mengubah Setting DNS

h. Kemudian klik OK
i. Agar hasilnya kerasa, anda bisa restart komputer atau laptop anda.

Selain IP DNS diatas, anda juga bisa menggunaka DNS google dan ini biasanya lebih mudah untuk diingat dan banyak yang menggunakan. Untuk cara settingnya sama saja dengan yang diatas, anda tinggal ubah IP DNS diatas dengan DNS google berikut ini:

  • Prefered DNS: 8.8.8.8
  • Alternate DNS: 8.8.4.4


Cara Mengubah Setting DNS pada Windows 7 dan Windows 8:
Jika anda pengguna sistem operasi windows 7 dan 8 anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

a. Klik kanan ikon network di sudut kanan bawah layar kemudian pilih Open Network and Sharing Center.
Mengubah Setting DNS pada Windows 7

b. Selanjutnya, pilih Connections yang anda gunakan saat ini ada pada bagian kanan.
Mengubah Setting DNS pada Windows 7

c. Nanti akan muncul jendela wireless Network Connection Status, selanjutnya klik tombol properties.
Mengubah Setting DNS pada Windows 7

d. Kemudian pilih menu internet protocol version 4 (TCP/Ipv4) dan klik tombol properties. Bisa juga dengan melakukan double klik pada menu tersebut.
Mengubah Setting DNS pada Windows 7

e. Pilih dan centang Use the Following DNS server adresses, isi DNS dengan IP Open DNS berikut ini:

  • Prefered DNS: 208.67.222.222
  • Alternate DNS: 208.67.220.220 

Mengubah Setting DNS pada Windows 7

Jika ingin menggunakan DNS nya Google anda bisa isi dengan IP berikut ini:

  • Prefered DNS: 8.8.8.8
  • Alternate DNS: 8.8.4.4

Jika suah, klik OK dan OK.


Note: Jika setelah anda melakukan setting DNS ini ada beberapa situs yang tidak bisa dibuka atau diakses, cobalah untuk menghapusnya atau gunakan DNS Google. Jika masih sama saja, anda bisa kembali ke pilihan Obtain atau Automatically. Karena ada sebagian provider yang tidak sesuai dengan ini #menurutadmin.

4. Mengaktifkan DNS Cache

Sesuai namanya DNS Cache berfungsi sebagai database sementara pada sistem operasi komputer yang menyimpan rekam jejak IP dari domain yang sebelumnya telah dikunjungi oleh user komputer. Kali ini kita akan mengaktifkan pengaturan DNS Cache pada regedit. Cara nya bisa dilihat berikut ini:

a. Buka text editor notepad, anda bisa search di pencarian windows atau dari Run dengan cara ketik notepad.
b. Silahkan copy dan paste kode berikut kedalam notepad:
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
"CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
"CacheHashTableSize"=dword:00000180
"MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
"MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d
c. Save atau simpan dengan nama dnscache.reg
d. Untuk menggunakan DNS Cache ini, anda tinggal double klik file dnscache.reg tadi setiap kali anda browsing di internet untuk mempercepat koneksi internet pc atau laptop anda.

5. Pilih Provider yang Kompeten dan Terbukti Cepat

ISP atau Internet Service provider adalah layanan penyedia internet contohnya PT.Telkom, First Media, Indosat, Excelcomindo dll. Pilihlah ISP yang terbukti kencang dan cepat di daerah tempat kamu tinggal. Karena tidak semua provider masuk didaerah anda tinggal, contohnya saja sinyal internet telkomsel tidak bagus di daerah anda malah sinyal three yang bagus dan cepat, anda bisa pilih yang terbaik menurut anda.

Lihat Juga: Cara Pintar Menghemat Kuota Internet Saat Browsing

Walaupun telkomsel bagus di daerah lain, tapi kalau di daerah anda tinggal tidak bagus sebaiknya pilih yang bagus di daerah tersebut. Jangan mudah tergiur dengan harga murah tetapi internet nya malah lemot, hal ini malah bikin anda dongkol nantinya. Ada harga ada barang begitulah ungkapan yang tepat untuk kualitas suatu barang dan jasa.

6. Gunakan Perangkat Internet yang Memadai

Gunakanlah perangkat internet yang memadai dengan perkembangan internet saat ini, seperti modem, router, dan lain-lain. Modem adalah singkatan dari modulator demodulator merupakan perangkat internet yang digunakan untuk merubah sinyal komputer ke dalam besaran frekuensi tertentu kemudian diproses melalui saluran telepon kabel.

Modem sendiri memiliki kecepatan yang berbeda-beda sesuai harga. Agar mendapatkan kecepatan koneksi internet yang maksimal, gunakanlah modem yang spesifikasi kecepatannya luar biasa besar. Selalu update perangkat internet anda jika sudah ketinggalan jauh dari kondisi internet saat ini.

7. Memilih Provider yang Masih Sepi Pengguna

Walaupun provider sudah qualified dalam menyediakan koneksi internet, banyaknya pengguna internet pada suatu provider bisa jadi penyebab lemotnya koneksi internet yang digunakan. Semakin banyak pengguna maka beban server juga semakin besar, jika tak dilakukan upgrade maka ini bisa menyebabkan koneksi internet jadi lambat.

Agar terhidar dari hal ini, tak ada salahnya anda mencoba menggunakan jasa ISP yang belum terlalu banyak digunakan oleh orang lain. Dengan begitu anda bisa mendapat kesempatan layanan internet dengan kulaitas koneksi yang maksimal. Tapi, cek dulu kulaitas provider nya sebelum memasangnya ya!

8. Gunakan Perangkat Komputer atau Gadget Terbaru dengan Spesifikasi Tinggi

Jika cara-cara diatas sudah anda lakukan dan belum mendapatkan koneksi internet yang maksimal dan cepat. Anda harus coba pertimbangkan untuk meng-upgrade spesifikasi perangkat komputer atau gadget yang digunakan untuk mengakses internet.

Perangkat atau device seperti RAM, Processor, harddisk yang digunakan memiliki kapasitas rendah, maka hal ini akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang anda dapatkan. Jadi tak ada salahnya mempertimbangkan hal ini ketika koneksi internet anda tetap lambat dan lemot.

9.  Selalu Update Perkembangan Dunia Internet

Selain itu selalu update perkembangan dunia jaringan internet, jika jaringan sudah support generasi 5G atau 6G maka anda harus upgrade gadget yang support jaringan tersebut, pilih juga Provider yang sudah menggunakan dan menerapkan layanan tersebut.

Lihat Juga: 5 Cara Check Traffic Website Online Free [Akurat]

Jika media internet tercepat saat ini menggunakan fiber optik, maka anda harus cari ISP yang sudah support dan menerapkan fiber optic agar anda mendapatkan internet tercepat saat ini. jika suatu saat muncul terobosan baru di dunia jaringan internet anda bisa pilih kembali ISP yang sudah menerapkannya.

Kecepatan koneksi internet dapat dipengaruhi beberapa faktor baik faktor internal seperti penggunaan gadget berkapasitas rendah dan settingan internet yang salah atau faktor eksternal seperti provider kurang kompeten. Jadi anda harus lebih cermat dalam mengatasi permasalahan internet seperti ini.

Sekarang anda sudah mengantongi beberapa cara mempercepat koneksi internet PC atau laptop anda dirumah. Ada cara teknis dan non teknis yang bisa anda coba terapkan untuk mendapatkan koneksi internet yang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan sedikit membantu koneksi internet anda lebih cepat dari sebelumnya.

0 Response to "Super Ngebut! Begini 9 Cara Mempercepat Koneksi Internet PC atau Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...