Loading...

Walaupun Kecut dan Masam Inilah 10 Manfaat Mangga Muda yang Mengagumkan

Manfaat Mangga Muda – Rasa masam dan kecut serta tekstur yang renyah saat dikunyah memang enak buat bahan rujak. Selain jadi bahan rujak, mangga muda atau mangga mengkal juga enak untuk dimakan langsung. Walau masam mangga muda tetap memiliki manfaat bagi kesehatan.

Walaupun Kecut dan Masam Inilah 10 Manfaat Mangga Muda yang Mengagumkan

Mangga muda juga sering di cari oleh ibu-ibu hamil yang lagi ngidam. Apa ya alasan nya? dan apa manfaat mangga muda bagi ibu hamil? Nanti akan kita bahas di bawah.


Sebelum kita bahas manfaat mangga muda atau mangga mengkal ini, ada baiknya kita mengetahui pengertian buah mangga, asal muasal mangga serta vitamin yang terkandung pada mangga muda.

Deskripsi Buah Mangga

Mangga atau dalam bahasa latinnya Mangifera Indica L adalah salah satu tanaman buah daerah tropis yang diyakini berasal dari perbatasan India dan Burma. Batang mangga termasuk kedalam tumbuhan berkayu dengan tinggi batang mencapai lebih 5 meter sedangkan tinggi tumbuhan bisa mencapai 10-40 Meter.

Lihat Juga: 25 Manfaat Anggur Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Plus Efek Samping

Mangga termasuk kedalam kelompok buah batu yang berdaging dengan ukuran yang variatif dan bentuk yang beragam mulai dari bulat, bulat telur hingga lonjong memanjang. Mangga termasuk kedalam buah berbiji satu atau monokotil.

Kulit mangga cukup tebal disertai bintik-bintik putih kelenjer. Kulit mangga muda atau yang belum matang berwarna hijau pekat (tua) dengan daging buah berwarna hijau muda keputihan. Apabila sudah matang kulit mangga akan berubah kekuningan dan dagingnya juga berwarna kuning.

Vitamin Buah Mangga

Kandungan nutrisi buah mangga muda tentu berbeda dengan mangga yang sudah matang. Mangga muda mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari yang sudah matang. Namun, mangga muda memiliki kandungan vitamin A lebih rendah.

Untuk lebih lengkap mengenai Vitamin dan kandungan nutrisi mangga muda bisa dilihat pada tabel dibawah ini.

Nutrient data for: Mangos, raw (Nutrisi Mangga Muda)
Nutrient Unit 1Value per 100 g
Proximates
Water g 83.46
Energy kcal 60
Protein g 0.82
Total lipid (fat) g 0.38
Carbohydrate, by difference g 14.98
Fiber, total dietary g 1.6
Sugars, total g 13.66
Minerals
Calcium, Ca mg 11
Iron, Fe mg 0.16
Magnesium, Mg mg 10
Phosphorus, P mg 14
Potassium, K mg 168
Sodium, Na mg 1
Zinc, Zn mg 0.09
Vitamins
Vitamin C, total ascorbic acid mg 36.4
Thiamin mg 0.028
Riboflavin mg 0.038
Niacin mg 0.669
Vitamin B-6 mg 0.119
Folate, DFE ľg 43
Vitamin B-12 ľg 0.00
Vitamin A, RAE ľg 54
Vitamin A, IU IU 1082
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg 0.90
Vitamin D (D2 + D3) ľg 0.0
Vitamin D IU 0
Vitamin K (phylloquinone) ľg 4.2
Lipids
Fatty acids, total saturated g 0.092
Fatty acids, total monounsaturated g 0.140
Fatty acids, total polyunsaturated g 0.071
Fatty acids, total trans g 0.000
Cholesterol mg 0
Source: USDA National Nutrient Database for Standard Reference 1 April 2018

Manfaat Mangga Muda

Inilah 11 Manfaat mangga muda untuk kesehatan:

1. Mencegah Dehidrasi

Mengkonsumsi mangga muda saat musim panas adalah pilihan yang tepat, apalagi ngerujak saat hari panas makin mantep. Karena mangga muda dapat mencegah dehidrasi (kekurangan cairan) dengan cara menjaga asupan natrium klorida dan zat besi yang keluar secara berlebihan saat tubuh kepanasan.

2. Mengatasi Sembelit dan Gangguan Penceranaan

Mangga muda kan masam, apa ga malah bikin sakit perut? Ternyata mangga muda mengandung Alkali yang tinggi. Kandungan Alkali ini dipercayai dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan dan sembelit.

Lihat Juga: 33 Manfaat Buah Nanas Plus Nutrisi dan Efek Samping [Lengkap]

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa makan mangga muda dengan garam atau mangga muda dengan madu. Campuran garam dan madu saat makan mangga muda dapat mengurangi rasa asamnya.

3. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Makan mangga muda ternyata dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi naicin atau Vitamin B3. Kandungan ini dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kadar kolesterol darah.

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Rasa asam mangga muda memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang tinggi baik untuk menjaga kesehatan gusi dan mencegah gigi turun lebih awal. Tak hanya itu, vitamin C juga mampu membantu mencegah gusi berdarah, sariawan, bau mulut, dan kerusakan gigi lainnya.

10 Manfaat Mangga Muda bagi Kesehatan

5. Menambah Energi

Meningkatkan energi tubuh ternyata bisa dengan cara makan mangga muda loh. Seperti yang anda lihat diatas pada tabel nutrisi, mangga muda mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu anda tetap semangat di saat cuaca panas.

Jadi tak ada salahnya anda ngemil mangga muda saat cuaca panas, jangan ragu juga bikin rujak sekalian ya!

6. Manfaat Mangga Muda untuk Ibu Hamil

Mangga muda sangat identik dengan ibu hamil, setiap ada orang yang makan mangga muda atau yang asam-asam pasti dikatain lagi ngidam. Memang benar seperti itu, ternyata mangga muda dapat membantu para ibu hamil dari keluhan frekuensi morning sickness (mual dan muntah).

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain dapat meningkatkan energi tubuh, mangga muda juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Kandungan vitamin A dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Kandungan vitamin C pada mangga muda lebih tinggi dari pada mangga masak dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Tahukah anda? Kandungan vitamin C yang tinggi pada mangga muda dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan cara mengatasi masalah keriput, mencerahkan kulit, menguatkan kulit, mengencangkan kulit, dan sebagainya.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan fosfor adalah zat terpenting dalam pembentukan tulang. Kandungan kalsium pada 100 gram mangga muda sebesar 11 mg memiliki peranan penting dalam pertumbuhan tulang baik anak-anak maupun remaja.

Lihat Juga: 20 Manfaat Rutin Konsumsi Pisang Raja Bagi Kesehatan

Kandungan tersebut juga bermanfaat dalam menunjang pertumbuhan gigi pada anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa, kalsium dan fosfor berperan penting untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

10. Menjaga Tekanan Darah

Adanya kandungan kaslium dalam mangga muda dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Selain itu kalsium juga dapat membantu kontraksi otot dan kerja saraf dalam tubuh. Dengan begitu jantung dan pembuluh darah dapat melakukan fungsinya dengan optimal dan efektif.

Efek Samping Buah Mangga Muda

Sebenarnya makan mangga muda tidak memiliki efek samping yang serius jika anda konsumsi dalam batas wajar atau normal. Efek samping mangga muda bisa terjadi jika anda terlalu banyak mengkonsumsinya atau anda punya alergi terhadap buah yang satu ini.

Lantas apa saja efek samping yang ditimbulkan mangga muda jika terlalu banyak mengkonsumsinya? Berikut ulasannya untuk anda:

1. Iritas
Getah mangga muda yang merembes keluar adalah iritan yang kuat dan dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan anda. Anda dilarang minum air dingin atau air es setelah makan mangga muda, sebab air dingin bisa mengakibatkan koagulasi getah yang bikin iritasi lebih lanjut.

Jika anda kekeh ingin makan mangga muda, cucilah terlebih dahulu untuk menghilangkan getahnya.

2. Masalah Gastrointestinal
Makan mangga muda atau mangga mentah yang berlebihan bisa menjadi penyebab masalah gastrointestinal, seperti gangguan pencernaan. Anda bisa sakit perut jika terlalu banyak makan mangga muda apalagi ditambah sambel atau bumbu rujak.

Jadi, anda harus menghindari mengkonsumsi mangga muda yang berlebihan, makanlah secukupnya.

3. Mulut Mangga
Mulut mangga adalah suatu istilah yang menggambarkan suatu kondisi dengan gejala gatal, bengkak, dan lepuh di sekitar mulut, bibir dan ujung lidah. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang alergi dengan mangga muda.

Lihat Juga: 10 Efek Samping Buah Lemon Bagi Kesehatan Tubuh

4. Tidak Baik untuk orang dengan Arthritis
Bagi anda penderita penyakit seperti arthritis, sinusitis dan lain-lain, harus menghindari mangga seminimal mungkin. Karena mengkonsumsi mangga muda, matang atau dijus bisa menyebabkan kejengkelan.

5. Reaksi Alergi
Ada sebagian orang yang alergi terhadap buah salah satunya mangga. Gejalanya bisa berupa mata berair, pilek, masalah pernapasan, sakit perut, bersin, bahkan syok dalam beberapa kasus ekstrim.

Jadi, inilah efek samping mangga muda jika dikonsumsi berlebihan. Padahal anda bisa dapat banyak manfaat dari mangga jika konsumsi dalam jumlah normal. Sesuatu yang berlebihan emang tidak baik, makanlah sesuai porsi dan kebutuhan tubuh anda.

5 efek samping tadi hanya ada pada mangga muda. Efek samping lainnya juga ada ketika mangga sudah masak, jadi walaupun mangga udah matang jangan terlallu banyak mengkonsumsinya.

Olahan Mangga Muda

Selain dimakan langsung untuk dapat manfaat mangga muda, anda juga bisa mencoba beberapa olahan dari bahan dasar mangga muda. Berikut beberapa makanan yang dapat anda buat dari bahan mangga muda.

1. Manisan Mangga Muda
Buah yang belum matang atau memiliki rasa masam emang sering jadikan olahan manisan, salah satunya mangga muda. Untuk membuat manisan mangga muda bisa mengikuti cara dibawah ini.

Bahan-bahan:

  • Mangga muda 5 buah (kupas kulitnya, cuci dan potong sesuai bentuk yang diinginkan)
  • Gula Pasir 250 gram
  • Garam secukupnya
  • Air kapur sirih secukupnya
  • Cabe merah/rawit sekupunya bila suka

Cara Membuat manisan mangga muda:

  1. Rendam potongan mangga muda kedalam air kapur sirih kurang lebih 1 jam
  2. Rebus gula pasir dengan air sampai mendidih
  3. Tambahkan garam dan cabe secukupnya
  4. Matikan api kemudian masukkan mangga muda kedalam air rebusan. Rendam mangga muda hingga air jadi dingin barulah ditiriskan.
  5. Rebus lagi air gula dan ulangi langkah diatas hingga 3-4 kali.
  6. Setelah manisnya meresap ke mangga muda, pindahkan manisan mangga muda kedalam wadah tertutup beserta  air rebusan.
  7. Agar lebih segar, anda bisa simpan dalam kulkas.


2. Rujak Mangga Muda
Mangga muda emang enak dijadikan olahan rujak, rasa asam ditambah bumbu pedas manis membuat selera makan jadi berkobar. Yuk intip cara pembuatannya dibawah ini.

Bahan-bahan:

  • Mangga muda secukupnya ( kupas kulit, cuci, dan iris sesuai selera).
  • Cabe keriting, rawit, gula merah, garam, terasi goreng, kacang tanah goreng, dan air asam jawa.

Cara Membuat Rujak Mangga muda:

  1. Uleg cabe keriting, rawit, garam, terasi goreng sampai halus.
  2. Kemudian tambahkan kacang tanah goreng dan gula merah, uleg hingga halus atau sesuai selera.
  3. Tambahkan air asam jawa sedikti, aduk hingga rata.
  4. Terakhir siram kedalam irisan mangga muda, dan rujak siap disantap.


Itu dia tadi 10 manfaat mangga muda yang mengagumkan dibalik rasa masam dan kecutnya. Ada juga efek samping mangga muda yang harus anda perhatikan dan beberpa olahan mangga muda yang bisa anda coba dirumah.

Manfaat mangga muda bisa anda dapatkan jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan. Sealiknya, efek samping lah yang akan anda dapatkan jika terlalu banyak makan mangga muda. Bila timbul gejala alergi, segera kerumah sakit untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Jaga kesehatan anda, semoga artikel “Walaupun Kecut dan Masam Inilah 10 Manfaat Mangga Muda yang Mengagumkan” bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Walaupun Kecut dan Masam Inilah 10 Manfaat Mangga Muda yang Mengagumkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...