Loading...

6 Alat Musik Tekan Lengkap Gambar dan Penjelasan

Alat musik tekan – Piano adalah salah satu contoh alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan. Tapi tahukah kamu jenis alat musik lainnya yang dimainkan dengan cara ditekan? Pada artikel kali ini kita akan bahas bersama macam-macam alat musik tekan lengkap dengan gambar dan penjelasannya.

Gambar Infographic Alat Musik Tekan

Alat musik tekan bisa dibilang tidak terlalu banyak apalagi di Indonesia. Alat musik ini lebih banyak berasal dari luar negeri. Pada dasarnya alat musik tekan tidak termasuk kedalam kategori manapun, hanya saja cara menekan itu yang menjadi bagian dari sistem menghasilkan bunyi yang diinginkan. Sebelum itu ada baiknya kita mengetahui apa itu alat musik dan jenis-jenis alat musik itu sendiri.

Pengertian Alat Musik

Alat musik adalah suatu instrument yang dimodifikasi dan dibentuk dengan maksud dan tujuan untuk mengeluarkan suatu bunyi pada sebuah pertunjukan musik dan lain sebagainya.

Masing-masing alat musik memiliki karakteristik khas tersendiri. Berdasarkan karakterisitik tersebut alat musik dapat dibagi menjadi beberapa macam dan jenis berdasarkan cara memainkannya yaitu:


Itu dia tadi beberapa jenis alat musik yang dibedakan berdasarkan cara memainkannya.

Pengertian Alat Musik Tekan

Alat musik tekan adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan atau alat musik yang akan menghasilkan bunyi jika ditekan. Alat musik tekan dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan cara menghasilkan bunyi atau nada yakni:

  • Menekan untuk memukul
  • Menekan untuk meniup
  • Menekan untuk mengaktifkan sistem elektronik


Macam-macam Contoh Alat Musik Tekan

Dibawah ini adalah macam-macam contoh alat musik tekan yang ada saat ini.

1. Piano
piano

Piano adalah alat musik tekan yang bunyinya dihasilkan dari senar yang dipukul hammer (chordofon pukul). Instrumen ini menjadi alat musik pertama yang memakai papan tuts dan bekerja dengan dipukul. Alat musik seperti piano ini sudah diperkirakan ada sejak 1440. Pada awal terciptanya piano, suara yang dihasilkan tidak sekeras piano saat ini.

Dulu piano memiliki lima oktaf dan 62 tuts, tapi seiring perkembangannya kini piano memiliki 88 tuts dan juga dilengkapi dengan pedal yang digerakan menggunakan lutut. Kemudian dikenalkan lagi pedal kaki di inggris dan menjadi populer hingga saat ini.

Jenis-jenis piano
Secara umum, piano dibedakan menjadi dua kategori yakni piano akustik dan piano elektronik. Piano akustik adalah piano yang menggunakan senar yang dipukul oleh hammer untuk menghasilkan bunyi. Sedangkan piano elektrik adalah piano yang menggunakan papan elektronik untuk menghasilkan bunyi yang mirip dengan bunyi piano akustik.

Berikut ini adalah macam-macam piano yang ada saat ini:

Grand Piano
Grand Piano

Grand Piano merupakan piano klasik mewah yang menghasilkan bunyi keras dan natural. Senar pada piano ini diposisikan secara horizontal memanjang dari tuts kemudian dipukul keatas oleh hammer dan memanfaatkan gaya tarik bumi untuk mengembalikan hammer pada posisi awal.

Ukuran dari grand piano ini beracam-macam tergantung dari brand atau merek nya. tapi secara umum, grand piano memiliki ukuran; concert grand berukuran 2,2 hingga 3 meter, parlor grand berukuran 1,7 hingga 2,2 meter, dan baby grand berukuran 1,5 meter.

Semakin besar ukuran piano maka semakin panjang pula senar yang digunakan dan suara yang dihasilkan juga lebih keras dan natural. Oleh sebab itu concert grand piano menjadi pilihan utama untuk keperluan rekaman dan konser musik.

Upright Piano
Upright Piano

Alat musik tekan yang satu ini sering disebut sebagai piano vertikal karena bentuknya yang lebih praktis dibanding piano grand. Harga piano ini juga lebih murah dan lebih kecil sehingga banyak digunakan di rumah, gereja, sekolah, dan fasilitas publik lain.

Suara yang dihasilkan upright piano bisa dibilang kurang natural, oleh sebab itu piano ini kurang direkomendasikan untuk keperluan rekaman atau konser.

Elektronik dan Digital Piano
Elektronik dan Digital Piano

Alat musik tekan ini menggunakan papan elektronik osilator dan filter sebagai penghasil bunyi mirip piano akustik. Piano elektrik membutuhkan pengeras suara untuk menghasilkan bunyi. Piano ini mulai populer pada tahun 1960-1970 dan sering dimainkan untuk lagu bergenre pop, rock, dan jazz. Kelebihan Piano digital merupakan piano yang menggunakan teknologi pengambilan sampel secara digital untuk menghasilkan suara yang mirip dengan piano akustrik. Sama halnya dengan paiano elektrik, piano ini membutuhkan pengeras suara atau penyuara jemala untuk menghasilkan bunyi.

Piano digital memiliki fitur-fitur yang tak dimiliki piano akustik seperti antarmuka MIDI, penyuara jemala, dan variasi pilihan suara. Kelebihan lain piano ini adalah harga yang lebih murah dan mudah untuk dibawa atau dipindahkan.

2. Organ
Organ

Organ adalah alat musik tekan yang memiliki suara unik (aerofon). Suara unik yang dihasilkan organ karena suaranya berkelanjutan tidak putus selama tuts masih ditekan. Selain itu perubahan karakteristik suara tidak dipengaruhi oleh tingkat kekerasan pencetan tuts seperti piano.

Pada awal terciptanya, organ dibuat menggunakan pipa. Tapi saat ini organ diproduksi cara elektronik atau yang lebih populer organ elektrik sebagai pengganti pipa. Organ biasanya di mainkan dalam acara nikahan atau pesta kawinan karena organ memudahkan untuk menangkap tempo jadi penyanyi non musisi mudah untuk mengikuti tempo.

3. Keyboard (Kibor)
Keyboard (Kibor)

Keyboard atau dalam bahasa Indonesia kibor merupakan alat musik tekan yang dimainkan seperti piano, hanya saja kibor bisa memainkan suara seperti trompet, suling, gitar, bila, dan perkusi. Dengan alat musik ini kita dapat memainkan musik layaknya sebuah band utuh, selain itu kibor juga dapat menirukan permainan organ dan piano. Dengan begitu kibor menjadi pilihan alat musik tekan lengkap yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Kibor terdiri dari komponen style, voice, sequencer, speaker, parameter monitor, potensiometer volume, pitc atau bend. Kibor berfungsi sebagai penyelaras suara dan aransemen (multi arranger). Yang menjadi pembeda antara kibor dan piano adalah kibor selalu menggunakan listrik sehingga suaranya bisa diperbesar dengan speaker.

4. Accordion
Accordion

Accordion adalah alat musik tekan sejenis organ yang memanfaatkan tekanan udara sebagai penghasil bunyi. Accordion memiliki ukuran yang relatif kecil dan cara memainkannya dengan menggantungkan di badan.

Untuk menghasilkan bunyi atau nada, accordion dimainkan dengan cara menekan tombol-tombol akor menggunakan jari-jari tangan kiri, sedangkan jari-jari tangan kanan memainkan melodi lagu sembari didorong dan ditarik untuk menggerakkan udara didalamnya.

5. Pianika (Melodika)
Pianika (Melodika)

Pianika adalah alat musik tekan yang memanfaatkan tekanan udara untuk menghasilkan bunyi. Pianika bisa juga disebut alat musik tiup karena dimainkan dengan tiupan langsung atau memakai pipa lentur yang dihubungkan ke mulut.

Pianika masih satu jenis dengan harmonika hanya saja pianika menggunakan bilah-bilah keyboard yang luasnya sekitar tiga oktaf. Dalam memainkan musik pianika dapat digunakan melodi pokok, kontra melodi, bila memungkinkan dapat juga untuk mengiringi lagu.

Adapun fungsi tuts pada pianika adalah:

  • Tuts putih untuk memainkan nada-nada pokok/asli
  • Tuts hitam untuk memainkan nada-nada kromatis

Cara memainkan pianika hampir sama dengan alat musik tekan pada umumnya, hanya saja mulut harus meniup selang agar menghasilkan bunyi. Perbedaan antara pianika dan piano yakni pianika harus ditiup dulu baru menghasilkan bunyi, jika tidak ditiup maka tidak akan menghasilkan bunyi apapun. Selain itu jumlah tuts yang ada pada pianika lebih sedikit dibanding piano.

Pianika bisanya dimainkan sebagai alat pendidikan di sekolah, tak jarang juga kita jumpai pianika sebagai pengiring melodi dalam pertunjukan durm band.

6. Launchpad
Launchpad

Launchpad adalah alat musik tekan elektronik yang digunakan untuk mengarasemen ulang sebuah lagu. Alat musik ini bisa terbilang baru dan modern karena baru diciptakan pada tahun 2009 oleh Novation. Launchpad biasa digunakan sebagai pengganti atau alternatif oleh DJ untuk memainkan musik beraliran EDM (Electronic Dance Music).

Launchpad adalah alat musik tekan alternatif terbaik pengganti alat-alat DJ karena alat ini sangat multifungsi. Launchpad dapat mengganti alat berupa mixer, MIDI Controller, Effect Generator, dan sejenisnya. 

Cara memainkan alat musik ini dengan menekan tombol Pad berbentuk kotak-kotak. Fungsi tombol pad ini juga bermacam-macam mulai dari mixing, dipping, drum pattern, mapping, trigger loops, fade, dan cross. Alat ini juga bisa di kombinasikan dengan software editing musik untuk menghasilkan musik yang indah dan energik. Hal menarik lain dari alat musik ini adalah tombol akan menghasilkan cahaya berwarna yang polanya bisa diatur sendiri.

Itu dia tadi 6 alat musik tekan lengkap dengan gambar dan penjelasannya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu mengenai alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan. Bila ada alat musik tekan lain yang belum masuk dalam list diatas, bisa tulis dikomentar. Semoga bermanfaat!

0 Response to "6 Alat Musik Tekan Lengkap Gambar dan Penjelasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...