Loading...

Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan Attrib CMD

Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan Attrib CMD – Flashdisk yang tadinya memiliki isi tiba-tiba kosong saat dibuka atau flashdisk malah berisi file dan folder shortcut. Jika hal ini terjadi pada anda, berarti flashdisk anda sudah terserang virus shortcut.
Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan Attrib CMD

Anda bisa cek properties flashdisk dengan cara buka windows explorer > klik kanan flashdisk > pilih menu properties. Jika space nya ada yang digunakan alias tidak kosong, berarti file dan data2 yang ada di dalam flashdisk terhidden oleh virus.

Hal ini terjadi akibat anda mencolokan flashdisk pada komputer yang sudah terinfeksi virus shortcut. Biasanya virus ini bersarang pada laptop atau komputer yang digunakan secara masal seperti warnet tempat nge-print dll.

Laptop atau PC yang tidak dilengkapi antivirus biasanya juga sangat rentan terkena virus ini. oleh sebab itu sebagai langkah antisipasi, ada baiknya anda lindungi PC anda dengan satu antivirus.

Sebelum menampilkan dan mengembalikan file yang terhidden, kamu harus perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Gunakanlah Laptop atau Komputer yang aman dan bersih dari virus yang sama. Maksudnya anda gunakan pc yang sudah ada antivirus, jika PC anda masih ada virus hal ini mungkin tidak berhasil dan akan kembali lagi.
  • Jika ada file yang hilang dan tidak kembali, mungkin file sudah di delete oleh antivirus karena dianggap berbahaya.

Untuk menampilkan file terhidden oleh virus di flashdisk cukuplah mudah. Anda bisa mengembalikan file-file tersebut dengan command promt (cmd) yang disediakan windows tanpa software apapun. Dari pada berlama-lama lagi yuk kita simak cara terbaru nya dibawah ini.

Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan CMD

1. Colokkan flashdisk dengan komputer atau laptop (ga usah takut terinfeksi).
2. Klik flashdisk atau buka flashdisk di Windows Explorer, pilih Menu Organize (untuk windows 7, Windows 8). Pilih Menu View > Options (untuk windows 10).
Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan CMD

3. Kemudian akan muncul jendela baru dengan nama folder options. Pilih tab View > Hidden Files and folder > Show hidden files, folder and drives. Hilangkan juga centang pada Hide extension for known file types dan Hide protected Operating System files (Recomended). Lalu klik Apply and OK.
Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan CMD

4. Jika muncul peringan seperti dibawah ini, klik tombol yes.
Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan CMD

5. Sampai disini, seharusnya folder dan file yang di sembunyikan atau terhidden oleh virus sudah muncul walau masih berbayang atau semi-hidden.
Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan CMD

6. Untuk mengembalikannya, tekan tombol windows+R pada keyboard secara bersamaan, kemudian ketikkan CMD. Atau bisa juga dengan klik tombol search kemudian ketikkan command  Prompt > klik kanan > Run As Administrator.
Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan CMD

7. Sebelum itu lihat dulu posisi flashdisk anda di windows explorer, disini posisi flashdisk saya di E:
Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan CMD

8. Kembali ke command prompt, ketikkan E: lalu enter. Selanjutnya, ketikan attrib –s –r –h /s /d lalu enter.
Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan CMD

9. Tunggu sesaat sampai baris baru command line muncul lagi.
10. Sekarang cek flashdisk anda, jika seluruh file sudah kembali normal. Silahkan hapus folder dan file yang menurut anda aneh dan tidak jelas.
Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan CMD

11. Jangan lupa, centang kembali pada opsi Hide extension for known file types dan Hide protected Operating System files (Recomended).lihat langkah ke 2 diatas.
Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan CMD


Keterangan Perintah:

  • attrib = sebuah command untuk merubah attribut suatu file atau folder
  • -s = untuk menghilangkan attribut System
  • -h = untuk menghilangkan attribut Hidden
  • -r = untuk menghilangkan attribut Read-Only
  • *.*= untuk menampilkan seluruh folder, jika ingin menampilkan jenis file yang word saja tinggal ketik *.doc*, dan tinggal mengganti extension file nya saja untuk yang lainnya
  • /s = proses menyesuaikan file yang berada pada folder dan sub folder
  • /d = proses folder agar berjalan dengan baik

Note:

  • Melakukan hidden tanpa folder options, anda bisa ubah tanda (-) jadi tanda (+)
  • Jika didalam flashdisk ada file word di dalamnya, anda jangan terkejut ketika melihat file word dengan nama aneh seperti ~$ nama file, ini bukan virus tetapi file temporary word anda.
  • Ketika anda menampilkan file hidden, jangan heran ketika ada folder baru dengan nama System Volume Information. Anda boleh kok menghapusnya.


Cara diatas hanya berlaku untuk mengembalikan data yang disembunyikan oleh virus shortcut dan menghapus virus shortcut secara sementara.

Jika flashdisk kembali anda colokan ke komputer yang terinfeksi virus shortcut, kemungkinan besar flashdisk anda akan kembali terkena hal serupa.

Cara ampuh untuk menghilangkan dan menghapus virus shortcut adalah dengan antivirus. Salah satu antivirus yang saya sarankan adalah ESET NOD32, antivirus ini dapat menghapus virus ketika ada device yang di colokkan.

Anda dapat baca artikel 4 Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk [Panduan Pemula] ini. artikel ini lebih lengkap dalam menangani virus jenis ini.

Pastikan juga anda selalu update patch antivirus agar kekuatannya dalam menangkal virus-virus baru juga mantap. Jika anda menggunakan smadav, dampingi antivirus ini dengan antivirus luar.

Demikian artikel tentang cara menampilkan file hidden di flashdisk dengan attrib cmd. Semoga artikel ini dapat membantu masalah anda dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menampilkan File Hidden di Flashdisk dengan Attrib CMD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...