Loading...

Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

VPN (Virtual Private Network) – VPN adalah koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya melalui jaringan publik secara pribadi (private). Artinya, kita dapat mengakses internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi. VPN adalah lalu lintas pribadi kita dalam suatu lalu lintas jaringan, dengan begitu kita mendapat keamanan dalam pertukaran data.

Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

Virtual Private Network memiliki makna dari masing-masing katanya, berikut penjelasannya:

  • Virtual artinya suatu hal yang tidak nyata atau semu dalam dunia maya atau internet.
  • Private artinya hal yang sifatnya pribadi, tidak semua orang bisa mengakses. Lalu lintas data di enskripsi untuk menjaga kerahasian dari jaringan publik.
  • Network artinya jaringan koneksi yang saling terhubung atau bisa juga disebut Internet.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bawah pengertian VPN adalah sebuah hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual  dalam jaringan tertentu tanpa adanya koneksi real dan ter-enkripsi. Jaringan publik (internet) dijadikan sebagai media perantaranya alias bukan koneksi langsung.

Fungsi VPN

Menggunakan VPN adalah cara yang tepat dan aman untuk mengakses internet ketika kamu ingin melakukan transmisi data penting secara pribadi. Dengan adanya VPN kamu dapat menghindari adanya penyusup ketika melakukan transmisi data yang sewaktu-waktu bisa masuk ke lalu lintas jaringan yang sama.

Dari pemaparan diatas, dapat kita ambil beberapa fungsi VPN sebagai berikut:

1. Kerahasiaan Data (Confidentially)
Untuk suatu transaksi online yang berkaitan dengan data pribadi ada baiknya menggunakan jaringan yang ter-enkripsi. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah menggunakan VPN, dengan menggunakan VPN kamu dapat menjaga kerahasiaan data dan informasi agar tidak digunakan orang yang tak bertanggung jawab.

Lihat Juga: 5 Cara Check Traffic Website Online Free [Akurat]

Ketika kamu menggunakan jaringan yang bersifat publik bisa dibilang cukup berbahaya, apalagi untuk keperluan bisnis-bisnis besar seperti pada perusahaan jasa konultan asuransi yang sering berurusan dengan informasi-informasi penting. Pengguanaan VPN dapat mengamankan keluar masuknya data melalui metode enkripsi.

2. Keutuhan Data (Data Integrity)
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa transmisi data anda di internet bisa di cegat oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Adanya program VPN akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima sesuai dengan permintaan user tanpa adanya perubahan sedikitpun atau terjadinya manipulasi dari data yang dikirim.

3. Otentikasi Sumber (Origin Authentication)
Sistem pada VPN dapat mengautentikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN akan memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya dengan baik dan benar. Ketika proses autentikasi berhasil informasi akan disetujui dan sebaliknya, ketika autentikasi gagal informasi tidak akan disetujui. VPN dalam hal ini berguna sebagai penganalisis sumber-seumber data yang tidak kredibel sehingga dapat mencegah kiriman file virus atau malware.

Manfaat VPN

Setelah mengetahui pengertian VPN dan Fungsi VPN, selanjutnya kita perlu tahu apa saja manfaat menggunakan VPN dalam berinternet. Berikut adalah manfaat penggunaan VPN ketika berselancar di Internet:

  1. Privasi, Dengan menggunakan VPN privasi kamu menjadi lebih terjamin dengan adanya fitur menyembunyikan kegiatan dari ISP (Internet Service Provider) ketika sedang berselancar di Internet. Orang yang menggunakan VPN dapat menyembunyikan alamat IP nya sehingga ketika melakukan browsing internet pihak lain tidak akan mengetahui lokasi geografis pengguna.
  2. Remote Access, dengan menggunakan VPN maka kita dapat mengakses jaringan komputer di kantor melalui jaringan internet lain.
  3. Keamanan, Penggunaan VPN dapat membantu menjaga keamanan jaringan internet dari serangan hacker terlebih lagi ketika kamu memakai WiFi Umum atau komputer publik.
  4. Hemat Biaya, dengan menggunakan VPN akan membantu menghemat biaya pengaturan jaringan. Menggunakan VPN pada jaringan lokal yang luas bisa dilakukan dengan biaya yang murah karena menggunakan jaringan internet yang telah ada tanpa harus membangun jaringan sendiri.
  5. VPN bisa digunakan untuk mengakses situs-situs yang diblokir oleh satu negara. Contohnya ketika tikTok diblokir di Indonesia dan kamu menggunakan VPN dengan server Singapura, maka kamu tetap bisa bermain tiktok. Eits!!! Jangan salah dalam menggunakan hal yang satu ini ya!


Cara Kerja VPN

VPN bekerja dengan cara membuat jaringan di dalam jaringan yang sering disebut dengan tunneling. Tunneling ini bertujuan untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan lain.
cara kerja vpn (virtual private network)

Pada umumnya, ketika mengakses sebuah situs di internet kita akan terhubung dengan ISP (internet Service Provider). Segala traffic data permintaan untuk situs yang di akses akan melewati server ISP dan bisa dilihat oleh pihak ISP.

Lihat Juga: 21 Tren Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0

Beda halnya jika komputer atau device yang menggunakan VPN saat mengakses internet. VPN bakal mengenskripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui traffic data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna. Hal ini juga yang membuat kita bisa membuka situs-situs yang diblokir di ISP dengan menggunakan VPN.

Dari cara kerja VPN diatas, maka:

  • ISP tidak tahu aktivitas pengguna VPN di Internet
  • Alamat IP yang tampil adalah IP server VPN
  • Pengguna WiFi publik jadi lebih aman karena data di enkripsi
  • Provider VPN dapat melihat aktivitas pengguna VPN di Internet.


Kelebihan dan Kekurangan VPN

Suatu sistem atau program pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan VPN. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan VPN yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu:

1. Kelebihan VPN


  • Untuk perusahan yang membutuhkan lalulintas jaringan yang khusus dan aman, maka penggunaan VPN adalah salah satu solusi dengan biaya yang lebih murah.
  • Mobilitas perusahan menjadi lebih baik karena para pekerja dapat tetap terhubung dengan jaringan kantor melalui perangkat pribadi di rumah.
  • Meningkatkan skalabilitas, artinya ketika perusahaan berkembang dan ingin membuat kantor cabang baru di beberapa lokasi maka tetap bisa terhubung dengan jaringan lokal kantor pusat.
  • Penggunaan VPN dapat disesuaikan dengan kebutuhan


2. Kekurangan VPN


  • Menyediakan akses VPN ke karyawan kantor secara global, maka faktor keamanan jadi resiko karena informasi sensitif perusahaan dapat diakses.
  • Perlu perhatian khusus dalam penetapan sistem keamanan VPN


Penyedia VPN Gratis

Dibawah ini adalah contoh para penyedia layanan VPN gratis untuk komputer atau Smartphone yang bisa kamu coba:

1. Hotspot Shield
VPN ini akan memberikan kamu 500 MB per hari di versi gratis. Walaupun terbatas quota, kamu tetap bisa membuka situs yang diblockir atau menjaga data anda tetap terproteksi saat menggunakan WiFi publik. Kelebihan hotspot shield versi gratis adalah kecepatan kilat, data enkripsi yang kuat, akses ke konten terblokir, dan dukungan email. Kekurangannya yaitu, quota terbatas 500 mb per hari, hanya bisa digunakan satu perangkat jadi ga bisa sharing device, ada iklannya.

2. Tunnel Bear
VPN ini bagus untuk orang yang baru pertama kali menggunakan VPN atau pemula karena interface yang user friendly. Kelebihan versi gratis dari tunnel bear adalah tanpa pencatat IP atau data, interface sangat user friendly, tidak ada iklan pop up, bisa dapat tambahan 1gb setiap bulan kalau anda retweet tentang aplikasi ini. kekurangannya adalah quota terbatas 500 mb tiap bulan, akses peladen terbatas, pengaturan lanjutan yang sedikit.

3. Windscribe
Kelebihan VPN windsribe versi gratis adalah kecepatan sangat bagus, akses ke server di lebih dari 10 negara, tidak ada mencatat koneksi IP atau situs yang dikunjungi, ada adblocker bawaan dan firewall. Kekurangan versi gratis ini transfer data dibatasi, terbatas dalam mengakses server.

4. Hide.me
VPN ini berbasis di Malaysia dan mempunyai 30 lokasi sever di seluruh dunia. Kelebihan versi gratis VPN hide.me adalah batas transfer data yang royal hingga 2GB setiap bulan, kecepatan koneksi yang bagus, bukan bagian aliansi mata-mata, tanpa iklan, tanpa pencatatan history browsing dan IP. Kekurangannya adalah hanya bisa memilih hingga tiga lokasi server, hanya bisa satu perangkat per akun.

5. ProntonVPN
Layanan VPN gratis ini bisa dibilang pendatang baru yang sukses di pasaran. Kelebihan VPN ini pada versi gratis adalah tanpa batas quota, akses lokasi server di Belanda, Jepang, AS, dan Switzerland, tidak ada pencatatan IP dan history pencatrian, antarmuka yang ramah. Kekurangan VPN versi gratis ini adalah kecepatan lambat, lokasi server masih terbatas, tidak tersedian untuk iOS.

6. TurboVPN
TurboVPN adalah vpn untuk android atau smartphone secara gratis. Walaupun gratis aplikasi ini sangatlah powerfull dan banyak digunakan. Kelebihan vpn ini menyediakan lokasi server yang banyak untuk versi premium dan untuk yang gratis tak kalah hebat seperti server singpura, US, india. Kecepatan tranfer juga terbilang bagus dan cepat.

Itu dia penjelsan singat dan padat mengenai pengertian VPN, fungsi, manfaat, cara kerja, kelebihan dan kekurang VPN (Virtual Private Network). Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu tenatang dunia Jaringan khusunya VPN.

0 Response to "Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel