Loading...

Cara Scan Lamaran Kerja Lewat Hp Dengan dan Tanpa Aplikasi [Gampang]

Cara Scan Lamaran Kerja Lewat Hp Dengan dan Tanpa Aplikasi [Gampang] – Di era digital saat ini mengirim lamaran kerja bisa dilakukan lewat hp via email. Untuk intu anda perlu scan lamaran kerja, surat-surat atau sertifikat menjadi JPEG atau PDF agar bisa di kirim melalui email.

Cara Scan Lamaran Kerja Lewat Hp Dengan dan Tanpa Aplikasi [Gampang]

Cara scan lamaran kerja , scan ijazah, KTP, SKCK, Sertifikat dan dokumen pendukung lainnya dulu kita harus pergi ke tempat fotocopy atau warnet hanya untuk scan. Tapi sekarang anda bisa scan dokumen lamaran kerja atau dokumen lainnya hanya menggunakan HP atau smartphone.

Dengan begitu anda bisa menghemat waktu dan biaya untuk melakukan scan. Cara scan lamaran kerja lewat hp atau smartphone bisa dibilang gampang banget. Anda bisa scan menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi sekalipun.

Lihat Juga: 5 Cara Membuat CV Untuk Pemula [Menarik & Kreatif]

Cara scan di hp tanpa aplikasi hanya bisa dilakukan oleh HP Xiaomi karena HP ini memang memberikan fitur-fitur yang tidak diberikan smartphone lain. Contohnya aja remote di xiaomi yang ga ada di hp lain. Nama aplikasi scanner bawaan xiaomi ini adalah scanner atau pemindai.

Jika anda buka pengguna xiaomi, anda bisa scan lamaran kerja lewat HP dengan aplikasi yang ada di playstore. Nama aplikasi nya adalah cam scanner, cara kerja aplikasi ini mengubah kamera hp menjadi scanner dengan maksud anda tinggal foto objek yang ingin anda scan.

Daripada berlama-lama lagi, yuk kita bahas 2 cara scan dokumen lamaran kerja lewat hp dengan aplikasi atau tanpa aplikasi berikut ini.

Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP Dengan Aplikasi CamScanner

Aplikasi ini adalah yang terbaik di kelasnya, sudah banyak pengguna andorid yang menggunakan aplikasi ini untuk scan dokumen. Aplikasi ini mudah dipakai, tidak memberatkan kerja memori hp, dan dapat membantu pekerjaan ketika berada di luar kantor atau lapangan. Yuk, simak cara penggunaan nya:

1. Download aplikasi CamScanner di playstore. Setelah download selesai, buka aplikasi.
2. Silahkan tekan Use Now untuk langsung menggunakan aplikasi. Anda tidak harus daftar dulu untuk dapat menggunakannya.
Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP Dengan Aplikasi CamScanner
3. Siapkan dokumen atau surat lamaran kerja yang akan anda scan. Taruh dokumen di tempat yang datar dengan sudut pencahayaan yang bagus agar hasilnya maksimal. Jika sudah dirasa pas, tekan ikon kamera disudut kanan bawah.
Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP Dengan Aplikasi CamScanner

4. Arahkan kamera hp sejajar dengan dokumen pastikan pengambilannya simetris. Anda bisa lihat kotak yang menyesuaikan dengan luar kertas, jika sudah pas, tekan tombol kamera.
5. Anda bisa menyesuaikan hasil scan dengan menggeser titik putih ke arah objek scan. Jika sudah pas silahkan tekan tombol centang.
Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP Dengan Aplikasi CamScanner

6. Anda bisa pilih kualitas gambar scan sesuai keinginan anda, jika tidak ingin repot bisa pilih Auto saja. Kemudian tekan tombol centang.
Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP Dengan Aplikasi CamScanner

7. Hasil scan bisa anda lihat di folder aplikasi CamScanner dengan klik dokumen yang terlihat.

8. Hasil dari camscanner ini sangat mirip dengan scan asli dengan gambar yang tajam dan jelas. Anda juga simpan dan share hasil scan dalam format PDF dan JPEG.
Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP Dengan Aplikasi CamScanner

Sayangnya, aplikasi ini bisa anda gunakan gratis selama 30 hari saja. Anda harus membayar 27.000 agar bisa menggunakan aplikasi ini lebih lama. jika tutorial diatas kurang jelas, anda bisa lihat video dibawah ini cara scan lamaran kerja lewat hp dengan CamScanner.



Jika anda tidak suka dengan aplikasi ini, masih ada 10 aplikasi scanner yang saya rekomendasikan untuk anda. Berikut 10 aplikasi scanner HP terbaik di Android:

1. Adobe Scan

Kelebihan dari aplikasi ini adalah Bisa memindai berbagai jenis dokumen dan ada tempat penyimpanan. Kekurangan nya cukup berat untuk smartphone spesifikasi middle, tools kurang ramah bagi pemula.

Lihat Juga: 12 Situs Untuk Membuat CV Online Design yang Menarik dan Kreatif

2. Easy Scanner

Kelebihan aplikasi easy scanner ini adalah ukuran aplikasi ringan, kualitas hasil scan terjaga. Kekurangan aplikasi ini belum ada fitur penyimpanan, kadang suka hang jika memindai terlalu banyak dokumen.

3. Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP dengan Aplikasi Office Lens

Kelebihan aplikasi ini adalah banyak fitur dan kegunaan, tersedia dalam berbagai bahasa. Untuk kekurangannya size aplikasi termasuk gede atau besar, cukup berat jika digunakan pada hp atau smartphone kelas menengah atau bawah.

4. Scanbot –PDF Document Scanner

Kelebihan aplikasi ini ringan, edit tulisan langsung pada dokumen. Kekurangan aplikasi ini belum mendukung semua format gambar dan kadang masih muncul bug atau error.

5. Simple Scan

Kelebihan aplikasi ini adalah fitur yang banyak, tools sederhana dan mudah digunakan. Kekurangan aplikasi scan hp ini adalah hanya tersedia format file PDF dan JPG.

6. Camera Scanner Image Scanner

Kelebihan aplikasi ini terletak pada ukuran nya yang sangat kecil, update aplikasi dilakukan berkala. Kekurangan nya minim fitur tambahan dan terbatas pada format JPEG dan PDF.

7. TurboScan

Kelebihan aplikasi ini terletak pada proses scanning yang cepat, fitur tergolong lengkap. Hanya saja aplikasi ini kadang muncul bug.

8. CamScanner

Ini adalah aplikasi yang sudah kita bahas diatas, dan aplikasi ini sangat di rekomendasikan sebagai aplikasi Scan terbaik untuk HP. Kelebihan aplikasi ini adalah hasil scan sangat tajam dan jelas, mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula. Kekurangannya hanya pada ukuran yang cukup besar dan minim fitur tambahan.

9. Genius Scan

Kelebihan aplikasi ini banyak fitur pendukung, mendukung hampir semua format file. Kekurangan nya size aplikasi besar dan fitur memperbaiki pemindaian belum stabil.

10. Tiny Scanner

Kelebihan aplikasi ini proses scanning termudah, tool nya juga sederhana. Kekurangan nya adalah size aplikasi tergolong besar.

Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP Tanpa Aplikasi (Xiaomi)

Xiaomi emang ponsel yang terkenal dengan berbagai tools bermanfaat didalamnya, oleh sebeb itu HP ini punya keistimewaan tersendiri. Bagi anda pengguna xiaomi anda tidak perlu lagi repot-repot untuk menginstall aplikasi tambahan, karena di xiaomi sudah tersedia aplikasi bernama scanner atau pemindai.

Lihat Juga: Cara Membuat CV di HP? 13 Aplikasi Ini Bisa Memudahkan Anda

Selain dapat scan lamaran pekerjaan bagi anda yang masih duduk dibangu sekolah (mahasiswa) atau pekerja kantoran aplikasi ini juga bisa dipakai untuk scan objek yang ada dipapan tulis. Denganbegitu anda tidak perlu repot tulis-menulis tinggal scan lalu kirim ke teman atau rekan kerja.

Tapi jangan terlalu sering ya, ada baiknya menulis tangan agar materi lansung terserap di otak kalian. Cukup gunakan untuk scan objek yang dirasa penting dan tak perlu ditulis.

Oke, daripada berlama-lama lagi, yuk kita lihat cara scan lamaran kerja lewat HP Xiaomi berikut ini:

1. Siapkanlah dokumen yang akan di scan, taruh di tempat yang datar dan pencahayaan yang cukup agar hasil scan lebih maksimal.
2. Buka aplikasi pemindai (Scanner) di bagian menu alat (tools) pada smartphone xiaomi anda.
Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP Tanpa Aplikasi (Xiaomi)

3. Jika sudah jalan aplikasinya, silahkan pilih Dokumen karena kita akan scan dokumen atau kertas. Jangan lupa untuk mematikan flash kamera agar hasil scan tidak terang di satu titik. Lebih baik anda letakkan objek di tempat yang terang dan cukup cahaya.
Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP Tanpa Aplikasi (Xiaomi)

4. Arahkan kamera hp anda ke dokumen lamaran kerja dengan posisi sejajar, gerakkan sedikti biarkan garis putih menyelaraskan dengan objek. Jika sudah fokus tekan tombol bulat untuk scan.
Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP Tanpa Aplikasi (Xiaomi)

5. Jika hasilnya tidak sejajar atau kurang rapih anda bisa klik menu sesuaikan. Jika anda ingin hasil hitam putih seperti fotocopy anda bisa pilih menu Hitam Putih. Jika dirasa sudah pas dan bagus silahkan tekan tombol centang untuk menyimpan gambar.
Cara Scan Lamaran Kerja Lewat HP Tanpa Aplikasi (Xiaomi)

6. Seluruh hasil scan bisa anda lihat di galeri hp xiaomi pada berkas atau folder scanner.

Kelebihan aplikasi ini tentu gratis selamanya karena bawaan xiaomi, jadi anda bisa menggunakan sepuasnya. Hasil yang diberikan juga tak kalah bagus dengan menggunakan aplikasi.

Itu dia tadi 2 Cara scan lamaran kerja lewat HP dengan aplikasi atau tanpa aplikasi. Kualitas bagus atau tidaknya hasil scanan tergantung dengan pixel kamera anda, semakin bagus kamera maka hasil scan lamaran kerja atau dokumen juga semakin bagus. Tapi untuk saat ini kualitas kamera udah pada bagus, jadi lumayan buat hasil scan.

Anda juga dapat langsung menyimpan dokumen hasil scan ke google drive, dengan tujuan jika sewaktu-waktu anda butuh bisa langsung download tanpa takut ketinggalan flashdisk.

Semoga cara diatas dapat membantu aktifitas anda dalam melakukan scan dokumen seperti ijazah, lamaran kerja, berkas-berkas kantor, papan tulis, struk pembelian, struk transfer atau tugas bagi pelajar. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Scan Lamaran Kerja Lewat Hp Dengan dan Tanpa Aplikasi [Gampang]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...