Loading...

Cara Menggunakan Whatsapp di Laptop dan PC (Ga Ribet!)

Cara Menggunakan Whatsapp di Laptop dan PC (Ga Ribet!)

Menggunakan Whatsapp di Laptop – bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi whatsapp web. WA web merupakan sebuah halaman website yang disediakan khusus untuk pengguna aplikasi whatsapp supaya bisa melakukan chatting lewat komputer desktop atau laptop. Dari segi tampilan, whatsapp web di PC sama persis dengan di smartphone. Hanya saja, chatting whatsapp lewat PC desktop atau laptop memiliki ukuran layar yang lebih besar, serta mudah dalam mengetik teks dan mengirim file.

Lihat Juga: Cara Kirim Video di Status Whatsapp lebih dari 30 Detik Tanpa Root

Apalagi untuk orang yang aktivitasnya lebih cenderung sering menggunakan PC. Menggunakan whatsapp web di laptop akan sangat membantu karena tidak perlu repot-repot pindah ke smartphone. Selain itu, kita tak perlu respot menginstall aplikasi tambahan di komputer. Hanya dengan browserseperti Chorme, Mozila, Firefox dan Opera kamu sudah bisa lakukan chatting dengan lancar.

Syarat Menggunakan Whatsapp Web

Sebelum bisa menggunakan whatsapp di laptop, kamu harus penuhi beberapa syarat minimum dibawah ini:

  • Minimum smartphone menggunakan OS Android, iOS 8.1+, Windows Phone 8.0 DAN 8.1, Blackberry 10.
  • Kamera belakang untuk memindai (scan) kode QR di laptop nanti.
  • Punya akun whatsapp aktif di smartphone.
  • Koneksi internet harus stabil, baik itu di smartphone atau laptop. Kedua device harus terkoneksi dan terhubung dengan baik di internet.
  • Komputer atau laptop sudah terinstall aplikasi browser seperti chrome, firefox, opera, dll.

Supaya bisa menggunakan layanan whatsapp web dengan lancar, maka syarat minimum diatas harus bisa kamu penuhi. Saya rasa untuk era saat ini, syarat ini bisa dengan mudah kamu lewati.

Cara Menghubungkan ke Whatsapp Web

Agar bisa terhubung dengan whatsapp di laptop, kamu harus melakukan sinkronisasi whatsapp smartphone dengan whatsapp web. Caranya cukup mudah, hanya dengan melakukan beberapa langkah dibawah ini:

1. Buka situs https://web.whatsapp.com di browser komputer kamu. Maka akan tampil tata cara menggunakan whatsapp di komputer dan QR Code seperti dibawah ini.
Cara Menghubungkan ke Whatsapp Web

2. Beralih ke whatsapp smartphone kamu. Pada bagian utama whatsapp, klik icon titik tiga pada bagian atas kanan.
Cara Menghubungkan ke Whatsapp Web

3. Kemudian akan muncul menu drop down, kemudian pilih menu whatsapp web. Lihat gambar:
Cara Menghubungkan ke Whatsapp Web

4. Akan muncul pop up konfirmasi, lalu tekan pada bagian OK, GOT IT seperti tampilan dibawah ini.
5. Terakhir, arahkan kamera smartphone kamu ke code QR yang ada di layar komputer untuk di scan. Secara otomatis kamu akan terhubung dengan whatsapp web dan bisa langsung digunakan.
Cara Menghubungkan ke Whatsapp Web

Supaya lebih mudah

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Untuk menggunakan WA web sama saja saat kamu bermain whatsapp di smartphone. Hanya saja, ada fitur whatsapp yang belum bisa di gunakan di WA versi web, yakni; fitur video call, video call dan menambah contact baru.

Lihat Juga: Cara Melihat Pesan WA yang Telah Dihapus

Tapi, masih ada beberapa fitur whatsapp lain yang tetap masih bisa kamu gunakan di WA web diantaranya:

1. Chatting, sama halnya dengan whatsapp mobile. Kamu tinggal pilih atau cari kontak yang ingin kamu ajak chatting dan percakapan pun bisa langsung kamu mulai.

2. Voice Recording, untuk cara penggunaan fitur voice note juga sama dengan di mobile, yakni tinggal tekan tombol atau icon microphone di bawah kanan nanti akan muncul pop up konfirmasi. Klik tombol allow atau izinkan, lalu klik tombol OK, I GOT IT. Sekarang kamu bisa menggunakan fitur voice note di WA web.

3. Mengirim File, di whatsapp web kita juga dapat melakukan pengiriman file dalam format gambar, video, dokumen, dan kontak. Caranya tinggal klik icon paper clip (penjepit kertas), kemudian pilih jenis file yang akan di kirim, pilih file dan klik kirim. Atau kamu bisa langsung drag and drop file yang akan kamu kirim ke percakapan.

4. Story (status), di whatsapp web kamu juga masih bisa melihat status  / story orang yang ada di kontak kamu.

Cara Logout dari Whatsapp Web

Jika kamu menggunakan komputer  umum atau kantor, ada baiknya setiap menggunakan whatsapp web untuk keluar dari percakapan agar tidak dibaca orang lain. Langkah-langkah untuk logout dari whatsapp web adalah:

1. Buka whatsapp web di smartphone, klik tanda titik tiga pada bagian kanan atas.
2. Pilih menu Whatsapp web
3. kemudian pilih keluar dari semua komputer (Log out form all devices). Maka akan muncul pop up konfirmasi dan klik Log Out.
Cara Logout dari Whatsapp Web


Pengujian Whatsapp Web di Browser

Setelah dilakukan pengujian pada masing-masing browser dibawah ini. Ternyata ada beberapa browser yang tidak support whatsapp web 100%. Salah satu kendala pada browser tersebut adalah tidak dapat melakukan pengiriman pesan secara langsung ke kontak yang belum disimpan. Contohnya seperti berikut ini:

Pengujian Whatsapp Web di Browser

Tapi ada juga browser yang support fitur chat langsung walau kontak tersebut belum disimpan di kontak whatsapp smartphone. Berikut adalah hasil pengujian dari beberapa browser:

No Browser Berhasil Gagal Persentase
1 Google Chorme 100%
2 UC Browser 100%
3 Microsoft Edge 100%
4 Mozila Firefox one of the following protocols (whatsapp) isn't associated with any program or is not allowed in this context 90%
5 Opera No application associated with whatsapp 90%
6 Safari Safari can’t open the specified address 90%

Jika kamu ingin hasil yang maksimal, saya sarankan kamu menggunakan browser dengan hasil uji 100% berhasil.

Kesimpulan

Sampai sini bisa kita tarik kesimpulan bahwa whatsapp web ini masih sangat bergantung kepada smartphone. Jadi, kalau hp kamu mati maka kamu tidak bisa menggunakan whatsapp web atau hp kamu tidak ada koneksi internet juga tidak bisa digunakan. Kedua device harus saling terhubung. makanya kalau baterai hp kamu mau habis akan ada peringatan di whatsapp web bahwa baterai hp kamu mau habis. Ada juga peringatan jika smartphone tidak ada koneksi.

Kalau laptop kamu mati, sedangkan terakhir kali kamu masih dalam keadaan login whatsapp dan posisi smartphone hidup, ketika menghidupkan laptop lagi kamu tidak harus login dan scan QR Code lagi.

Itu dia penjelasan tentang Whatsapp web dan tutorial cara menggunakan whatsapp di laptop. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu.

0 Response to "Cara Menggunakan Whatsapp di Laptop dan PC (Ga Ribet!)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel