Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
loading...

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Sementara dan Permanen

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Sementara dan Permanen

Mematikan Windows Defender - Windows Defender Real Time Protection merupakan antivirus bawaan yang sudah terinstall ketika kita menginstall windows 8 dan 10 pro, home atau professional. Antivirus ini bisa dibilang cukup mumpuni dan cukup berguna dibanding pendahulunya. Saking bagusnya, windows defender sering menghapus aplikasi yang dianggap virus. Oleh sebab itu, kita perlu mematikan atau menonaktifkannya untuk sementara waktu atau secara permanen.


Seperti yang telah disebutkan diatas, windows defender adalah pembaharuan lini keamanan yang dikembangkan oleh Microsoft untuk melengkapi windows versi terbaru. Namun sayangnya, beberapa aplikasi yang kita anggap tidak berbahaya malah dibaca sebaliknya oleh windows defender ini. Alhasil aplikasi yang ingin kita install malah dihapus atau diblokir oleh windows defender di windows 10 ini.

Lihat Pula: Cara Mengatasi Tingkat Kecerahan Layar ( Brightness ) Tidak Berfungsi Pada Windows 7 / 8 / 10

Supaya kamu tetap bisa menginstall aplikasi yang kamu anggap aman dan didapatkan dari sumber terpercaya. Kamu harus mematikan atau menonaktifkan windows defender untuk sementara waktu atau bahkan untuk selama-lamanya (permanent).

Cara Mematikan Windows Defender 


A. Menonaktifkan Sementara di Windows 8 dan 10


Jika kamu berniat mematikan windows defender hanya untuk sementara waktu. Sampai aplikasi yang dicekal oleh windows defender sudah ter-install, kamu bisa mencoba cara dibawah ini.

Cara mematikan windows defender windows 10 sementara:

  • Buka dan jalankan aplikasi Windows Defender.  Caranya klik tombol Search > kemudian ketikkan Windows Security atau Windows Defender Security Center tergatung versi windows nya.
Menonaktifkan Sementara di Windows 8 dan 10
  • Maka akan muncul jendela Windows Defender Security Center > klik Virus & threat protection.
Menonaktifkan Sementara di Windows 8 dan 10
  • Maka muncul jendela Virus & threat protection > pada Virus & threat protection settings > klik Manage setting.
Menonaktifkan Sementara di Windows 8 dan 10
  • Pada bagian Real-time protection > klik tombol slider On menjadi Off.
Menonaktifkan Sementara di Windows 8 dan 10
  • Install aplikasi yang dianggap virus oleh windows defender hingga selesai.
  • Kemudian, klik tombol slider Off menjadi On untuk menghidupkan windows defender nya kembali.


B. Disable Windows Defender Windows 10 Permanent


1.Melalui Registry Editor

Cara ini mungkin akan sedikit rumit bagi orang awam, namun cara ini cukup ampuh untuk mematikan windows defender secara permanen.

Simak step-step nya dibawah ini:

  • Bukalah Registry Editor dengan cara menekan kombinasi keyboard ctrl+R secara bersamaan. Kemudian ketikkan Regedit > lalu OK atau Enter.
Registry Editor
  • Maka akan muncul jendela registry editor, pilih folder HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > SecurityHealthService.
Disable Windows Defender Windows 10 Permanent
  • Kemudian pada jendela bagian kanan, klik 2 kali pada file Start. Maka akan muncul jendela baru, ganti Value data menjadi 4 dan pastikan opsi Base dicentang Hexadecimal. Selanjutnya klik OK. Restart pc/laptop kamu untuk merasakan efeknya. Kamu akan melihat windows defender mati secara permanen.
Disable Windows Defender Windows 10 Permanent
  • Untuk mengaktifkan windows defender kembali, kamu bisa membuka Registry Editor seperti di atas. Kemudian ubah kembali value file Start menjadi 2, lalu restart komputer.


2. Melalui Services

Selain menggunakan regedit, kamu bisa mematikan windows defender menggunakan services. Berikut langkah-langkah nya:

  • Buka jendela Services, caranya tekan tombol keyboard CTRL+R secara bersamaan. Kemudian ketikkan services.msc lalu tekan OK atau Enter.
Services
  • Maka akan muncul jendela Services, cari file system Windows Defender Advanced Threat Protection > klik 2 kali atau klik kanan Properties.
Disable Windows Defender Windows 10 Permanent
  • Maka akan mucul jendela Windows Defender Properties, pada tab General ubah Stratup type menjadi Disable. Setelah itu klik Apply dan OK. Maka windows defender akan mati secara permanen.
Disable Windows Defender Windows 10 Permanent
  • Apabila suatu saat kamu ingin mengaktifkan windows defender lagi, caranya cukup dengan mengikuti langkah di atas. Kemudian ubah startup type menjadi Automatic > Klik Apply atau OK. Setelah itu restart komputer untuk mengaktifkannya.


Demikianlah cara mudah mematikan windows defender di Windows 8 atau 10. Kamu bisa memilih apakah akan menonaktifkan windows defender secara permanen atau sementara. Saya sarankan jangan terlalu lama untuk mematikan antivirus, bila aplikasi sudah terinstal hidupkanlah kembali.

Bila kamu kurang suka dengan performa windows defender, segeralah cari antivirus pengganti. Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Baca pula: Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Post a Comment for "Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 Sementara dan Permanen"

Memuat...
loading...