Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Loading...

Cara Mengaktifkan Dark Mode (Mode Gelap) WhatsApp di Android dan iOS

Cara Mengaktifkan Dark Mode (Mode Gelap) WhatsApp di Android dan iOS

Dark Mode WhatsApp sekarang sudah resmi bisa digunakan oleh pengguna Android maupun iOS. Informasi fitur mode gelap  ini secara resmi di umumkan pada tanggal 3 maret 2020, dan dapat digunakan pada versi WA Global minimal versi 2.20.64 untuk Android. Untuk cara beralih dari mode terang ke mode gelap whatsapp terbilang sangat mudah.

Berdasarkan informasi yang bacacoding dapatkan dari halaman whatsapp blog, mode gelap/mode malam/dark mode untuk WhatsApp menawarkan tampilan baru pada pengalaman yang familiar. Fitur ini dibuat untuk mengurangi ketegangan mata di tempat yang minim cahaya. Fitur ini diharapkan mampu membantu mengurangi ketidaknyamanan pada saat anda berada di ruangan yang minim cahaya.

“Kami sangat senang dapat merilis pembaruan WhatsApp dengan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna di mana pun mereka berada, yaitu mode gelap”. Ujar WhatsApp.

Untuk mendesain dark mode, whatsapp melakukan penelitian dan ekperimen yang berfokus pada dua area yakni keterbacaan dan hierarki informasi.

  • Keterbacaan: pemilihan warna yang dapat meminimlakan kelelahan mata dan memakai warna yang mendekati dengan warna default pada sistem Andorid dan iPhone.
  • Hierarki Informasi: Kami ingin membantu pengguna agar dapat dengan mudah memusatkan perhatian mereka pada setiap layar. Kami melakukan hal ini dengan menggunakan warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok.


1. Pengguna Android

Bagi pengguna Android 10 dapat menggunakan dark mode dengan cara mengaktifkannya di pengaturan sistem. Sedangkan untuk pengguna Android 9 atau versi yang lebih lama dapat mengaksesnya dengan cara berikut:

  • Download WhatsApp versi terbaru atau Update WhatsApp kamu ke versi terbaru.
  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih submenu Pengaturan/Settings
  • Pilih menu Obrolan/Chat
  • Kemudian pilih Tema/Theme
  • Lalu aktifkan atau centang opsi Gelap/Dark

Untuk mengembalikan whatsapp ke mode terang atau mode default, kamu bisa mengikuti cara diatas. Hanya saja pada langkah terakhir kamu tinggal centang kembali mode Light/Terang.

2. Bagi pengguna iPhone atau iOS

Untuk Pengguna iPhone dengan iOS 13 bisa menggunakan dark mode dengan cara mengaktifkannya di pengaturan sistem. Bagi pengguna iPhone iOS versi 12 kebawah bisa mengaksesnya dengan cara membuka Setelan WhatsApp > Chat/Obrolan > Tema/Theme > pilih ‘Gelap/Dark’.

Demikianlah cara beralih ke mode gelap WhatsApp di Android dan iOS. Semoga kalian suka dengan dark mode yang diluncurkan WhatsApp ini, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih.
baca juga: cara membuat QR Code di Android

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Dark Mode (Mode Gelap) WhatsApp di Android dan iOS"

Memuat...
Loading...