Loading...

Manfaatkan Software HRD Terbaik, Ketahui Proses Reimbursement Karyawan

Software HRD Terbaik - Proses reimbursement karyawan merupakan salah satu metode pembayaran yang sudah umum bagi perusahaan. Sebagai contoh, dalam hal kesehatan. Karyawan bisa membayarkan terlebih dahulu biaya resep obat atau biaya dokter di rumah sakit saat sakit. Akan tetapi, setelah mengajukan proses reimbursement, seluruh biaya yang tadinya sudah dikeluarkan oleh karyawan, akan dikembalikan atau diganti secara penuh oleh perusahaan.

Manfaatkan Software HRD Terbaik, Ketahui Proses Reimbursement Karyawan

Selain urusan kesehatan, proses reimbursement juga bisa diajukan untuk penggantian biaya menginap saat perjalanan bisnis, biaya membeli bahan bakar mobil dinas, dan lain-lain. Nah, sebelum mengajukan reimbursement mari kita simak beberapa hal yang patut diketahui dalam proses reimbursement berikut.

1. Sesuai SOP Perusahaan

Ketahui atau setidaknya baca aturan SOP (standard operational procedure) yang berlaku pada perusahaan. Terkadang, perusahaan tertentu hanya akan mengganti biaya dengan nominal jumlah maksimal tertentu alias tidak 100% diganti keseluruhannya.

2. Melengkapi Dokumen

Dalam pengajuan reimbursement, perusahaan juga membutukan beberapa dokumen kelengkapan sebagai bukti yang harus dilampirkan agar bisa mendapatkan uang penggantian biaya. Dokumen yang dimaksud antara lain, invoice, kwitansi, surat dokter, bukti bayar, resep obat, dan sebagainya. Semua dokumen ini akan diminta aslinya, bukan salinan atau foto copy.

3. Segera Proses

Setiap perusahaan memiliki peraturan tertentu dalam hal klaim reimbursement. Bagi perusahaan yang berskala mid-level atau perusahaan skala besar dengan ribuan karyawan, tentu akan membutuhkan waktu lebih lama dalam hal mengurus proses klaim reimbursement.

Untuk itu, terkadang setiap karyawan hanya diberi waktu selama 3 – 7 hari setelah beban biaya diterima karyawan agar dokumen atau kwitansinya segera diajukan ke tim HR untuk proses reimbursement.


4. Kroscek Informasi

Kesalahan dalam penerimaan biaya penggantian atau proses reimbursement masih bisa terjadi karena kelalaian manusia atau sistem manual. Untuk itu, jangan lupa untuk memeriksa kembali jumlah yang diterima.

Bila terdapat ketidakcocokan angka, simpan biaya kuitansi penerimaan reimbursement dan kuitansi salinan beban biaya sebelumnya. Kemudian, sampaikan masalah kesalahan informasi kepada tim HR atau departemen keuangan dan terkait.

Lewat Software HRD, Klaim Reimbursement Lebih Cepat

Di abad ke-20, mengajukan klaim reimbursement tidak perlu repot. Perusahaan Anda bisa memanfaatkan Software HRD Terbaik, LinovHR. Pengelolaan klaim atau proses reimbursement juga lebih mudah, karena setiap karyawan bisa mengajukan sendiri secara online dan cepat. Selanjutnya, tim HR dapat mengelola kebijakan proses reimbursement sesuai kebutuhan perusahaan. Misalnya, menetapkan budget, angka nominal tetap setiap bulanan, atau bahkan tanpa angka maksimal tertentu.

Karyawan yang telah mengajukan reimbursement, bisa segera disetujui atau harus melewati persetujuan hirarki para pimpinan lainnya. Jenis – jenis reimbursement juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Misalnya klaim kesehatan, pulsa, transportasi, biaya hotel dan sebagainya.

LinovHR sebagai Software HRD Terbaik menawarkan kemudahan pengelolaan data karyawan dan menyederhanakan tugas – tugas tim HR yang bisa dimaksimalkan dengan otomatisasi. Termasuk, payroll outsourcing service Indonesia dengan kredibilitas tinggi yang sudah menjadi langganan bagi perusahaan – perusahaan ternama di Indonesia. Coba gratis Software HRD di Indonesia.

0 Response to "Manfaatkan Software HRD Terbaik, Ketahui Proses Reimbursement Karyawan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...